Miguel Oliveira Ingin Trackhouse Racing Berkembang Lebih Baik

Baru turun di MotoGP pada 2024

Trackhouse Racing memulai kiprah di MotoGP 2024. Mereka mengisi satu posisi setelah RNF Team tak lagi melanjutkan perjalanan di kejuaraan. Susunan pembalap Trackhouse Racing sebelumnya merupakan pembalap RNF Team, yakni Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Berstatus sebagai tim baru, Trackhouse Racing masih dalam fase pengembangan. Miguel Oliveira mengakui hal tersebut baru-baru ini. Pembalap berkebangsaan Portugal itu melihat adanya potensi dalam timnya dan menginginkan perkembangan ke arah lebih baik. 

1. Miguel Oliveira meraup satu poin usai finis ke-15 saat main race GP Qatar 2024

Miguel Oliveira Ingin Trackhouse Racing Berkembang Lebih BaikMiguel Oliveira berada di depan Alex Rins saat main race GP Qatar 2024. (trackhousemotogp.com)

Trackhouse Racing sudah menjalani seri pembuka MotoGP 2024 di Lusail, Qatar, pada 8–10 Maret 2024. Meski gagal menembus 10 besar, tim tersebut setidaknya membawa pulang 1 poin. Hal tersebut terjadi usai Miguel Oliveira finis di posisi ke-15 saat main race.

Sementara itu, Raul Fernandez harus puas pulang dari Lusail tanpa memperoleh poin. Pembalap asal Spanyol itu hanya mampu finis ke-14 saat sprint race. Sementara itu, ia gagal menuntaskan main race setelah masuk pit pada awal lap-18.

2. Miguel Oliveira menilai Trackhouse Racing punya potensi untuk berkembang

Miguel Oliveira Ingin Trackhouse Racing Berkembang Lebih BaikMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Qatar 2024. (trackhousemotogp.com)

Pencapaian Trackhouse Racing di GP Qatar 2024 mendapat tanggapan dari Miguel Oliveira. Ia menilai timnya punya potensi untuk berkembang lebih jauh. Kehadiran Davide Brivio sebagai team principal menjadi langkah bagus dalam proses perkembangan tim. Oliveira optimistis Trackhouse Racing dapat mengambil langkah baik lainnya pada waktu mendatang.

“Terlalu awal untuk memahami dampak dari manajemen Amerika. Ada banyak hal yang kami perhatikan memiliki banyak potensi, contohnya adalah bergabungnya Davide Brivio ke tim ini. Dia adalah manajer tim berpengalaman yang mengetahui keseluruhan paddock dengan baik.

Aku pikir dalam jangka panjang kami bisa membawa lebih banyak orang berpengalaman ke Trackhouse. Tentu saja, ini menjadi pertanda baik untuk masa depan tim,” kata Miguel Oliveira dilansir Speedweek.

Baca Juga: Sepak Terjang Davide Brivio sebelum Gabung Trackhouse Racing

3. Miguel Oliveira berharap Aprilia memberi lebih banyak dukungan untuk Trackhouse Racing

Miguel Oliveira Ingin Trackhouse Racing Berkembang Lebih BaikMiguel Oliveira (kiri) bersiap menjelang sprint race GP Qatar 2024. (instagram.com/88migueloliveira)

Miguel Oliveira juga mengharapkan adanya dukungan lebih banyak dari Aprilia. Sebab, sokongan dari pabrikan yang berbasis di Noale, Italia, tersebut akan meningkatkan kekuatan Trackhouse Racing selama mengarungi persaingan di MotoGP. Hal tersebut sekaligus membuka peluang terjadinya kompetisi yang melibatkan para pembalap bermotor Aprilia.

Saat ini, hanya Raul Fernandez yang masih menggunakan motor Aprilia RS-GP versi 2023. Sementara itu, Miguel Oliveira sudah memakai motor versi terbaru. Aleix Espargaro dan Maverick Vinales yang berstatus sebagai pembalap pabrikan tentu saja menunggangi RS-GP 2024.

“Jika kami memiliki dukungan yang sama seperti pembalap Aprilia lainnya, maka sesuatu akan terjadi. Aleix Espargaro saat ini menjadi satu-satunya pembalap yang menonjol dari yang lainnya dengan gaya balapnya. Itu tampak sangat cocok dengan motornya. Kami masih memiliki sejumlah pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyesuaikan motor dengan gaya balap kami. Hal itu membutuhkan waktu,” jelas Miguel Oliveira dikutip Speedweek.

4. Miguel Oliveira menatap MotoGP Portugal 2024 dengan optimistis

Miguel Oliveira Ingin Trackhouse Racing Berkembang Lebih BaikMiguel Oliveira saat menjalani main race GP Qatar 2024. (instagram.com/88migueloliveira)

MotoGP akan menggelar seri kedua di Portimao, Portugal, pada 22–24 Maret 2024. Miguel Oliveira sudah tak sabar untuk menjalani balapan di hadapan publik negaranya sendiri. Ia percaya bahwa Sirkuit Autodromo Internacional do Algarve lebih menguntungkan untuk RS-GP.

“Aku pikir sirkuit tersebut akan lebih mudah menyembunyikan kekurangan motor yang belum dioptimalkan. Tentunya, kami kurang cepat di trek lurus, tetapi kami memiliki motor yang memungkinkan kami mendapatkan lebih banyak kecepatan di tikungan. Kami selalu sangat miring ke kanan atau ke kiri.

Ada beberapa momen saat motor kami berada di garis lurus. Karena kurangnya stabilitas yang aku rasakan, hal tersebut dapat membantu. Namun, semua teori ini perlu diuji selama akhir pekan nanti,” papar Miguel Oliveira dilansir Motorcycle Sports.

Musim lalu, Miguel Oliveira mampu finis ketujuh saat sprint race GP Portugal. Sayangnya, ia gagal menuntaskan main race setelah mengalami insiden dengan Marc Marquez pada lap ketiga. Akankah hasil oke dapat diperoleh Oliveira akhir pekan ini?

Baca Juga: Miguel Oliveira Kurang Beruntung di MotoGP 2023, Sering Ditabrak!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya