Mercedes Yakin George Russell Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1

George Russell punya performa mengesankan bersama Mercedes

Performa George Russell bersama Mercedes mengalami peningkatan dalam dua musim terakhir. Pembalap asal Inggris itu mampu menunjukkan kemampuannya selama berada di balik kemudi mobil milik tim berjuluk Silver Arrows. Sejumlah prestasi sudah diraih Russell hingga paruh pertama Formula 1 2023.

Mercedes tentu sadar seberapa besar potensi Russell selama berkiprah di Formula 1. Apalagi, Russell termasuk salah satu pembalap muda di kejuaraan yang punya talenta bagus. Tak mengherankan Mercedes yakin Russell bisa menjadi juara dunia Formula 1 pada masa mendatang.

1. Prestasi George Russell selama memperkuat Mercedes di Formula 1

Mercedes Yakin George Russell Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1George Russell berselebrasi di podium GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Prestasi George Russell bersama Mercedes tak bisa dipandang sebelah mata. Ia sudah meraih satu kemenangan di GP Brasil 2022. Kemenangan itu sekaligus menyelamatkan Mercedes yang hampir tak memenangkan satu pun balapan pada musim lalu. Selain itu, Russell juga sudah 8 kali naik podium dalam dua musim bersama Mercedes.

Terakhir kali Russell finis di zona podium adalah saat GP Spanyol pada 4 Juni 2023 lalu. Ia menuntaskan balapan di posisi ketiga dengan jarak 32,389 detik dari Max Verstappen yang memenangkan balapan. Saat ini, Russell bertengger di posisi keenam klasemen pembalap dengan 99 poin.

2. Andrew Shovlin menilai George Russell sebagai sosok pekerja keras

Mercedes Yakin George Russell Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1pembalap Mercedes George Russell (formula1.com)

Penampilan oke George Russell bersama Mercedes mendapat perhatian dari Andrew Shovlin. Pria yang menjabat sebagai Trackside Engineering Director untuk Mercedes itu menyebut Russell sebagai pembalap yang punya semangat kerja tinggi. Shovlin tak ragu apabila pada masa mendatang Russell bisa merengkuh gelar prestisius di Formula 1.

“Dia seorang pembalap yang sangat profesional. Dia bekerja sangat keras. Dia salah satu yang Anda tidak akan ragu bahwa dia akan memenangkan kejuaraan pada sejumlah titik asalkan kami bisa memberikannya sebuah mobil yang cocok untuk pekerjaan itu. Kami jelas bekerja sangat keras untuk mencapai hal tersebut,” kata Shovlin dilansir Racing News 365.

3. George Russell dipandang sebagai pembalap yang bisa beradaptasi dengan baik

Mercedes Yakin George Russell Bisa Jadi Juara Dunia Formula 1George Russell saat menjalani pekan balap GP Monako 2023. (formula1.com)

Andrew Shovlin yang sudah berpengalaman bekerja bersama sejumlah pembalap Formula 1, seperti Jenson Button dan Michael Schumacher, memberi pandangannya terhadap kualitas yang dimiliki George Russell. Ia melihat Russell sebagai sosok pembalap yang sangat perhatian terhadap hal teknis. Russell juga mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi saat berusaha memaksimalkan performa mobil.

“Semua pembalap menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Mereka berfokus mencari setiap peluang untuk berkembang. Saat dia meraih pole position di Hungaria tahun lalu, itu adalah sebuah kejutan karena kami tak mencatatkan hasil bagus saat sesi hari Jumat.

Kami membuat beberapa perubahan pada mobil. Akan tetapi, dia melakukan pekerjaan luar biasa untuk mendapatkannya. Jadi, dia sangat fokus dan tak heran dia akan menjadi bagian dari banyak kesuksesan untuk tim pada masa mendatang,” terang Shovlin.

Pernyataan Andrew Shovlin memang terbukti dari kerja keras George Russell selama musim 2022 lalu. Saat itu, W13 dirundung masalah porpoising yang menyebabkan performa mobil menjadi kurang maksimal. Meski begitu, Russell tetap menunjukkan kemampuannya di tengah kesulitan yang mendera Mercedes.

Hasilnya, Russell menuntaskan Formula 1 2022 di posisi keempat. Ia sukses mengantongi 275 poin dan memiliki keunggulan 35 poin dari Lewis Hamilton yang mengakhiri musim di peringkat keenam. Poin yang dikumpulkan Russell musim lalu setara dengan 53,4 persen dari total poin yang dikumpulkan Mercedes di klasemen konstruktor yang berjumlah 515 poin.

Melansir Sky Sports, Russell memiliki kontrak dengan Mercedes hingga musim 2025. Kebersamaan antara kedua belah pihak yang masih terjalin dalam beberapa waktu ke depan diharapkan dapat memberikan hasil terbaik berupa gelar juara dunia. Bisakah hal itu terwujud? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Baca Juga: George Russell Yakin Mercedes Bisa Kejar Ketertinggalan dari Red Bull

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya