Kegembiraan Marco Bezzecchi Usai Finis Ketiga di Main Race GP Spanyol

Podium pertama Bezzecchi pada 2024

Perasaan gembira terpancar dari wajah Marco Bezzecchi. Pembalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team itu berhasil naik podium di GP Spanyol 2024. Bezzecchi berhasil finis di posisi ketiga saat main race yang digelar pada Minggu (28/4/2024) malam WIB.

Pencapaian ini menjadi hal penting untuk Bezzecchi. Sebab, ini adalah podium pertama Bezzecchi di MotoGP 2024. Pencapaian tersebut semakin istimewa karena Valentino Rossi selaku pemilik tim datang langsung ke Sirkuit Jerez untuk menyaksikan aksi Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio. Lantas, seperti apa perjuangan Bezzecchi selama pekan balap GP Spanyol?

1. Meraih posisi start kedua, Marco Bezzecchi gagal finis saat sprint race GP Spanyol 2024

Kegembiraan Marco Bezzecchi Usai Finis Ketiga di Main Race GP SpanyolMarco Bezzecchi saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2024. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi memiliki modal bagus untuk menyongsong sprint dan main race GP Spanyol 2024. Pembalap berkebangsaan Italia itu berhasil mengamankan posisi start kedua saat sesi kualifikasi. Bezzecchi berselisih 0,271 detik dari Marc Marquez yang mampu menyabet pole position.

Sayangnya, Bezzecchi gagal menorehkan hasil oke ketika sprint race. Ia tak menuntaskan balapan sehingga tak mendapatkan poin dari sesi balap tersebut. Meski begitu, Bezzecchi masih punya kesempatan mendulang poin saat main race.

2. Marco Bezzecchi menuntaskan main race GP Spanyol 2024 di posisi ketiga

Kegembiraan Marco Bezzecchi Usai Finis Ketiga di Main Race GP SpanyolMarco Bezzecchi saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2024. (flickr.com/vr46racingteam)

Memulai main race dari baris terdepan, Marco Bezzecchi langsung disambut dengan pertarungan melawan pembalap lain begitu lampu start padam. Ia sempat melorot ke posisi keempat usai disalip Jorge Martin dan Francesco Bagnaia. Bezzecchi berhasil naik ke posisi ketiga usai menyalip Marc Marquez di tikungan 13 pada akhir lap keempat.

Bezzecchi sempat menduduki posisi kedua menyusul terjatuhnya Jorge Martin di tikungan keenam pada lap sebelas. Namun, Bezzecchi harus kembali berada di posisi ketiga setelah diasapi Marc Marquez pada lap ke-14. Posisi tersebut mampu dipertahankan Bezzecchi hingga bendera chequered dikibarkan.

Keberhasilan finis ketiga di main race menjadi podium pertama Bezzecchi pada 2024. Terakhir kali pembalap bernomor motor 72 itu naik podium saat main race adalah di GP India 2023. Ketika itu, Bezzecchi berhasil merampungkan balapan sebagai pemenang.

Baca Juga: Marco Bezzecchi Hilang Kepercayaan Diri di MotoGP Qatar

3. Marco Bezzecchi senang bisa kembali finis di zona podium

Kegembiraan Marco Bezzecchi Usai Finis Ketiga di Main Race GP SpanyolMarco Bezzecchi mengangkat trofi di podium GP Spanyol 2024. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi senang bisa kembali finis di zona podium. Sebab, pencapaiannya di GP Spanyol 2024 diperoleh dengan perjuangan yang kuat. Bezzecchi mengaku masih berusaha untuk beradaptasi dengan Desmosedici GP23 miliknya. Meski begitu, Bezzecchi mampu tampil mengesankan dan memberi perlawanan terhadap Marc Marquez serta Francesco Bagnaia saat balapan berlangsung.

“Aku berusaha keras untuk beradaptasi dengan motor. Sangat menyenangkan berada di sini dan menjadi kompetitif saat kualifikasi. Saat sprint race, aku berada di sana meskipun aku mengalami insiden dan mengetahui bahwa perasaanku baik.

Momentum start adalah kunci dan menyenangkan bisa bertarung dengan Marc Marquez dan Francesco Bagnaia. Aku mencoba mengikuti Bagnaia, tetapi dia terlalu cepat. Namun, aku bisa menyalip beberapa kali saat berduel dengan Marc Marquez. Aku sangat senang dengan penampilan itu,” kata Bezzecchi dilansir Crash.

4. Ada peran Valentino Rossi dalam hasil oke Marco Bezzecchi di GP Spanyol 2024

Kegembiraan Marco Bezzecchi Usai Finis Ketiga di Main Race GP SpanyolValentino Rossi (kiri) berbincang dengan Marco Bezzecchi saat pekan balap GP Spanyol 2024. (flickr.com/vr46racingteam)

Kesuksesan Marco Bezzecchi finis ketiga di main race GP Spanyol 2024 salah satunya tak lepas dari peran Valentino Rossi. Bezzecchi mendapatkan banyak masukan dari Rossi yang dinilai membantu dalam proses adaptasi dengan Desmosedici GP23. Selain itu, Bezzecchi turut mengapresiasi peran orang-orang di tim dalam keberhasilannya memetik hasil oke di Sirkuit Jerez.

“Aku pikir ini adalah kombinasi dari semuanya. Orang-orang di timku melakukan pekerjaan hebat dari awal tahun hingga saat ini. Aku juga berusaha beradaptasi dan sulit bagiku untuk terbiasa dengan motor ini. Sangat berbeda dibandingkan dengan tahun lalu.

Aku tidak percaya diri dengan bagian depan motor. Saat Anda kehilangan kepercayaan diri dengan bagian tersebut, maka itu menjadi sangat sulit. Jadi itu ada sebuah kombinasi. Akan tetapi, yang pasti Rossi memberiku banyak saran selama periode ini dan sangat menyenangkan memilikinya di sini,” jelas Bezzecchi dikutip Crash.

Marco Bezzecchi kini menduduki posisi kesembilan dalam klasemen pembalap. Ia sudah mengoleksi 36 poin dari 4 seri balap yang sudah digelar. Bezzecchi unggul dua poin dari rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, yang bercokol di peringkat kesepuluh.

Baca Juga: Anomali Marco Bezzecchi di MotoGP 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya