Asapi Charles Leclerc, Max Verstappen Sukses Menangi GP Arab Saudi

Verstappen dan Leclerc terlibat pertarungan sengit

Max Verstappen meraih kemenangan perdana pada Formula 1 musim 2022. Ia sukses mengasapi Charles Leclerc untuk finis sebagai pemenang GP Arab Saudi. Hasil tersebut menjadi penebusan kegagalan pembalap asal Belanda itu meraup hasil baik pada GP Bahrain.

Sementara itu, Lewis Hamilton harus puas finis di posisi ke-10 pada balapan yang berlangsung Senin (28/3/2022) dini hari WIB. Seperti apa jalannya balapan GP Arab Saudi?

1. Sergi Perez berada di posisi terdepan setelah start, Nicholas Latifi alami insiden pada lap 16

Selepas lampu start padam, Sergio Perez mampu mempertahankan posisi pertamanya disusul oleh Leclerc. Verstappen yang memulai balapan dari posisi keempat sukses menyalip Carlos Sainz pada lap awal. 

Pada akhir lap 15, Perez masuk ke pit untuk mengganti ban ke kompon hard. Namun, tak berselang lama sebuah insiden menimpa Nicholas Latifi pada lap 16. Mobil pembalap Williams itu menabrak dinding pada tikungan terakhir Jeddah Corniche Circuit.

2. Alonso, Bottas, dan Ricciardo gagal tuntaskan balapan akibat masalah mesin mobil

Asapi Charles Leclerc, Max Verstappen Sukses Menangi GP Arab SaudiAlonso gagal melanjutkan balapan akibat masalah mesin mobil pada GP Arab Saudi 2022. (twitter.com/F1)

Balapan kembali dilanjutkan pada lap 21 tanpa adanya Safety Car. Charles Leclerc berada pada posisi terdepan disusul Verstappen dan Carlos Sainz. Akan tetapi, insiden kembali terjadi beberapa lap setelahnya.

Fernando Alonso harus keluar balapan lebih awal karena masalah mesin pada lap 36. Rupanya masalah ini tak hanya menimpa Alonso. Valtteri Bottas juga harus masuk pit dan tak kembali ke trek karena mobilnya mengalami kendala yang sama. Sementara itu, Ricciardo juga gagal menuntaskan balapan akibat masalah mesin.

Baca Juga: Manajer Max Verstappen Tebar Peringatan pada Rival Jelang F1 2022

3. Verstappen sukses salip Leclerc pada lap 47, posisinya bertahan hingga akhir balapan

Asapi Charles Leclerc, Max Verstappen Sukses Menangi GP Arab SaudiVerstappen berhasil menyalip Leclerc pada GP Arab Saudi 2022. (twitter.com/F1)

Kembali ke pertarungan Verstappen dan Leclerc. Pada lap 42, Verstappen akhirnya berhasil menyalip Leclerc pada tikungan terakhir. Namun, Leclerc kembali meraih posisi pertama pada lap 43 sebelum masuk tikungan 1.

Verstappen mencoba menyalip pada tikungan terakhir, tetapi ban mobil juara dunia musim 2021 itu terkunci dan Leclerc pun berhasil menjauh dari kejaran. Namun, Verstappen masih gigih berupaya menyalip Leclerc.

Puncaknya terjadi pada lap 47. Verstappen pada akhirnya kembali menyalip Leclerc di trek lurus sebelum tikungan 1. Posisi pertama yang didapat Verstappen pun bertahan hingga chequered flag dikibarkan. 

4. Verstappen mengaku senang bisa menang pada GP Arab Saudi

Asapi Charles Leclerc, Max Verstappen Sukses Menangi GP Arab SaudiMax Verstappen diwawancara usai balapan GP Arab Saudi 2022. (twitter.com/F1)

Diwawancara sesuai balapan, Verstappen mengaku senang bisa meraih kemenangan pada GP Arab Saudi. Dirinya pun mengakui balapan kali ini benar-benar berat sebab terjadi pertarungan antara dirinya dan Leclerc.

“Aku tahu itu benar-benar berat, tapi itu balapan yang bagus. Kami bertarung sangat sengit di deretan depan, tapi kami mencoba memainkan long game. Mereka (Ferrari) benar-benar cepat saat melibas tikungan, sementara kami cepat di trek lurus,” kata Verstappen dilansir Formula 1.

5. Klasemen sementara setelah Verstappen finis pertama pada GP Arab Saudi

Asapi Charles Leclerc, Max Verstappen Sukses Menangi GP Arab SaudiKlasemen sememtara pembalap setelah GP Arab Saudi 2022 (twitter.com/F1)

Hasil tersebut membuat Verstappen berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan perolehan 25 poin. Sementara itu, Charles Leclerc masih duduk di singgasana dengan meraup 45 poin.

Di lain pihak, Lewis Hamilton hanya mampu meraih 1 poin usai finis di posisi ke-10. Selepas GP Arab Saudi, Hamilton menduduki posisi ke-5 klasemen pembalap dengan mengantongi 16 poin.

Formula 1 selanjutnya akan menyambangi Australia pada 8-10 April 2022 mendatang. GP Australia akhirnya kembali setelah dua musim absen akibat pandemi COVID-19. Berdasarkan data StatsF1, Valtteri Bottas adalah pemenang GP Australia 2019. Adapun Hamilton dan Verstappen menempati posisi kedua serta ketiga. 

Baca Juga: Ungguli Verstappen, Charles Leclerc Raih Pole Position pada GP Bahrain

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya