Max Verstappen Raih Pole Position untuk Main Race GP China 2024

Jadi pole position pertama Verstappen di GP China

Sesi kualifikasi untuk main race Formula 1 GP China 2024 rampung digelar pada, Sabtu (20/4/2024) siang WIB. Sesi tersebut dilangsungkan tiga jam setelah sprint race. Max Verstappen sukses meraih pole position setelah mengungguli Sergio Perez yang akan memulai balapan di posisi kedua.

Sejumlah kejadian mewarnai jalannya sesi kualifikasi di Shanghai International Circuit. Salah satunya adalah Lewis Hamilton yang tersisih dari sesi kualifikasi pertama (Q1). Lalu, seperti apa jalannya sesi kualifikasi Formula 1 GP China kali ini?

1. Max Verstappen tampil sebagai yang tercepat di Q1, Lewis Hamilton gagal lolos ke Q2

Fernando Alonso sempat menduduki posisi pertama saat Q1 sudah berlangsung selama 8 menit. Pembalap Aston Martin itu menorehkan waktu 1 menit 35,116 detik. Keunggulan itu hanya bertahan 3 menit setelah Oscar Piastri berhasil membukukan waktu 1 menit 35,014 detik.

Carlos Sainz kemudian menggeser posisi Piastri lewat perolehan waktu 1 menit 34,970 detik. Lando Norris mempertajam catatan waktu menjadi 1 menit 34,842 detik. Pada akhirnya, Max Verstappen menutup sesi Q1 lewat perolehan waktu 1 menit 34,742 detik.

Lewis Hamilton secara mengejutkan gagal lolos ke Q2. Pembalap Mercedes itu berada di posisi ke-18 usai membukukan waktu 1 menit 35,573 detik. Selain Hamilton, pembalap yang berada di posisi lima terbawah saat Q1 adalah Zhou Guanyu (Kick Sauber), Kevin Magnussen (Haas), Yuki Tsunoda (RB), dan Logan Sargeant (Williams).

Baca Juga: 4 Pembalap Formula 1 2024 Belum Pernah Balapan di GP China

2. Carlos Sainz mengalami insiden saat Q2, tetapi dapat melanjutkan sesi kualifikasi

Max Verstappen Raih Pole Position untuk Main Race GP China 2024Mobil Carlos Sainz mengalami kerusakan setelah mengalami insiden saat sesi kualifikasi GP China 2024. (twitter.com/F1)

Max Verstappen menunjukkan performa oke sejak awal Q2. Pembalap asal Belanda itu berhasil menempatkan namanya di posisi terdepan lewat perolehan waktu 1 menit 33,946 detik. Saat itu, Verstappen menorehkan catatan tersebut ketika sesu sudah berjalan 8 menit.

Tak lama berselang, sebuah insiden dialami Carlos Sainz. Mobil pembalap Ferrari itu melintir setelah melibas tikungan terakhir. Mobil Sainz sempat berkontak dengan dinding pembatas. Beruntung, Sainz masih bisa membawa mobilnya kembali ke pit untuk mendapat pergantian sayap depan. Insiden tersebut sempat membuat sesi Q2 dijeda untuk waktu yang tak terlalu lama.

Sesi Q2 kembali dilanjutkan setelah kondisi trek dinyatakan aman. Verstappen kembali mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 33,794 saat Q2 menyisakan durasi 2 menit. Sementara itu, sebanyak lima pembalap gagal melaju ke Q3, antara lain, Lance Stroll (Aston Martin), Daniel Ricciardo (RB), Esteban Ocon (Alpine), Alexander Albon (Williams), dan Pierre Gasly (Alpine).

3. Red Bull meraih pole position ke-100 lewat Max Verstappen di GP China 2024

Max Verstappen Raih Pole Position untuk Main Race GP China 2024starting grid main race GP China 2024 (twitter.com/F1)

Max Verstappen kembali menunjukkan keperkasaannya sejak awal Q3. Ia mampu menorehkan waktu 1 menit 33,977 detik. Kemudian, Verstappen menajamkan perolehan waktunya menjadi 1 menit 33,660 detik. Ia berjarak 0,322 detik dari Sergio Perez yang berada di posisi kedua.

Pole position yang didapat Max Verstappen menjadi torehan tersendiri untuk Red Bull. Ini merupakan pole position ke-100 untuk tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, tersebut sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di kejuaraan. Menariknya, pole position perdana Red Bull terjadi di GP China pada 2009. Saat itu, Sebastian Vettel menjadi pembalap Red Bull pertama yang mempersembahkan posisi start terdepan untuk tim.

“Aku pikir setelah sprint race, kami mendapatkan lebih banyak ide untuk mobil. Aku rasa mobil bekerja jauh lebih baik saat sesi kualifikasi. Aku sangat senang dengan jalannya kualifikasi. Mobil benar-benar nyaman dikemudikan.

Saat Q3, aku berpikir bahwa putaran terakhir terasa cukup baik. Aku juga sangat senang untuk balapan di sini dalam kondisi kering. Kondisinya cukup baik. Jadi, sangat menyenangkan,” kata Verstappen selepas sesi kualifikasi dikutip Formula 1.

Main race GP China akan berlangsung pada, Minggu (21/4/2022) pukul 14.00 WIB. Mampukah Max Verstappen meraih kemenangan di GP China untuk kali pertama dalam kariernya? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: Nostalgia 11 Podium Formula 1 GP China sebelum 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya