Marco Bezzecchi Soroti Insiden Lap Pertama di Main Race GP Valencia 

Gagal finis usai bersenggolan dengan Marc Marquez

MotoGP 2023 GP Valencia yang digelar pada Minggu (26/11/2023) malam WIB masih menyisakan sejumlah drama. Salah satunya drama antara Marco Bezzecchi dan Marc Marquez. Keduanya terlibat kontak di tikungan tiga pada lap pertama saat main race sehingga menyebabkan Bezzecchi terjatuh dan gagal menuntaskan balapan.

Bezzecchi memberi sorotan terkait insiden tersebut. Pembalap Mooney VR46 Racing Team itu mempertanyakan keputusan stewards terhadap insiden yang melibatkan dirinya dan Marc Marquez. Sebab, tak ada penalti yang dijatuhkan kepada Marc Marquez.

1. Marco Bezzecchi dan Marc Marquez terlibat insiden pada lap pertama

Marco Bezzecchi memulai main race GP Valencia dari posisi start ketujuh. Sayangnya, posisinya melorot ke posisi kedelapan setelah disalip Alex Marquez. Di sisi lain, Marc Marquez berada di belakang untuk merebut posisi kedelapan dari Bezzecchi.

Akan tetapi, insiden terjadi melibatkan kedua pembalap di tikungan tiga. Dari tayangan ulang, terlihat adanya kontak antara Marc Marquez dan Bezzecchi. Alhasil, Bezzecchi terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan. Pembalap asal Italia itu menutup MotoGP 2023 tanpa memperoleh poin dari main race di Sirkuit Ricardo Tormo.

2. Marco Bezzecchi menjelaskan insiden yang dialaminya saat main race GP Valencia 2023

Marco Bezzecchi Soroti Insiden Lap Pertama di Main Race GP Valencia Marco Bezzecchi (tengah) berbincang dengan Valentino Rossi (kiri) dan Matteo Flamigni di GP Valencia 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi menjelaskan insiden yang membuatnya keluar dari balapan lebih cepat. Bezzecchi menyebut insiden di tikungan tiga saat main race GP Valencia sama seperti yang dialami saat GP Thailand. Insiden tersebut juga melibatkan dirinya dan Marc Marquez.

"Balapan bagiku berlangsung sangat singkat. Marc Marquez memutuskan mengakhiri balapanku di tikungan tiga. Dia melakukan hal yang sama persis kepadaku saat GP Thailand di tikungan 5 dan 6. Dia menabrakku di bagian belakang. 

Masalahnya, kali ini dia menabrakku lebih keras dan membuatku mengalami kecelakaan terlalu cepat. Aku merasakan sakit pada kaki dan pundak kiriku. Aku tak punya hal lain untuk dikatakan," kata Bezzecchi dilansir Motorcycle Sports.

Baca Juga: 6 Musim MotoGP yang Gelar Juara Dunianya Ditentukan di Seri Valencia

3. Marco Bezzecchi menyebut Marc Marquez layak mendapatkan penalti

Marco Bezzecchi Soroti Insiden Lap Pertama di Main Race GP Valencia Marco Bezzecchi saat menjalani pekan balap GP Valencia 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

FIM Stewards melakukan investigasi terhadap insiden Marco Bezzecchi dan Marc Marquez. Namun, kejadian tersebut dinilai sebagai sebuah insiden balap. Keputusan ini tak disambut baik oleh Bezzecchi. Ia menilai Marc Marquez layak mendapat penalti atas insiden yang terjadi pada awal main race GP Valencia 2023.

"Sering kali, saat pembalap tidak mengalami kecelakaan, maka semuanya baik-baik saja. Namun, ketika seorang pembalap menyebabkan pembalap lain mengalami kecelakaan, maka hal minimal adalah penalti. Itu terjadi pada pembalap lain seperti Brad Binder yang melakukan hal itu dan mendapat long lap penalty. Itulah yang seharusnya terjadi.

Balapan berlangsung dalam 27 lap. Dia menyebabkan diriku terjatuh di tikungan tiga pada lap pertama. Aku pikir dia setidaknya layak mendapatkan penalti," jelas Bezzecchi masih dilansir Motorcycle Sports.

4. Marco Bezzecchi berharap bisa mengikuti tes di Valencia dalam kondisi terbaik

Marco Bezzecchi Soroti Insiden Lap Pertama di Main Race GP Valencia pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (flickr.com/vr46racingteam)

Insiden saat main race GP Valencia 2023 sedikit membuat Marco Bezzecchi gusar. Apalagi, pembalap bernomor motor 72 itu akan mengikuti tes di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November mendatang. Bezzecchi berharap dapat tampil maksimal saat tes meski merasakan sakit pada kaki dan pundak kirinya.

"Aku akan berusaha untuk berada dalam kondisi terbaik pada hari Selasa. Aku pikir besok rasa sakitnya akan bertambah. Namun, aku akan mencoba untuk berkendara sebaik mungkin," pungkas Bezzecchi dilansir Crash.

Marco Bezzecchi mengakhiri MotoGP 2023 di posisi ketiga klasemen pembalap. Ia mengoleksi 329 poin dari 20 seri balap yang digelar. Bezzecchi tercatat naik podium sebanyak 7 kali dengan 3 di antaranya diperoleh dengan memenangi main race. Selain itu, Bezzecchi juga sekali finis terdepan saat sprint race GP Belanda.

Baca Juga: 8 Pembalap MotoGP 2023 yang Menang Main Race, Pembalap Ducati Semua?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya