Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023

Belum meraih kemenangan musim ini

Mercedes belum menuai kemenangan di Formula 1 2023. Tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu kesulitan menyaingi performa Red Bull yang begitu perkasa sepanjang musim ini. Hal ini bertolak belakang dengan perkiraan sejumlah pihak pada awal musim yang menyebut Mercedes bisa bersaing melawan Red Bull.

George Russell sadar akan ekspektasi yang dialamatkan kepada timnya. Akan tetapi, Russell menegaskan Mercedes tak pernah menganggap remeh seluruh balapan di Formula 1 2023. Menurutnya, tiap balapan adalah sebuah kesempatan bagi Mercedes untuk mencuri kemenangan.

1. Mercedes belum meraih kemenangan sejak terakhir kali di GP Brasil 2022

Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023Lewis Hamilton (kiri) dan George Russell saat berada di podium GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Paceklik kemenangan Mercedes berlanjut hingga GP Italia. Terakhir kali tim berjuluk Silver Arrows itu finis terdepan adalah saat GP Brasil 2022. Saat itu, George Russell melintasi garis finis sebagai pemenang di depan Lewis Hamilton dan Carlos Sainz.

Meski belum meraih kemenangan, Mercedes tercatat sudah lima kali finis tiga besar dalam balapan Formula 1 2023. Sebanyak dua podium direngkuh dengan finis di posisi kedua dan ketiga saat GP Spanyol. Dalam balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Lewis Hamilton berhasil merampungkan balapan di depan George Russell.

2. Walau belum menang pada 2023, Mercedes bercokol di posisi kedua klasemen konstruktor

Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023George Russell saat menjalani pekan balap GP Italia 2023. (formula1.com)

Walau belum ada kemenangan yang diraih, Mercedes termasuk tim yang konsisten meraih poin sepanjang 14 seri balap yang sudah digelar. Tim yang dikepalai Toto Wolff itu jadi 1 dari 3 tim yang belum pernah kehilangan poin hingga GP Italia. Adapun dua tim lainnya yang belum sekali pun kehilangan poin adalah Red Bull dan Aston Martin.

Atas torehan tersebut, Mercedes kini bertengger di posisi kedua klasemen konstruktor dengan koleksi 273 poin. Mereka sedang berupaya memperlebar jarak dengan Ferrari dan Aston Martin yang masih berpeluang mengudeta posisi runner-up. Jarak poin Mercedes dengan Ferrari yang berada di posisi ketiga adalah 45 poin. Sementara itu, Mercedes unggul 56 poin dari Aston Martin yang bercokol di peringkat keempat.

Baca Juga: Mercedes Yakin George Russell Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1

3. George Russell menilai Mercedes makin kuat seiring waktu

Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023pembalap Mercedes, George Russell (formula1.com)

George Russell baru-baru ini menanggapi komentar soal perjalanan Mercedes di Formula 1 2023. Pembalap berkebangsaan Inggris itu merasa musim ini bukanlah sebuah kegagalan untuk Mercedes. Russell justru menilai Mercedes makin kuat seiring musim berjalan.

“Aku merasa sebagai sebuah tim, kami telah menjadi semakin kuat musim ini. Pasti ada banyak ekspektasi kepada kami memasuki musim ini. Itulah mungkin sebabnya orang-orang menyebut musim kami sedikit gagal dan tentu saja itu jauh dari yang kami inginkan. Sebab, kami ingin bertarung untuk gelar juara,” kata George Russell dilansir Racing News 365.

4. George Russell sebut Mercedes tak anggap sebelah mata tiap balapan yang dijalani

Mercedes Tak Anggap Remeh Semua Balapan di Formula 1 2023George Russell berada di depan Sergio Perez saat balapan GP Italia 2023. (formula1.com)

George Russell sadar Mercedes perlu banyak berbenah demi mencapai hasil terbaik. Oleh karena itu, Mercedes tak mau memandang sebelah mata tiap seri balap yang mereka hadapi. Mercedes belajar dari apa yang terjadi saat GP Singapura 2022 ketika gagal merengkuh hasil bagus.

“Kami tahu ada banyak hal untuk ditingkatkan. Kami telah membuat kemajuan yang benar-benar bagus. Aku pikir memasuki paruh kedua musim ini, kami bisa berada di sana untuk berharap mengambil potongan yang jatuh kepada kami. Akan tetapi, kami tak pernah tahu.

Aku rasa tahun lalu kami punya mentalitas bahwa GP Singapura mungkin akan menjadi satu-satunya peluang kami pada paruh kedua musim untuk memenangkan balapan. Saat kami tidak menang di Singapura, itu menjadi kekecewaan yang pahit dan tidak ada ekspektasi saat menuju ke Brasil. Namun, kami pulang dengan kemenangan dari sana. Jadi, kami memperlakukan setiap balapan sebagai sebuah kesempatan,” pungkas Russell.

Musim lalu, Mercedes hanya berhasil meraup dua poin di GP Singapura. Itu karena Lewis Hamilton menuntaskan balapan di Marina Bay Street Circuit di posisi kesembilan. Sementara itu, George Russell harus puas berada di posisi ke-14. Akankah hasil oke bisa didapat Mercedes akhir pekan ini di GP Singapura?

Baca Juga: Lewis Hamilton Masih Bersama Mercedes Hingga Formula 1 2025

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya