Max Verstappen Sukses Meraih Pole Position F1 GP Australia 2024

Verstappen mengungguli Carlos Sainz

Sesi kualifikasi Formula 1 GP Australia 2024 telah rampung pada Sabtu (23/3/2024) siang WIB. Max Verstappen kembali menunjukkan performa terbaiknya di balik kemudi RB20. Pembalap Red Bull tersebut sukses meraih pole position usai mengungguli Carlos Sainz yang menduduki posisi start kedua.

Sesi kualifikasi GP Australia 2024 berlangsung seru, terutama saat sesi ketiga (Q3). Lantas, seperti apa jalannya sesi tersebut di Albert Park Circuit ini? Simak ulasannya berikut ini!

1. Carlos Sainz tampil tercepat saat Q1, Daniel Ricciardo gagal lolos ke Q2

Max Verstappen Sukses Meraih Pole Position F1 GP Australia 2024Carlos Sainz saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia 2024. (formula1.com)

Carlos Sainz sukses tampil cepat pada sesi kualifikasi pertama (Q1) dengan catatan waktu 1 menit 16,731 detik. Ia unggul 0,074 detik dari Sergio Perez. Sementara itu, Daniel Ricciardo harus mendapatkan hasil kurang maksimal dalam sesi kali ini.

Pembalap RB itu sejatinya sudah berada di posisi kesepuluh pada pengujung Q1. Sayangnya, catatan waktu Ricciardo dibatalkan sehingga merosot ke posisi ke-18. Selain Ricciardo, pembalap yang gagal melaju ke Q2 adalah Zhou Guanyu (Kick Sauber), Pierre Gasly (Alpine), dan Nico Huelkenberg (Haas).

2. Carlos Sainz kembali unggul saat Q2, Lewis Hamilton tak berhasil melaju ke Q3

Max Verstappen Sukses Meraih Pole Position F1 GP Australia 2024Lewis Hamilton saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia 2024. (formula1.com)

Max Verstappen mampu tampil cepat dengan catatan waktu 1 menit 16,387 detik. Namun, perolehan tersebut berhasil digusur Carlos Sainz setelah membukukan waktu 1 menit 16,189 detik. Keunggulan Sainz berlangsung hingga akhir Q2.

Di sisi lain, Charles Leclerc berada di posisi kedua dengan jarak 0,115 detik dari Sainz. Pembalap Ferrari itu berhasil menggusur posisi Verstappen pada fase akhir Q2. Oscar Piastri dan Sergio Perez masuk lima besar dalam sesi kali ini.

Hasil mengejutkan justru diperoleh Lewis Hamilton. Ia gagal lolos ke Q3 usai menempati posisi kesebelas saat Q2 lewat torehan waktu 1 menit 16,960 detik. Tak hanya Hamilton, pembalap yang tak bisa melaju ke sesi berikutnya adalah Esteban Ocon (Alpine), Kevin Magnussen (Haas), Valtteri Bottas (Kick Sauber), dan Alexander Albon (Williams).

Baca Juga: Formula 1 GP Australia Tidak Bersahabat bagi Tuan Rumah

3. Max Verstappen mampu mengasapi Carlos Sainz saat Q3 dan meraih pole position

Max Verstappen Sukses Meraih Pole Position F1 GP Australia 2024Max Verstappen saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia 2024. (twitter.com/redbullracing)

Persaingan perebutan pole position berlangsung sengit sejak awal Q3. Carlos Sainz langsung mencatatkan waktu 1 menit 16,331 detik. Namun, Max Verstappen dengan segera mengambil alih posisi terdepan lewat torehan 1 menit 16,048 detik.

Max Verstappen mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 15,915 detik. Ia menjadi satu-satunya pembalap pada sesi Q3 yang mencatatkan waktu dalam kisaran 1 menit 15 detik. Verstappen berhak atas pole position dengan keunggulan 0,270 detik dari Sainz.

Hasil tersebut menjadi pole position ketiga secara beruntun yang diperoleh Verstappen musim ini. Sebelumnya, ia tampil sebagai pembalap tercepat saat kualifikasi GP Bahrain dan Arab Saudi. Kini, Verstappen mengoleksi 35 pole position selama berkiprah di Formula 1.

4. Max Verstappen senang bisa meraih pole position di GP Australia 2024

Max Verstappen Sukses Meraih Pole Position F1 GP Australia 2024hasil kualifikasi Formula 1 GP Australia 2024 (twitter.com/F1)

Max Verstappen menyambut gembira hasil kualifikasi GP Australia 2024. Ia tidak menyangka bisa merebut pole position. Pasalnya, Verstappen tak tampil sebagai pembalap tercepat sepanjang sesi latihan pada pekan balap kali ini.

“Aku pikir sedikit tidak terduga hari ini saat kualifikasi, tetapi aku sangat senang dengan hasil ketika Q3. Aku pikir waktu putarannya sangat bagus dan menyenangkan. Akhir pekan yang sedikit rumit sejauh ini. Namun, kami bisa meraihnya pada akhirnya. Aku sangat senang terhadap hal tersebut,” ucap Verstappen dilansir Formula 1.

Main race GP Australia akan berlangsung pada Minggu (24/3/2024) pukul 11.00 WIB. Musim lalu, Max Verstappen berhasil mengonversi pole position menjadi kemenangan dalam seri balap yang sama. Akankah ia melakukannya kembali esok hari?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Arab Saudi 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya