Liam Lawson Gantikan Daniel Ricciardo di Formula 1 GP Belanda 2023

Daniel Ricciardo alami cedera tangan saat FP2

Daniel Ricciardo tak bisa menuntaskan pekan balap Formula 1 GP Belanda 2023. Pembalap AlphaTauri itu mengalami cedera patah tulang metakarpal tangan kiri. Hal tersebut imbas dari insiden yang terjadi saat sesi latihan kedua (FP2) di Sirkuit Zandvoort, Jumat (25/8/2023) malam WIB.

Akibat kondisi tersebut, Liam Lawson akan menggantikan Daniel Ricciardo pada sisa pekan balap GP Belanda. Pembalap asal Selandia Baru itu akan turun dari FP3 yang akan berlangsung pada, Sabtu (26/8/2023) sore WIB. Lantas,

1. Daniel Ricciardo mengalami insiden di tikungan 3 saat FP2 baru berjalan 10 menit

Liam Lawson Gantikan Daniel Ricciardo di Formula 1 GP Belanda 2023Daniel Ricciardo duduk di atas mobil setelah mengalami insiden saat FP2 GP Belanda 2023. (formula1.com)

Daniel Ricciardo harus menuntaskan FP2 GP Belanda lebih cepat karena mobilnya menabrak dinding di tikungan 3. Kejadian tersebut berlangsung saat FP2 baru berjalan 10 menit. Alhasil, bendera merah dikibarkan guna memberi waktu bagi marshal mengevakuasi mobil Ricciardo serta Oscar Piastri yang juga mengalami insiden di tikungan yang sama.

Berdasarkan tayangan ulang, Oscar Piastri lebih dulu mengalami insiden di tikungan ketiga. Mobil pembalap McLaren itu melintir dan menabrak dinding yang ada di tikungan tersebut. Ricciardo juga mengalami hal serupa beberapa saat kemudian. Beruntung, Ricciardo tak menabrak mobil Piastri yang berjarak tak terlalu jauh di sampingnya.

Melansir Formula 1, tangan Ricciardo terlihat masih memegang setir saat mobil menabrak dinding. Ia memegangi tangannya saat keluar dari mobil. Kemudian, Ricciardo dibawa ke medical centre untuk dirujuk ke rumah sakit setempat. Hasilnya, Ricciardo dinyatakan tak bisa melanjutkan pekan balap GP Belanda akibat patah tulang metakarpal tangan kiri.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort

2. Daniel Ricciardo menjelaskan penyebab cedera tangan kiri yang dialaminya

Selepas menjalani pemeriksaan, Daniel Ricciardo menceritakan kejadian yang menimpanya saat FP2. Ia menghantam dinding guna menghindari tabrakan dengan mobil Piastri yang lebih dulu mengalami insiden di tikungan 3. Ricciardo juga mengaku tak punya cukup waktu untuk melepaskan tangannya dari setir saat tabrakan terjadi.

“Aku ingat saat masuk ke tikungan 3. Aku sudah berada di tikungan dan melihat Piastri. Jadi, itu antara menabraknya atau dinding. Saat aku menabrak dinding, aku tak punya cukup waktu untuk melepaskan tangan dari kemudi.

Itu membuat kemudi itu datang dan menghantam tanganku. Benar-benar tidak beruntung dan membuat frustrasi. Akan tetapi, aku akan mencoba pulih secepat yang aku bisa,” jelas Ricciardo dilansir Racing News 365.

3. Liam Lawson mengisi kursi balap Daniel Ricciardo pada sisa pekan balap GP Belanda 2023

Liam Lawson Gantikan Daniel Ricciardo di Formula 1 GP Belanda 2023reserve driver AlphaTauri Liam Lawson (formula1.com)

AlphaTauri langsung bergerak cepat menunjuk pengganti Daniel Ricciardo untuk sisa pekan balap GP Belanda. Liam Lawson yang berstatus sebagai pembalap cadangan AlphaTauri akan melakoni debut balapan Formula 1 pada akhir pekan ini. Itu menjadi catatan penting bagi pembalap berusia 21 tahun tersebut.

Liam Lawson akan menjadi pembalap asal Selandia Baru kesepuluh yang ikut serta dalam sebuah balapan. Terakhir kali ada pembalap Selandia Baru yang turun dalam balapan di Formula 1 adalah Brendon Hartley pada 2018. Saat itu, Hartley memperkuat Toro Rossi yang kini bernama AlphaTauri sejak GP Amerika 2017 hingga GP Abu Dhabi 2018.

Tahun 2022 lalu, Liam Lawson turun bersama AlphaTauri saat FP1 GP Belgia dan Meksiko. Kemudian, ia kembali turun saat FP1 GP Abu Dhabi bersama Red Bull. Selain mengemban peran sebagai reserve driver AlphaTauri dan Red Bull, Liam Lawson juga berkompetisi di ajang Super Formula bersama Team Mugen. Ia kini duduk di posisi kedua klasemen pembalap lewat perolehan 87 poin.

Baca Juga: 6 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Belanda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya