Max Verstappen Sukses Raih Pole Position untuk Main Race GP Miami 2024

Jadi pole position perdana Verstappen di Miami

Max Verstappen sukses tampil sebagai pembalap tercepat dalam sesi kualifikasi Formula 1 GP Miami yang berlangsung, Minggu (5/5/2024) dini hari WIB. Pembalap Red Bull itu mengunci pole position setelah berhasil mengungguli catatan waktu Charles Leclerc dan Carlos Sainz. Ini menjadi kali pertama Max Verstappen meraih posisi start terdepan untuk main race Formula 1 GP Miami.

Sejumlah kejadian mewarnai sesi kualifikasi di Miami International Autodrome. Salah satunya adalah Fernando Alonso yang gagal lolos ke Q3. Seperti apa jalannya sesi kualifikasi GP Miami 2024 selengkapnya?

1. Max Verstappen tampil cepat di Q1, Daniel Ricciardo gagal lolos ke Q2

Max Verstappen Sukses Raih Pole Position untuk Main Race GP Miami 2024Max Verstappen saat menjalani sesi kualifikasi GP Miami 2024. (twitter.com/F1)

Max Verstappen menunjukkan penampilan oke saat sesi kualifikasi pertama (Q1). Pembalap berkebangsaan Belanda itu mampu menutup sesi tersebut dengan torehan waktu 1 menit 27,689 detik. Ia unggul 0,083 detik dari Sergio Perez.

Pierre Gasly secara impresif mampu lolos dari Q1 dengan menempati posisi kelima. Sementara itu, Daniel Ricciardo justru gagal lolos ke Q2. Pembalap RB itu harus puas menyudahi perjuangannya di posisi ke-18. Namun, Ricciardo akan memulai main race dari posisi paling belakang.

Ia terkena hukuman penalti tiga posisi start karena menyalip Nico Huelkenberg saat periode safety car ketika main race GP China. Tak hanya hukuman penalti posisi start, Ricciardo juga dijatuhi penalti dua poin untuk lisensi balapnya imbas insiden tersebut. Selain Ricciardo, pembalap yang gagal lolos dari Q1, antara lain, Valtteri Bottas (Kick Sauber), Logan Sargeant (Williams), Kevin Magnussen (Haas), dan Zhou Guanyu (Kick Sauber).

Baca Juga: Serba-serbi Formula 1 GP Miami 2024, Sudah Gelar Balapan 2 Kali

2. Charles Leclerc menutup Q2 sebagai pembalap tercepat, duo Aston Martin gagal melaju ke Q3

Max Verstappen Sukses Raih Pole Position untuk Main Race GP Miami 2024Charles Leclerc saat menjalani sesi kualifikasi GP Miami 2024. (twitter.com/F1)

Sesi Q2 menjadi momen Charles Leclerc unjuk gigi. Pembalap Ferrari itu berhasil tampil sebagai pembalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 27,533 detik. Ia mampu berada di depan Verstappen dengan keunggulan 0,033 detik. Di sisi lain, kejutan kembali terjadi, tetapi kali ini menimpa Aston Martin.

Lance Stroll dan Fernando Alonso gagal lolos ke Q3. Stroll mengakhiri Q2 dengan menempati posisi kesebelas, sedangkan Alonso berada di posisi ke-15. Adapun pembalap lainnya yang gagal melaju ke Q3 adalah Pierre Gasly (Alpine), Esteban Ocon (Alpine), dan Alexander Albon (Williams).

3. Max Verstappen meraih pole position ke-38 dalam kariernya di GP Miami 2024

Max Verstappen membuka Q3 dengan mencatatkan waktu 1 menit 27,241 detik. Ia berjarak 0,141 detik dari Charles Leclerc yang berada di posisi kedua. Catatan waktu tersebut bertahan hingga sesi berakhir. Ini menjadi pole position ke-38 yang diperoleh Verstappen sepanjang berkiprah di Formula 1.

Max Verstappen juga tercatat sebagai pembalap berikutnya yang meraih 6 pole position dalam 6 seri awal secara beruntun. Terakhir kali rekor tersebut tercipta pada 1993. Ketika itu, Alain Prost berhasil melakukannya saat memperkuat Canon Williams Team.

Verstappen menyambut baik pole position yang dirinya peroleh di GP Miami. Ia menilai posisi start terdepan menjadi hal penting menyongsong main race. Meski begitu, Verstappen tak memungkiri adanya kesulitan yang dirasakan selama menjalani pekan balap di Miami International Autodrome.

“Aku tak tahu apa itu. Namun, setiap tahun saat kami datang ke sini, aku sangat sulit untuk menjadi konsisten dengan perasaan terhadap mobil dan ban dalam satu lap. Sangat sulit memastikan bahwa sektor 1 dan sektor 3 terasa bagus pada akhir lap. Untuk membuatnya terjadi bersama-sama sangatlah sulit.

Kali ini, itu benar-benar berkaitan dengan menemukan keseimbangan. Aku rasa kami melakukannya dengan baik. Itu bukanlah lap paling menyenangkan dalam karierku karena betapa licinnya itu dan bagaimana Anda tidak terlalu percaya diri pada lap tersebut. Namun, kami meraih pole position dan itu tentu saja adalah hal penting,” jelas Verstappen dilansir Formula 1.

Main race Formula 1 GP Miami 2024 akan digelar pada, Senin (6/5/2024) pukul 03.00 dini hari WIB. Max Verstappen berpeluang mencatatkan 3 kemenangan dalam 3 edisi GP Miami secara berturut-turut jika mampu finis terdepan. Akankah hal tersebut terjadi?

Baca Juga: Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 Tahun

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya