Max Verstappen Beberkan Kekuatan Terbesar Red Bull di Formula 1 2023

Red Bull kembali raih gelar juara konstruktor

Red Bull kembali berjaya di Formula 1. Tim yang dipimpin Christian Horner itu sukses memastikan gelar juara konstruktor saat pekan balap GP Jepang yang berlangsung pada 22–24 September 2023 lalu. Itu menjadi kali kedua secara berturut-turut Red Bull menjadi yang terbaik dalam kategori tersebut.

Kesuksesan Red Bull di Formula 1 2023 tak lepas dari sejumlah faktor. Max Verstappen baru-baru ini mengungkapkan kunci sukses timnya kepada publik. Lantas, apa saja yang mendorong Red Bull menjadi tim yang begitu diwaspadai oleh kompetitor?

1. Red Bull sukses kunci gelar juara konstruktor Formula 1 2023 di GP Jepang

Max Verstappen Beberkan Kekuatan Terbesar Red Bull di Formula 1 2023Red Bull merayakan kesuksesan meraih gelar juara konstruktor Formula 1 2023. (formula1.com)

Red Bull menambah koleksi gelar juara konstruktor mereka di Sirkuit Suzuka akhir pekan lalu. Itu bersamaan dengan keberhasilan Max Verstappen finis sebagai pemenang dalam balapan berdurasi 53 lap. Torehan tersebut kini membuat Red Bull memiliki 6 gelar juara konstruktor sepanjang keikutsertaan mereka di kejuaraan.

Red Bull pertama kali meraih gelar juara konstruktor pada 2010 lalu ketika Sebastian Vettel merengkuh gelar juara dunia pembalap perdana dalam karier balapnya. Setelahnya, gelar juara konstruktor terus mengalir ke garasi Red Bull secara beruntun pada 2011 hingga 2013. Red Bull kembali menyabet gelar juara konstruktor pada 2022 bersamaan dengan gelar juara dunia pembalap yang direngkuh Verstappen untuk kedua kalinya.

2. Penampilan Red Bull sepanjang musim 2023 sangat konsisten, apa buktinya?

Max Verstappen Beberkan Kekuatan Terbesar Red Bull di Formula 1 2023Max Verstappen saat menjalani pekan balap GP Jepang 2023. (formula1.com)

Performa Red Bull sepanjang musim 2023 sangat konsisten. Mereka menjadi 1 dari 2 tim yang konsisten meraih poin dalam setiap pekan balap hingga GP Jepang. Adapun Mercedes adalah tim lainnya yang juga belum kehilangan poin pada musim ini.

Selain itu, Red Bull juga merebut kemenangan lebih banyak daripada tim lain. Tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, itu menorehkan 15 kemenangan dari 16 seri balap yang sudah digelar. Satu-satunya seri yang gaga dimenangkan Red Bull adalah GP Singapura. Ketika itu, Carlos Sainz sukses meraih kemenangan di Marina Bay Street Circuit.

Baca Juga: Sebastian Vettel Tanggapi Kesuksesan Max Verstappen di Formula 1 2023

3. Max Verstappen jabarkan faktor yang mendorong kesuksesan Red Bull

Max Verstappen Beberkan Kekuatan Terbesar Red Bull di Formula 1 2023pembalap Red Bull, Max Verstappen (formula1.com)

Penampilan mengesankan Red Bull di Formula 1 2023 tak lepas dari peran seluruh elemen yang bekerja di dalam tim. Hal itu diakui secara langsung oleh Max Verstappen. Pembalap berkebangsaan Belanda itu menilai orang-orang di tim tahu peran masing-masing sehingga bisa mengeluarkan kemampuan secara maksimal. Selain itu, komunikasi yang berjalan baik juga turut memberi dampak pada kerja sama tim.

“Aku pikir semua orang tahu peran mereka dengan sangat baik dan pandai pada apa yang mereka kerjakan. Kami punya komunikasi yang kuat di dalam tim. Orang-orang bekerja sama dengan baik untuk mencapai hasil seperti ini,” kata Verstappen dilansir Racing News 365.

4. Christian Horner sebut inkonsistensi performa tim lain juga ikut andil dalam kesuksesan Red Bull

Max Verstappen Beberkan Kekuatan Terbesar Red Bull di Formula 1 2023Christian Horner [kiri] dan Max Verstappen (formula1.com)

Selain Max Verstappen, Christian Horner juga angkat bicara soal kunci sukses Red Bull tampil bagus yang berujung pada gelar juara konstruktor. Pria asal Inggris itu melihat penampilan kurang konsisten dari para pesaing juga berperan dalam keberhasilan Red Bull musim ini. Mercedes, Ferrari, Aston Martin, dan McLaren bisa memberi perlawanan dalam beberapa kesempatan. Sayangnya, grafik performa keempat tim tersebut tak selalu stabil.

“Area persaingan telah bergerak di belakang kami. Satu pekan menjadi milik McLaren, pekan depan berpindah ke Ferrari. Kemudian, pekan berikutnya giliran Mercedes. Kami 99 persen konsisten berada di depan dan kami cukup terbatas dalam jumlah pengembangan mobil kami. Namun, aku pikir pengembangan yang kami lakukan cukup efektif untuk menjaga margin yang wajar,” jelas Horner.

Setelah di GP Jepang, Red Bull kemungkinan besar akan kembali berpesta di GP Qatar. Max Verstappen berpeluang mengunci gelar juara pembalap saat menjalani pekan balap GP Qatar pada 6–8 Oktober 2023 mendatang. Gelar juara pembalap musim ini akan menjadi yang ketiga untuk Verstappen sepanjang berkiprah di Formula 1.

Baca Juga: Ringkasan Karier Helmut Marko, Sosok Penasihat Red Bull

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya