Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP Spanyol

Ia tuntaskan main race di posisi kedelapan

Alex Marquez meraih hasil kurang mengesankan saat beradu cepat di MotoGP 2023 Spanyol pada, 28 -- 30 April 2023 lalu. Pembalap Gresini Racing itu hanya mampu finis di posisi kedelapan saat main race.

Alex Marquez menjelaskan masalah yang menghambatnya tampil maksimal saat balapan. Salah satunya ternyata terkait dengan pemakaian ban belakang motor yang ia keluhkan.

1. Alex Marquez start dari posisi ke-12, terjatuh saat sprint race

Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP SpanyolAlex Marquez terjatuh saat sprint race GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Alex Marquez menjalani pekan balap MotoGP 2023 Spanyol penuh liku. Meski tampil oke saat sesi latihan Jumat, adik kandung Marc Marquez itu justru gagal dapa posisi start bagus ketika kualifikasi.

Alex Marquez harus memulai sprint dan main race dari posisi ke-12. Torehan kurang oke tersebut ternyata berlanjut saat sprint race.

Pembalap bernomor motor 73 itu terjatuh pada lap keempat. Alhasil, Alex Marquez gagal dapat poin dari balapan yang berdurasi 11 lap itu.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina Tersubur bagi Inter Milan, Martinez Kejar Icardi

2. Hasil main race Alex Marquez lebih baik ketimbang sprint race; finis kedelapan

Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP SpanyolAlex Marquez saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Nasib Alex Marquez lebih baik saat main race. Ia melintasi garis finis di posisi kedelapan. Alex Marquez membawa pulang 8 poin dari Jerez dan menempatkannya di posisi ke-10 klasemen pembalap setelah mengoleksi 41 poin.

Capaian tersebut setidaknya lebih baik ketimbang ketika pekan balap MotoGP 2023 Amerika Serikat. Kala itu, Alex Marquez gagal dapat poin usai gagal finis di sprint dan main race.

3. Alex Marquez mengeluhkan masalah ban belakang jenis medium saat balapan

Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP Spanyolpembalap Gresini Racing Alex Marquez (motogp.com)

Alex Marquez mengungkapkan masalah yang dialaminya saat balapan berlangsung. Ia menilai pemakaian ban belakang jenis medium membuat dirinya kesulitan tampil maksimal. Oleh karena itu, Alex Marquez dan tim menguji ban jenis medium ketika tes resmi di Jerez pada, Senin (1/5/2023).

"Karena aku punya masalah dengan ban belakang medium  ketika balapan, kami berkonsentrasi untuk bekerja pada kompon ban ini selama tes. Kami mencoba beberapa pengaturan geometri dan membuat kemajuan yang bagus," kata Alex Marquez dilansir Speedweek.

4. Alex Marquez juga menguji pengaturan rem saat tes resmi di Jerez

Alex Marquez Keluhkan Ban Belakang saat Balapan MotoGP Spanyolpembalap Gresini Racing Alex Marquez (motogp.com)

Selain menguji ban belakang jenis medium, Alex Marquez juga menguji pengaturan rem pada motor saat tes resmi di Jerez. Hal tersebut penting untuk diuji apalagi beberapa sirkuit punya titik pengereman yang tajam.

"Kami juga menguji sejumlah pengaturan rem untuk rute dengan fase pengereman lebih keras. Ini dilakukan untuk peningkatan di zona pengereman," ucap Alex Marquez. 

5. Alex Marquez meraih posisi kesepuluh saat tes resmi di Jerez

Alex Marquez menutup tes resmi Jerez dengan berada di posisi kesepuluh. Ia mencatatkan waktu 1 menit 37,189 detik, berjarak 0,1 detik dari Jorge Martin yang berada satu posisi di depannya.

Sementara itu, Marco Bezzecchi tampil sebagai pembalap tercepat pada tes kali ini. Pembalap Mooney VR46 Racing Team itu menorehkan waktu 1 menit 36,574 detik.

Setelah MotoGP, Moto2 dan Moto3 akan mendapat giliran tes resmi juga di Jerez. Para pembalap dan tim dari dua kelas tersebut akan turun pada, Selasa (2/5/2023) waktu setempat.

Baca Juga: Alex Rins Termotivasi Melanjutkan Tren Positif di MotoGP Spanyol 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya