Madrid Resmi Jadi Tuan Rumah Formula 1 Mulai 2026

Madrid bukan tempat yang asing untuk Formula 1

Formula 1 kembali mengumumkan rencana menggelar balapan di sirkuit baru. Kali ini, jalanan kota Madrid secara resmi menjadi tuan rumah GP Spanyol mulai 2026 mendatang. Kesepakatan tersebut diumumkan pada Selasa (24/1/2024) malam WIB.

Madrid bukanlah hal asing untuk Formula 1. Ibu kota Spanyol itu pernah masuk dalam kalender balap kejuaraan meski belum pernah menggelar balapan di sirkuit jalanan. Lantas, seperti apa sirkuit yang akan menjadi tuan rumah baru untuk GP Spanyol tersebut?

1. Sirkuit jalanan Madrid akan menggelar GP Spanyol selama 10 musim

Madrid masuk ke kalender Formula 1 setelah pihak kejuaraan menjalin kesepakatan dengan IFEMA Madrid. Nantinya, sirkuit jalanan Madrid akan menggelar balapan selama 10 musim pada 2026--2035. Sirkuit tersebut akan menggabungkan bagian jalanan dan nonjalanan.

Formula 1 melansir bahwa sirkuit baru tersebut dibangun di sekitar pusat pameran IFEMA. Sirkuit yang tunduk pada homologasi dan spesifikasi desain final dari FIA itu akan memiliki panjang sebesar 5,47 kilometer. Sirkuit tersebut juga akan mempunyai 20 tikungan dengan proyeksi waktu putaran saat kualifikasi sebesar 1 menit 32,4 detik.

Sirkuit baru untuk GP Spanyol itu digadang-gadang menjadi salah satu yang paling mudah diakses penonton dalam kalender kejuaraan. Pasalnya, jarak sirkuit dengan bandara internasional Madrid-Barajas Adolfo Suarez sekitar lima menit. Selain itu, sirkuit juga bisa ditempuh dalam waktu singkat menggunakan transportasi umum, seperti Metro dan kereta api.

"Madrid adalah kota luar biasa dengan warisan olahraga dan budaya yang menakjubkan. Pengumuman ini memulai babak baru yang menarik untuk Formula 1 di Spanyol. Aku ingin berterima kasih kepada tim IFEMA MADRID, pemerintah daerah Madrid, dan Wali Kota Madrid karena telah menyusun proposal yang fantastis. Itu benar-benar melambangkan visi Formula 1 untuk menciptakan tontonan olahraga dan hiburan selama beberapa hari yang memberikan nilai maksimal untuk penggemar serta merangkul inovasi dan keberlanjutan," kata CEO Formula 1, Stefano Domenicali, dilansir Formula 1.

2. Madrid pernah menjadi tuan rumah Formula 1 di Circuito del Jarama

Madrid Resmi Jadi Tuan Rumah Formula 1 Mulai 2026salah satu momen balapan Formula 1 GP Spanyol 1981 di Circuito del Jarama (twitter.com/F1)

Sebelum masuk ke kalender balap mulai 2026 mendatang, Madrid pernah menjadi tuan rumah GP Spanyol di Formula 1 beberapa tahun silam. Saat itu, balapan berlangsung di Circuito del Jarama yang berlokasi di San Sebastian de los Reyes, 32 kilometer di sebelah utara Madrid. StatsF1 mencatat bahwa Circuito del Jarama menggelar sembilan balapan Formula 1 dari 1968 sampai seri terakhir pada 1981. Adapun daftar pemenang dari balapan di sirkuit tersebut di antaranya adalah

  • 1968: Graham Hill;
  • 1970: Jackie Stewart;
  • 1972: Emerson Fittipaldi;
  • 1974: Niki Lauda;
  • 1976: James Hunt;
  • 1977: Mario Andretti;
  • 1978: Mario Andretti;
  • 1979: Patrick Depailler; dan
  • 1981: Gilles Villeneuve.

Circuito del Jarama sejatinya juga menggelar GP Spanyol 1980. Sayangnya, balapan saat itu tidak memperebutkan poin karena adanya perselisihan antara FISA dan FOCA. Perang kedua pihak yang sudah berlangsung sejak lama mencapai titik didih saat di Spanyol. Jean-Marie Balestre selaku presiden FISA (Fédération Internationale du Sport Automobile) menjatuhkan denda besar kepada pembalap yang melewatkan pengarahan keselamatan.

Motorsport melansir bahwa RACE selaku klub mobil Spanyol mengambil kendali atas balapan di Circuito del Jarama di luar naungan FISA. Sejumlah tim seperti Ferrari, Renault, dan Alfa Romeo yang berafiliasi dengan FISA tak ikut serta dalam balapan sehingga menyisakan 12 tim. GP Spanyol 1980 dimenangkan oleh Alan Jones yang memperkuat Williams.

3. Stefano Domenicali mengklarifikasi perihal masa depan Circuit de Catalunya-Barcelona

Madrid Resmi Jadi Tuan Rumah Formula 1 Mulai 2026tampilan atas Circuit de Catalunya-Barcelona (formula1.com)

Masuknya sirkuit jalanan Madrid di kalender Formula 1 pada 2026 sebagai tuan rumah GP Spanyol menyisakan pertanyaan. Itu terkait masa depan Circuit de Catalunya-Barcelona yang rutin masuk kalender kejuaraan sejak 1991. Dilansir Racing News 365, Circuit de Catalunya-Barcelona memiliki kontrak dengan Formula 1 hingga 2026 dengan nilai kontrak tahunan sebesar 25 juta dolar AS atau setara 392,85 miliar rupiah.

Stefano Domenicali angkat bicara soal kepastian posisi Circuit de Catalunya-Barcelona di kejuaraan. Ia menyebut sirkuit tersebut masih punya peluang untuk bertahan meski sirkuit jalanan Madrid menjadi tuan rumah GP Spanyol. Apalagi, popularitas Formula 1 di Spanyol mengalami peningkatan berkat kehadiran Carlos Sainz dan Fernando Alonso.

"Guna menghindari keraguan serta untuk mengklarifikasi, fakta bahwa kami berada di Madrid tidak mengesampingkan fakta bahwa kami bisa mempertahankan Barcelona pada masa mendatang. Ke depannya, ada diskusi yang dilakukan untuk melihat apakah kami bisa benar-benar memperpanjang kolaborasi dengan pihak sirkuit yang memiliki hubungan sangat baik pada masa depan," jelas Domenicali dikutip Racing News 365.

Spanyol bisa saja kembali menggelar dua balapan dalam semusim di sirkuit berbeda di Formula 1. Itu terjadi saat Sirkuit Jerez menjadi tuan rumah GP Eropa pada 1994 dan 1997. GP Eropa juga digelar dengan Valencia Street Circuit pada 2008--2012. Akan tetapi, slot tersisa pada kalender Formula 1 semakin sedikit sehingga Circuit de Catalunya-Barcelona harus bersaing dengan sirkuit lain yang ingin menjadi tuan rumah di kejuaraan.

Baca Juga: Porsche Masih Tertarik untuk Ambil Bagian di Formula 1 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya