Penilaian Francesco Guidotti pada Capaian Red Bull KTM di MotoGP 2023

Red Bull KTM mengalami peningkatan pada musim ini

Red Bull KTM Factory Racing sedang dalam mode full senyum menikmati jeda musim panas MotoGP 2023. Sebab, tim tersebut mampu meraih hasil bagus selama paruh pertama musim. Dalam beberapa seri balap, tim yang diperkuat Jack Miller dan Brad Binder itu mampu memberi perlawanan terhadap para pembalap Ducati di barisan depan.

Performa mengesankan selama delapan seri balap itu membuat Francesco Guidotti senang. Pria yang menjabat sebagai manajer tim Red Bull KTM itu merasa bangga atas peningkatan RC16 saat beradu di atas lintasan. Lantas, berapa nilai yang diberikan Guidotti untuk penampilan timnya pada paruh pertama MotoGP 2023?

1. Perbandingan pencapaian Red Bull KTM pada delapan seri balap MotoGP 2022 dan 2023

Penilaian Francesco Guidotti pada Capaian Red Bull KTM di MotoGP 2023perbandingan capaian Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP 2022 dan 2023 (motogp.com)

Pencapaian Red Bull KTM Factory Racing pada musim 2023 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan musim lalu. Itu terlihat dari perolehan poin yang berhasil didapat dalam delapan seri balap di masing-masing musim. Perlu diketahui, perbandingan poin dalam dua musim terakhir berpatokan pada main race yang digelar pada hari Minggu.

Pada 2022, Red Bull KTM mampu mengumpulkan 115 poin. Sementara itu, tim tersebut meraih 121 poin sebelum jeda musim panas MotoGP 2023. Mereka mengoleksi 6 poin lebih banyak ketimbang musim sebelumnya.

Red Bull KTM berhasil naik podium dua kali masing-masing pada 2022 dan 2023. Akan tetapi, mereka belum meraih kemenangan saat main race pada musim ini. Sementara itu, Red Bull KTM sukses merengkuh satu kemenangan pada 2022 setelah Miguel Oliveira finis terdepan di GP Indonesia.

Walau begitu, performa Red Bull KTM musim ini lebih stabil ketimbang musim lalu. Brad Binder dan Jack Miller lebih sering menuntaskan main race di zona poin. Bahkan, keduanya sering terlibat persaingan di barisan depan melawan para pembalap lain, khususnya berduel dengan deretan pembalap Ducati.

Baca Juga: Sprint Race MotoGP 2023 Mulai Diprotes, Beratkan Pembalap?

2. Francesco Guidotti bangga atas pencapaian Red Bull KTM pada paruh pertama 2023

Penilaian Francesco Guidotti pada Capaian Red Bull KTM di MotoGP 2023Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing Francesco Guidotti (motogp.com)

Hasil cukup mengesankan dalam delapan seri balap MotoGP 2023 disambut baik oleh Francesco Guidotti. Pria berkebangsaan Italia itu memuji kerja keras yang sudah ditunjukkan oleh seluruh orang di tim sejauh ini. Guidotti tak lupa memberi nilai atas hasil yang telah dicapai sebelum jeda musim panas.

“Jika aku harus memberikan nilai kepada diri kami sendiri, maka aku akan memberikan nilai 7,5. Kami memulai musim dengan sangat baik. Jack Miller melakukan permulaan dengan bagus di GP Portugal,” kata Guidotti dilansir Motorcycle Sports.

3. Ada salah satu target Red Bull KTM yang telah terpenuhi di paruh pertama 2023, apa itu?

Penilaian Francesco Guidotti pada Capaian Red Bull KTM di MotoGP 2023Jack Miller berada di depan Brad Binder saat balapan GP Spanyol 2023. (motogp.com)

Francesco Guidotti menjelaskan salah satu target Red Bull KTM musim ini telah terpenuhi. Target tersebut adalah mengalami peningkatan saat sesi kualifikasi. Hal tersebut bisa terlihat dari konsistensi Jack Miller dan Brad Binder yang mampu lolos ke Q2 dalam lima balapan terakhir paruh pertama MotoGP 2023. Hasil terbaik pembalap Red Bull KTM saat kualifikasi adalah posisi kedua yang didapat Jack Miller saat GP Spanyol.

Walau begitu, Guidotti sadar ada beberapa area di RC16 yang perlu dibenahi. Oleh karena itu, ia tak mau terlena dengan hasil selama paruh pertama. Apalagi, musim 2023 masih panjang dan segala sesuatu dapat terjadi saat paruh kedua.

“Aku pikir kami bisa memberikan keseimbangan baru pada proyek itu. Kami sangat maju di beberapa area motor, tetapi kami berada di belakang di area lainnya. Aku pikir langkah terbesar adalah memberikan keseimbangan baru pada paket yang kompetitif dan meningkatkan semuanya bersama sama.

Salah satu tujuan untuk tahun ini adalah meningkatkan catatan waktu kualifikasi. Dalam lima balapan terakhir dari tujuh seri balap, dua pembalap kami selalu berada di Q2. Jadi, tampaknya tujuan itu telah tercapai,” pungkas Guidotti.

Perjalanan Red Bull KTM di MotoGP 2023 masih panjang. Namun, jika berkaca dari putaran pertama musim ini, tim tersebut punya peluang besar untuk merepotkan barisan pembalap Ducati pada paruh kedua nanti. Akankah hasil positif yang didapat Brad Binder dan Jack Miller berlanjut hingga musim berakhir?

Baca Juga: 13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya