Kesiapan Mental Logan Sargeant Jelang Formula 1 2024

Sargeant bakal jalani musim kedua di kejuaraan

Logan Sargeant bakal menjalani musim kedua di Formula 1 pada 2024. Ia masih memperkuat Williams dan berbagi garasi dengan Alexander Albon. Sargeant menjadi pembalap terakhir yang dikonfirmasi bertahan di kejuaraan setelah mendapat perpanjangan kontrak dari Williams dengan durasi semusim.

Sargeant merasa lebih tangguh secara mental menyongsong musim baru Formula 1. Pembalap asal Amerika Serikat itu juga membagikan pengalaman yang dirasakan selama menjalani musim debut di kejuaraan. Lantas, seperti apa persiapan Sargeant menghadapi persaingan di Formula 1 2024?

1. Perjalanan Logan Sargeant selama Formula 1 2023

Kesiapan Mental Logan Sargeant Jelang Formula 1 2024Logan Sargeant saat menjalani pekan balap GP Amerika Serikat 2023. (formula1.com)

Logan Sargeant menjadi satu-satunya pembalap asal Amerika Serikat di Formula 1 2023. Terakhir kali ada pembalap dari Negeri Paman Sam ikut dalam balapan adalah pada 2015. Saat itu Alexander Rossi turun dalam lima balap bersama Marussia dengan hasil terbaik adalah finis posisi ke-12 di GP Amerika Serikat.

Pada musim debut di Formula 1, Logan Sargeant sukses meraih satu poin setelah finis kesepuluh saat main race GP Amerika Serikat. Itu menjadi poin pertama yang diperoleh pembalap asal Amerika Serikat di kejuaraan. Sebelumnya, Michael Andretti menjadi pembalap Amerika Serikat terakhir yang mendulang poin setelah finis ketiga di GP Italia 1993.

2. Logan Sargeant banyak belajar dari kesulitan yang dihadapi selama Formula 1 2023

Kesiapan Mental Logan Sargeant Jelang Formula 1 2024Logan Sargeant saat mengalami insiden di GP Belanda 2023. (formula1.com)

Menjalani musim perdana di Formula 1 pada 2023 bukanlah hal mudah untuk Logan Sargeant. Ia menyadari adanya sejumlah rintangan yang harus dilalui dalam statusnya sebagai debutan. Walau begitu, Sargeant mengaku banyak belajar dari kesulitan yang terjadi sepanjang tahun lalu.

"Mengingatkan diri Anda untuk menjaga kesehatan sepanjang tahun dapat membuat perbedaan besar. Ada banyak hal, hanya selalu berusaha untuk menjaga pikiran Anda juga. Aku akan berbohong jika aku bilang tak ada momen-momen sulit. Jadi, terus berjuang dan temukan elemen lain saat Anda membutuhkannya.

Mampu bangkit kembali dan menghalau gangguan. Aku merasa aku jauh lebih dalam hal tersebut sepanjang tahun. Itu juga tentang bekerja dengan orang-orang yang aku butuhkan. Selain itu, tidak membiarkan sebuah kesalahan menghambat Anda karena jika Anda melakukannya, itu tidak akan bekerja," kata Sargeant dilansir F1i.

3. Logan Sargeant menyadari adanya perbedaan saat memasuki Formula 1

Kesiapan Mental Logan Sargeant Jelang Formula 1 2024pembalap Williams, Logan Sargeant (formula1.com)

Logan Sargeant membandingkan apa yang dirinya alami saat berada di kelas junior dengan Formula 1. Pembalap berusia 23 tahun itu menilai ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang pembalap Formula 1. Pasalnya, aktivitas yang dijalani tak hanya sekadar balapan di atas lintasan.

Pembalap juga melakukan serangkaian aktivitas di luar sirkuit. Sargeant mengakui hal tersebut tak hanya melelahkan secara fisik, tetapi juga pikiran. Untuk itu, Sargeant menyadari perlunya mengendalikan pikiran agar tetap bisa fokus dalam mengeluarkan performa terbaik saat berada di balik kemudi.

"Ada jauh lebih banyak kebisingan dari luar, baik itu media, pemasaran, kemitraan, dan aktivitas di simulator. Anda bekerja tanpa henti dan ada banyak hal yang membebani pikiran. Setelah Anda bisa mengendalikannya, Anda bisa mulai bergerak maju dari sisi mental.

Aku telah belajar untuk mengambil langkah mundur. Sangat mudah untuk terjebak dalam sebuah momen dan tidak menghargai apa yang Anda miliki dan lakukan. Anda perlu melakukan itu untuk membuat pikiran Anda berada di tempat yang tepat," papar Sargeant dikutip F1i.

Formula 1 2024 akan menjadi momen pembuktian Logan Sargeant. Ia harus tampil lebih baik demi mengamankan posisinya di Williams untuk musim depan. Akankah Sargeant dapat menorehkan hasil oke tahun ini? Kita nantikan saja!

Baca Juga: Logan Sargeant Petik Pelajaran Berharga dari Musim Pertamanya di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya