Lando Norris Pesimistis McLaren Bisa Raih Kemenangan di Formula 1 2023

Kesempatan menang balapan kian tipis

Formula 1 2023 masih tersisa empat seri balap. Walau gelar juara dunia pembalap serta konstruktor sudah diraih Max Verstappen dan Red Bull, pertarungan pada tiap pekan balap tetap dinantikan. Apalagi, sejumlah tim mengincar kemenangan pada sisa musim ini, salah satunya McLaren.

Tim yang dipimpin Andrea Stella itu menunjukkan performa gemilang, terutama sepanjang paruh kedua musim ini. Akan tetapi, kemenangan saat main race belum juga mampir ke kubu McLaren. Bahkan, Lando Norris pesimistis timnya bisa memperoleh kemenangan pada sisa balapan yang ada.

1. McLaren tampil mengesankan selepas membawa upgrade di GP Austria 2023

Lando Norris Pesimistis McLaren Bisa Raih Kemenangan di Formula 1 2023Lando Norris mengangkat trofi selepas main race F1 GP Amerika Serikat 2023. (formula1.com)

Penampilan McLaren terbilang cemerlang sejak membawa upgrade untuk MCL60 di GP Austria 2023. Upaya itu membuahkan hasil pada balapan berikutnya di GP Inggris pada 9 Juli 2023 lalu. Lando Norris mampu naik podium usai finis di posisi kedua saat beradu cepat di Sirkuit Silverstone.

Termasuk GP Inggris, McLaren berhasil finis di zona podium sebanyak 8 kali. Norris berhasil 6 kali menuntaskan main race di posisi tiga besar, sedangkan Oscar Piastri mampu naik podium 2 kali. Bahkan, Piastri berhasil finis terdepan saat sprint race GP Qatar yang dihelat pada 7 Oktober 2023.

2. Lando Norris tak yakin McLaren bisa mendulang kemenangan, apa alasannya?

Lando Norris Pesimistis McLaren Bisa Raih Kemenangan di Formula 1 2023pembalap McLaren Lando Norris (formula1.com)

Performa yang kian meningkat membuat McLaren jadi tim yang secara rutin bersaing di barisan depan. Walau sudah naik podium, McLaren masih penasaran untuk memenangi balapan pada sisa Formula 1 2023. Akan tetapi, kekuatan Red Bull yang kokoh menipiskan harapan McLaren finis sebagai pemenang dalam sebuah balapan.

Lando Norris sebetulnya berharap bisa memenangkan balapan di GP Jepang atau Qatar. Ia termotivasi untuk finis sebagai pemenang di sana setelah melihat Carlos Sainz sukses mencuri kemenangan di GP Singapura. Selain itu, MCL60 dinilai cocok dengan karakteristik Sirkuit Suzuka dan Lusail. Sayangnya, harapan itu hanya sekadar angan.

“Apakah aku berpikir kesempatan terbaik kami telah pergi? Aku akan jawab ya. Aku rasa GP Qatar adalah kesempatan terbaik kami untuk memenangkan balapan dan aku melewatkannya. Aku tak ingin mengatakan tidak, aku tidak mengatakan tidak mungkin.

Aku pikir tidak ada lagi sirkuit berkecepatan super tinggi yang bergaya seperti Suzuka dan Lusail. Itu menjadi tempat saat kami bisa tampil kuat. Aku tidak merasa itu trek yang bagus untuk kami ke depannya. Aku pikir kesempatan terbaik kami telah pergi,” kata Norris dilansir F1i.

3. Lando Norris waspadai kelemahan MCL60 saat melibas tikungan lambat

Lando Norris Pesimistis McLaren Bisa Raih Kemenangan di Formula 1 2023Lando Norris berada di depan sejumlah pembalap saat sprint race GP Qatar 2023. (formula1.com)

Lando Norris masih berharap McLaren bisa melanjutkan tren positif dalam beberapa balapan berikutnya. Namun, McLaren tetap harus waspada terhadap kelemahan MCL60 saat melibas tikungan lambat. Tak mengherankan Norris mewanti-wanti timnya agar waspada saat menghadapi pekan balap GP Brasil yang digelar pada 3–5 November 2023 mendatang.

“Jika Anda melihat pada hamparan GPS terkait betapa buruknya kami di tikungan lambat, aku tidak menantikan GP Brasil. Aku rasa kami akan mendapatkan kejutan besar di sana. GP Las Vegas dan Abu Dhabi mungkin yang lebih baik,” jelas Norris.

Terlepas dari kelemahan McLaren, tim yang memiliki livery oranye itu kini bertengger di peringkat keempat klasemen konstruktor. Mereka sukses mengudeta posisi tersebut dari Aston Martin selepas GP Amerika Serikat lewat perolehan 242 poin. McLaren kini tertinggal 80 poin dari Ferrari yang bertengger di posisi ketiga.

Baca Juga: Potret 10 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya