Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-up

Verstappen makin kokoh di puncak klasemen

Max Verstappen kembali merasakan manisnya finis di posisi pertama di balapan Formula 1 2023. Walau tak memulai balapan dari pole position, ia sukses meraih kemenangan di GP Miami yang digelar pada Senin (8/5/2023) dini hari WIB.

Sementara itu, Sergio Perez harus puas menuntaskan balapan di posisi kedua. Fernando Alonso menggenapi komposisi podium dengan finis di posisi ketiga.

Lantas, seperti apa jalannya balapan kali ini?

1. Max Verstappen langsung tampil cepat pada awal balapan

Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi kesembilan langsung tampil cepat pada awal balapan. Pada lap kedelapan, pembalap berkebangsaan Belanda itu sudah bercokol di posisi kelima.

Verstappen makin melesat ke depan pada lap 14. Ia sukses menyalip Carlos Sainz dan berhak menduduki posisi ketiga. Padahal, Verstappen menggunakan ban hard pada awal balapan.

2. Max Verstappen menyalip Fernando Alonso pada lap 15

Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-upMax Verstappen saat menjalani balapan GP Miami 2023. (formula1.com)

Aksi Max Verstappen di balapan GP Miami tak berhenti sampai di situ. Setelah sukses menyalip Carlos Sainz, pemilik dua gelar juara dunia itu mengincar posisi runner-up yang dikuasai Fernando Alonso.

Kesempatan menyalip akhirnya tiba pada lap 15. Memanfaatkan DRS yang aktif, Verstappen merebut posisi kedua dari Alonso sebelum memasuki tikungan sebelas.

Baca Juga: Nostalgia 11 Kemenangan Fernando Alonso Bersama Ferrari di Formula 1

3. Max Verstappen mengambil alih posisi pertama dari Sergio Perez usai ganti ban

Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-upMax Verstappen berada di depan Sergio Perez saat balapan GP Miami 2023. (twitter.com/F1)

Sergio Perez masuk ke pit pada lap 21. Pembalap asal Meksiko itu mengganti ban dari medium ke hard. Di sisi lain, Max Verstappen masih berada di lintasan dan memimpin jalannya balapan dengan ban hard yang dirinya pakai sejak lap pertama.

Verstappen baru masuk ke pit pada lap 46. Ia mengganti ban hard menjadi medium dan keluar dari pit tepat di belakang Perez. Pemakaian ban yang lebih lunak dan segar dari Perez memberi keuntungan Verstappen dalam upaya meraih posisi pertama.

Momen mengambil alih posisi pimpinan balapan tiba pada lap 48. Verstappen menyalip Perez di trek lurus sebelum memasuki tikungan pertama. Posisi Verstappen tak berubah hingga bendera chequered dikibarkan.

4. Max Verstappen gembira finis pertama di GP Miami

Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-upMax Verstappen menjalani sesi wawancara setelah balapan GP Miami 2023. (twitter.com/F1)

Max Verstappen menyambut gembira finis pertama. Apalagi, ia tak mengalami kendala saat balapan berlangsung dan menyalip satu per satu mobil dengan baik tanpa menyebabkan insiden.

“Aku keluar dari masalah pada awal balapan dan memiliki balapan yang bersih. Aku menyalip mobil satu per satu. Kemudian, aku bisa bertahan sangat lama dengan ban hard dan itulah di mana aku berpikir kami membuat perbedaan hari ini,” papar Verstappen dilansir Formula 1.

5. Max Verstappen kian kokoh di puncak klasemen pembalap

Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-upklasemen sementara Formula 1 2023 usai GP Miami (twitter.com/F1)

Finis sebagai pemenang di GP Miami menjadi kemenangan ketiga Max Verstappen pada 2023. Sebelumnya, ia sukses naik podium tertinggi di GP Bahrain dan Australia.

Tak hanya finis pertama, Verstappen juga mendapat tambahan satu poin usai mencatat fastest lap pada balapan berdurasi 57 lap tersebut. Verstappen mengantongi 26 poin dari GP Miami.

Verstappen kian kokoh di puncak klasemen dengan 119 poin. Ia kini unggul 14 poin dari Perez yang menguntit di posisi kedua. Di sisi lain, Red Bull makin perkasa di klasemen konstruktor dengan koleksi 224 poin.

Baca Juga: Kimi Raikkonen, Pembalap Formula 1 yang Nyaris Bangkrutkan Timnya

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya