Comscore Tracker

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan Bottas

Jadi andalan baru untuk pertahankan gelar

Hari yang ditunggu para penggemar F1 akhirnya tiba. Pada Selasa (2/3) sore WIB tim juara musim lalu Mercedes resmi memperkenalkan W12. Mobil ini akan menjadi andalan mereka guna amankan kembali gelar juara dunia pembalap serta konstruktor.

Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas turut hadir dalam peluncuran mobil baru tim tersebut. Lantas seperti apa penampilan mobil terbaru dari Mercedes di musim ini?

1. Masih akan diperkuat oleh Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan Bottasformula1.com

Dalam upaya mempertahankan gelar juara Mercedes tak hanya andalkan mobil baru mereka saja. Dua pembalap mereka di musim lalu yakni Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas masih akan jadi tumpuan bagi tim mendulang poin di setiap balapan.

Skuad manufaktur asal Jerman itu semakin lengkap sebab ada kehadiran Stoffel Vandoorne dan Nyck de Vries. Kedua pembalap yang kini berkompetisi di Formula E ini akan tetap menjalankan tugasnya sebagai reserve driver.

2. Perbandingan Mercedes W11 dengan W12

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan BottasDok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita

Seperti musim lalu, W12 masih akan menggunakan warna dasar hitam dengan tambahan aksen hijau khas perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas. Warna hitam musim lalu resmi dipakai oleh Mercedes guna menyuarakan keberagaman serta melawan aksi diskriminasi dan rasisme.

Meski demikian ada perbedaan yang terlihat. Pada area airbox tulisan INEOS muncul lagi dengan latar belakang warna merah. Pada engine cover, W12 dihiasi oleh stiker AMG yang berpadu dengan gradasi warna dari hitam ke perak. Nomor pembalap pun berganti warna dari sebelumnya putih menjadi merah.

Baca Juga: Joan Mir dan Lewis Hamilton Masuk Nominasi Laureus Sports Awards 2021

3. Lewis Hamilton hanya sepakati kontrak satu musim, Alasannya?

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan Bottasformula1.com

Lewis Hamilton masih akan bersama dengan Mercedes di musim 2021. Juara dunia tujuh kali itu telah teken kontrak selama satu musim saja. Kesepakatan ini memang memastikan sang pembalap ada di F1 pada musim ini.

Tapi, hal ini justru menimbulkan pertanyaan apakah Hamilton akan tetap di Mercedes dan F1 pada musim berikutnya atau tidak. Mengenai hal tersebut Hamilton merasa tidak perlu memikirkan hal yang terlalu jauh sebab telah meraih pencapaian luar biasa di musim lalu.

"Pertama, aku berada di posisi beruntung di mana aku telah mencapai sebagian besar hal yang ingin saya capai hingga saat ini", ujar Hamilton seperti dikutip dari motorsport.com.

"Jadi, tidak perlu merencanakan hal terlalu jauh ke depan. Aku pikir kita hidup di periode waktu yang tak biasa dan aku hanya ingin satu tahun", lanjutnya.

4. Valtteri Bottas juga hanya perpanjang kontrak semusim saja di Mercedes

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan Bottastwitter.com/ValtteriBottas

Tak hanya Lewis Hamilton saja yang perpanjang kontrak satu musim di Mercedes. Rekan setimnya, Valtteri Bottas juga mengambil keputusan yang sama. Hal ini kian mengindikasikan bahwa kedua pembalap akan angkat kaki dari tim di musim depan. 

Mercedes pun memastikan jika pihaknya akan melakukan pembicaraan lebih awal kepada Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas di musim ini mengenai kontrak di musim depan. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kondisi yang sama seperti musim lalu.

"Kami telah sepakat melakukan diskusi lebih awal pada tahun ini untuk menghindari kondisi seperti yang kami alami pada 2020, yakni kehabisan waktu dan ada di posisi tidak nyaman karena tak ada waktu tersisa sebelum memasuki musim baru", Team Principal Mercedes Toto Wolff seperti dilansir formulaspy.com.

5. Mercedes belum mau rekrut pembalap lain dan fokus dengan Lewis Hamilton

F1 2021: Mercedes Rilis W12, Mobil Baru untuk Hamilton dan Bottasformula1.com

Meski kedua pembalap hanya perpanjang kontrak semusim saja, Mercedes belum mau 'menggoda' pembalap lain untuk bergabung ke tim yang berbasis di Brackley, Inggris tersebut. Toto Wolff menekankan bahwa fokus mereka adalah melanjutkan kerja sama dengan Hamilton sehingga tidak mengincar pembalap lain saat ini.

"Simbiosis yang kami miliki dalam hubungan selalu mempunyai pemahaman bersama tentang apa yang kami ingin lakukan di masa depan. Itu yang akan jadi bahan diskusi dengan Lewis selanjutnya", ujarnya.

Baca Juga: Mercedes Benz Luncurkan C200 dan C300 AMG Final Edition

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya