Cerita Oscar Piastri Usai Finis Kelima di Formula 1 GP Hungaria

Piastri alami degradasi ban cukup tinggi saat balapan

Oscar Piastri kembali menuai hasil positif saat menjalani pekan balap Formula 1 2023 GP Hungaria. Dalam balapan yang berlangsung, Minggu (23/7/2023) malam WIB, Piastri mampu menuntaskan balapan di posisi kelima. Ini jadi kedua kalinya secara beruntun Piastri finis di posisi lima besar setelah sebelumnya menuntaskan balapan GP Inggris di posisi keempat.

Oscar Piastri memiliki sejumlah cerita di balik keberhasilannya mendulang poin di Sirkuit Hungaroring. Pembalap McLaren itu menyoroti masalah ban yang membuatnya kesulitan untuk finis di zona podium. Padahal, Piastri mampu memulai balapan dengan baik dalam beberapa lap awal Formula 1 2023 GP Hungaria.

1. Sempat berada di posisi kedua, Oscar Piastri harus puas akhiri GP Hungaria di posisi kelima

Cerita Oscar Piastri Usai Finis Kelima di Formula 1 GP HungariaOscar Piastri saat menjalani balapan GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Oscar Piastri mengawali balapan dari posisi start keempat. Selepas lampu start padam, Piastri langsung menyalip Lando Norris dan Lewis Hamilton untuk berada di posisi kedua. Posisi tersebut berhasil dipertahankan Piastri hingga lap 18 sebelum masuk ke pit untuk mengganti ban dari medium ke hard.

Piastri keluar dari pit di posisi kelima tepat di belakang Norris yang sudah lebih dulu mengganti ban. Pembalap asal Australia itu sempat naik ke posisi ketiga pada lap 25 setelah Sergio Perez dan Fernando Alonso masuk ke pit. Akan tetapi, Perez berhasil menyalip Piastri pada lap 48.

Sembilan lap berselang giliran Hamilton yang sukses merebut posisi keempat dari tangan Piastri. Hingga bendera chequered dikibarkan, Piastri harus puas merampungkan balapan di posisi kelima. Ia finis dengan jarak 22,459 detik dari Hamilton.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik dari Formula 1 2023 GP Hungaria 

2. Oscar Piastri alami degradasi ban yang cukup tinggi saat balapan GP Hungaria

Cerita Oscar Piastri Usai Finis Kelima di Formula 1 GP HungariaOscar Piastri saat menjalani pekan balap GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Kesulitan Oscar Piastri membendung serangan dari pembalap lain terjadi karena degradasi ban. Pembalap berusia 22 tahun itu mengaku belum mengetahui mengapa degradasi ban bisa berada dalam level yang cukup tinggi. Meski begitu, ia tetap merasa puas dengan pencapaiannya di GP Hungaria.

“Degradasi ban adalah pembunuh untukku. Aku tak yakin 100 persen mengapa itu terjadi, tetapi itu adalah sesuatu yang harus aku lihat. Ini adalah salah satu balapan di mana aku menjalani balapan dengan degradasi sangat banyak dan beberapa pit stop. Jadi, ada banyak hal yang bisa aku pelajari,” kata Piastri dilansir Racing News 365.

3. Oscar Piastri turut menanggapi strategi McLaren saat pit stop pertama

Cerita Oscar Piastri Usai Finis Kelima di Formula 1 GP HungariaOscar Piastri saat menjalani balapan GP Hungaria 2023. (twitter.com/McLarenF1)

Piastri juga menanggapi strategi McLaren saat melakukan pit stop pertama. Sebab, McLaren meminta Norris lebih dulu masuk pit ketimbang Piastri. Padahal, Piastri berada di depan Norris saat balapan berlangsung. Pada prosesnya, Norris berhasil melakukan undercut dan melaju sebagai runner-up GP Hungaria.

Strategi ini jelas bertentangan dengan aturan yang biasa dipakai oleh tim. Umumnya, tim akan memberikan strategi preferensial kepada salah satu pembalap dengan posisi lebih unggul dibandingkan rekan setimnya saat di trek. Meski begitu, Piastri mengaku hal tersebut tak terlalu memengaruhi balapan yang dirinya jalani.

Undercut jauh lebih besar daripada yang kami perkirakan. Namun, pada akhirnya, itu tak mengubah balapanku. Aku jelas tidak memiliki kecepatan untuk tetap dengan Norris atau menantangnya. Namun, hal terbesar yang bisa diambil adalah degradasi dan manajemen ban,” tegas Piastri.

Tambahan 10 poin membuat Oscar Piastri tetap berada di posisi ke-11 dalam klasemen sementara pembalap Formula 1 2023. Ia kini sudah mengoleksi 27 poin, terpaut 33 poin dari Lando Norris yang bertengger di peringkat kedelapan. Sementara itu, McLaren bercokol di posisi kelima klasemen konstruktor lewat perolehan 87 poin.

Baca Juga: Oscar Piastri Tak Menyesal Jadi Pembalap McLaren

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya