Max Verstappen Sukses Finis Terdepan di Main Race F1 GP China 2024

Sapu bersih kemenangan di sprint dan main race

Main race Formula 1 GP China 2024 telah rampung digelar pada Minggu (21/4/2024) siang WIB. Max Verstappen berhasil finis sebagai pemenang dalam balapan yang berlangsung di Shanghai International Circuit. Verstappen berhasil finis di depan Lando Norris dan Sergio Perez yang menduduki posisi kedua serta ketiga.

Sejumlah kejadian mewarnai jalannya main race GP China. Bahkan, safety car tercatat dua kali masuk ke trek untuk memandu jalannya balapan. Seperti apa keseruan balapan kali ini?

1. Max Verstappen langsung memimpin balapan selepas start balapan

Max Verstappen Sukses Finis Terdepan di Main Race F1 GP China 2024momen saat main race GP China 2024 (twitter.com/F1)

Max Verstappen yang meraih pole position langsung memimpin jalannya balapan begitu lampu start padam. Sementara itu, Fernando Alonso memulai balapan dengan baik dengan menyalip Sergio Perez untuk berada di posisi kedua. Pada lap kelima, Perez berhasil kembali berada di posisi kedua usai mengasapi Alonso di tikungan 6.

Alonso kembali disalip oleh pembalap lain. Lando Norris yang mendapat kesempatan tersebut pada lap ketujuh di tikungan 14. Kemudian, Verstappen dan Perez masuk ke pit dalam waktu hampir bersamaan pada akhir lap 13. Verstappen lebih dulu mengganti ban dari medium ke hard disusul Perez dengan pergantian ban ke jenis yang sama. Strategi pit stop double stack Red Bull berjalan lancar.

Verstappen yang memiliki ban hard lebih segar berhasil menyalip Charles Leclerc yang berada di posisi kedua. Pembalap asal Belanda itu melakukannya di tikungan 6 pada lap 16. Berselang tiga lap, Verstappen kembali memimpin balapan usai menyalip Norris di tikungan 14.

2. Safety car memandu balapan sebanyak dua kali saat main race GP China 2024

Bendera kuning dikibarkan pada lap 20 setelah bagian belakang mobil Valtteri Bottas mengeluarkan asap. Mobil pembalap Kick Sauber itu berhenti di run-off tikungan 11. Alhasil, virtual safety car (VSC) diberlakukan untuk memberi waktu mengeluarkan mobil Bottas dari area lintasan.

Hal tersebut dimanfaatkan Charles Leclerc dan Lando Norris untuk melakukan penggantian ban saat VSC. Leclerc melakukan penggantian ban ke hard pada lap 22, sedangkan Norris juga mengganti ke jenis yang sama pada lap 23. Pada lap 24, safety car masuk ke trek lantaran marshal membutuhkan waktu lebih banyak guna mengevakuasi mobil Bottas.

Balapan kembali normal pada akhir lap 26. Namun, bendera kuning kembali berkibar pada lap 27 setelah Yuki Tsunoda mengalami insiden dengan Kevin Magnussen. Tsunoda keluar balapan lebih cepat lantaran ban mobilnya pecah akibat insiden tersebut. Safety car kembali memimpin balapan hingga akhir lap 31.

Balapan kembali dilanjutkan pada lap 32. Verstappen langsung melesat meninggalkan Lando Norris yang berada di posisi kedua. Sementara itu, Sergio Perez menyalip Charles Leclerc untuk berada di posisi ketiga. Hingga bendera chequered dikibarkan, Verstappen berhasil finis sebagai pemenang dengan keunggulan 13,773 detik dari Lando Norris.

3. Max Verstappen menyambut gembira kemenangannya di main race GP China 2024

Max Verstappen Sukses Finis Terdepan di Main Race F1 GP China 2024Max Verstappen saat menjalani main race GP China 2024. (formula1.com)

Max Verstappen menyambut gembira hasil gemilangnya di main race GP China. Ini menjadi kali pertama Verstappen merengkuh kemenangan di Shanghai International Circuit sepanjang berkiprah di Formula 1. Ia merasa nyaman saat mengemudikan RB20 terutama ketika balapan berlangsung.

“Terasa luar biasa. Aku pikir kami sangat cepat sepanjang akhir pekan ini. Sangat menyenangkan juga saat memakai setiap jenis ban.

Saat restart, aku rasa kami bertahan dengan baik. Mobil pada dasarnya berada dalam jalurnya. Aku bisa melakukan apa pun yang aku inginkan. Akhir pekan semacam ini tentu saja merupakan hal yang luar biasa untuk dirasakan,” kata Verstappen dilansir Formula 1.

Max Verstappen masih kokoh di puncak klasemen pembalap dengan perolehan 110 poin. Ia unggul 25 poin Sergio Perez yang berada di peringkat kedua. Sementara itu, Red Bull memuncaki klasemen konstruktor lewat koleksi 195 poin.

Baca Juga: Max Verstappen Kritik Penyelenggaraan Sprint Race GP China 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya