Maximilian Guenther Sukses Raih Kemenangan di E-Prix Tokyo 2024

Jadi pemenang perdana pada seri E-Prix Tokyo

Formula E baru saja menuntaskan balapan seri kelima musim 2023/2024 yang berlangsung di Tokyo, Jepang, pada Sabtu (30/3/2024) siang WIB. Ini menjadi seri Tokyo E-Prix perdana yang digelar dalam sejarah kejuaraan Formula E. Balapan dilangsungkan di Tokyo Street Circuit yang memiliki panjang 2,582 km serta 18 tikungan.

Maximilian Guenther berhasil finis sebagai pemenang dalam E-Prix Tokyo 2024. Ia menjadi pembalap pertama yang memenangkan seri balap tersebut. Guenther berhasil melintasi garis finis di depan Oliver Rowland yang meraih pole position saat kualifikasi.

1. Oliver Rowland merengkuh pole position, Maximilian Gunther start kedua

Sebelum balapan dimulai, pembalap lebih dahulu menjalani kualifikasi pada pukul 08.20 WIB. Pembalap dibagi menjadi dua grup kualifikasi, yakni grup A dan B. Grup A diisi oleh pembalap dengan peringkat nomor ganjil, sedangkan grup B ditempati pembalap berperingkat genap.

Dari Grup A, pembalap yang lolos ke babak Duels adalah Oliver Rowland (Nissan), Edoardo Mortara (Mahindra Racing), Jake Dennis (Andretti), dan Mitch Evans (Jaguar TCS Racing). Sejatinya, Nick Cassidy masuk 4 besar dalam grup A, tetapi catatan waktunya dihapus karena pelanggaran teknis. Sementara itu, pembalap yang masuk ke babak Duels dari grup B adalah Maximilian Gunther (Maserati MSG Racing), Sergio Sette Camara (ERT), Nico Muller (ABT Cupra), dan Pascal Wehrlein (TAG Heuer Porsche).

Setelah melalui babak perempat final hingga semifinal, Maximilian Gunther dan Oliver Rowland bertemu pada babak final Duels untuk memperebutkan pole position. Hasilnya, Rowland berhasil menaklukkan Gunther dengan catatan waktu 1 menit 19,023 detik. Pembalap berkebangsaan Inggris itu juga mendapatkan 3 poin atas keberhasilan meraih pole position.

2. Maximilian Gunther berhasil mengungguli Oliver Rowland di E-Prix Tokyo

Maximilian Guenther Sukses Raih Kemenangan di E-Prix Tokyo 2024Maximilian Gunther saat memimpin balapan E-Prix Tokyo 2024. (fiaformulae.com)

Oliver Rowland yang menduduki posisi start terdepan langsung memimpin jalannya balapan pada lap-lap awal. Sementara itu, Maximilian Gunther melorot ke posisi ketiga usai disalip Edoardo Mortara. Tak berselang lama, bendera kuning dikibarkan karena Jake Hughes menabrak tembok di tikungan 15 pada lap keenam. Beruntung, Jake Hughes bisa kembali melanjutkan balapan.

Rowland disalip Gunther karena mengambil attack mode kedua dengan durasi pemakaian 6 menit pada lap 13. Namun, Rowland kembali ke posisi terdepan usai Gunther mengambil jalur untuk mengaktifkan attack mode untuk pemakaian selama 4 menit. Di sisi lain, Mitch Evans mengalami insiden pada lap 18 usai mobilnya berkontak dengan Robin Frijns. Alhasil, safety car keluar untuk memandu jalannya balapan.

Balapan kembali berlanjut tanpa safety car pada lap 23. Dua lap berselang, Gunther sukses mengambil alih posisi pertama dari Rowland. Pada lap 28, Gunther mengambil jatah attack mode kedua dan mempertahankan keunggulannya dari kejaran Rowland. Sementara itu, race control mengumumkan adanya penambahan 2 lap imbas dari masuknya safety car akibat insiden yang menimpa Mitch Evans. Itu membuat balapan berlangsung selama 35 lap.

Keunggulan Gunther terus terjaga hingga lap terakhir. Meski Rowland sempat berusaha menyalip, Gunther akhirnya melintasi garis finis sebagai pemenang. Sementara itu, Antonio Felix da Costa yang berusaha merebut posisi kedua dari Rowland justru harus puas finis di posisi keempat setelah disalip Jake Dennis.

Kemenangan Gunther semakin lengkap usai dirinya berhasil mencatatkan fastest lap. Pembalap berkebangsaan Jerman itu membawa pulang 26 poin dari E-Prix Tokyo. Sementara itu, Oliver Rowland yang finis runner-up berhak atas 21 poin berkat gabungan 15 poin ditambah 3 poin dari pole position.

3. Maximilian Gunther senang meraih kemenangan di E-Prix Tokyo

Maximilian Guenther Sukses Raih Kemenangan di E-Prix Tokyo 2024Maximilian Gunther (topi putih) berfoto bersama kru Maserati MSG Racing usai balapan E-Prix Tokyo 2024. (twitter.com/maseratimsg)

Maximilian Gunther menyambut gembira kemenangannya di E-Prix Tokyo. Ia senang dengan kinerja tim yang berbuah hasil bagus untuknya. Gunther juga memberi pujian pada performa mobilnya selama gelaran E-Prix Tokyo.

“Aku merasa nyaman di dalam mobil. Kami telah mengambil sejumlah langkah bagus dalam beberapa waktu terakhir sebagai sebuah tim. Sejak E-Prix Sao Paulo, aku pikir kami memiliki kecepatan yang sangat bagus dan kami mengubahnya menjadi kemenangan.

Ada banyak manajemen energi dalam balapan, tetapi kami melindungi diri dengan baik. Kami mengeksekusi strategi dan gerakan dengan sempurna serta semua hal yang harus kami lakukan. Luar biasa memenangkan balapan perdana E-Prix Tokyo dan aku bangga. Kami perlu menikmati momen ini,” kata Gunther dilansir Maserati MSG Racing.

Maximilian Gunther kini menduduki posisi kelima dalam klasemen pembalap lewat perolehan 48 poin. Sementara itu, Pascal Wehrlein yang finis kelima di Tokyo E-Prix menduduki posisi puncak klasemen setelah mengumpulkan 63 poin. Seri berikutnya akan digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 13–14 April 2024 mendatang. Nantinya, sirkuit tersebut akan menjadi tuan rumah E-Prix Misano untuk dua balapan beruntun atau double-header.

Baca Juga: 8 Fakta Menarik Jelang Formula E Tokyo 2024, Perdana di Jepang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya