13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023

Mereka naik podium sprint dan main race

MotoGP 2023 menghadirkan dua balapan setiap pekannya. Selain balapan Grand Prix atau main race, kini ada juga balapan sprint. Balapan berdurasi setengah putaran dari balapan utama ini pun memiliki poin yang separuhnya.

Dengan format baru ini, jumlah podium yang diperebutkan jadi bertambah. Alhasil, makin banyak kesempatan bagi setiap pembalap untuk mencicipi podium. Bedanya, podium pada balapan sprint lebih sederhana.

Podium sprint pun tak tercatat dalam sejarah podium atau kemenangan Grand Prix. Kendati begitu, podium tetaplah podium. Ada rasa kebanggaan karena itu pun merupakan sebuah pencapaian.

Sampai dengan 8 seri Grand Prix MotoGP 2023, sejumlah 13 pembalap mampu merebut podium. Sebagian dari mereka berhasil merebut podium di kedua sesi sprint dan main race. Namun, ada juga yang sukses di salah satunya saja.

Siapa saja pembalap MotoGP sukses yang merengkuh podium pada paruh pertama musim 2023? Simak ulasannya berikut ini!

1. Francesco Bagnaia (12 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Francesco Bagnaia (motogp.com)

Francesco Bagnaia paling banyak merebut podium. Pembalap andalan tim Ducati Lenovo ini mengantongi 12 medali dan trofi dari balapan sprint dan main race. Rinciannya, ia mengoleksi 7 podium sprint dan 5 podium Grand Prix.

Untuk balapan sprint, Bagnaia menang di Portugal, Amerika, dan Italia. Ia juga merebut podium ke-2 di Spanyol, Jerman, dan Belanda. Sedangkan di Prancis, Bagnaia finis P3. Pada sesi main race, Francesco Bagnaia menang di Portugal, Spanyol, Italia, dan Belanda. Pemuncak klasemen sementara ini juga finis P2 di Jerman.

Baca Juga: Rekap Lengkap 7 Klasemen Sementara Kelas MotoGP 2023, Siapa Teratas?

2. Jorge Martin (8 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Jorge Martin (motogp.com)

Pembalap tim Prima Pramac Racing unjuk kebolehan pada paruh pertama musim. Jorge Martin berhasil mendapatkan 8 podium. Untuk balapan sprint, ia menang di Prancis dan Jerman, finis P2 di Portugal dan finis P3 di Amerika dan Italia. Saat sesi main race, Martin menang di Jerman dan finis P2 di Prancis dan Italia.

3. Marco Bezzecchi (7 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Marco Bezzecchi (motogp.com)

Marco Bezzecchi unjuk gigi di banyak seri Grand Prix. Pembalap tim Mooney VR46 Racing Team ini sudah mengoleksi 7 podium. Bezzecchi menang balapan sprint di Belanda dan rebut P2 di Argentina dan Italia. Pada main race, murid Valentino Rossi ini bisa menang di Argentina dan Prancis. Ia pun rebut P2 di Belanda dan P3 di Portugal.

4. Johann Zarco (4 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Johann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco membuktikan dirinya masih kompetitif. Pembalap tim Prima Pramac Racing ini mampu merebut 4 podium main race. Zarco finis P2 di Argentina serta finis P3 di Prancis, Italia, dan Jerman.

5. Brad Binder (4 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Brad Binder (motogp.com)

KTM terbukti mampu bersaing di barisan depan. Pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing meraih beberapa podium, baik di sprint maupun main race. Brad Binder menang balapan sprint di Argentina dan Spanyol, serta raih P2 di Prancis. Untuk main race, Binder rebut P2 di Spanyol.

Baca Juga: 5 Pembalap MotoGP yang Menang pada Paruh Pertama 2023, Dominan!

6. Jack Miller (3 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Jack Miller (motogp.com)

Pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing lainnya, Jack Miller, juga meraih beberapa podium. Miller finis P3 saat balapan sprint di Spanyol dan Jerman. Saat main race di Spanyol, Miller juga finis P3.

7. Alex Rins (2 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Alex Rins (motogp.com)

Performa Honda terkatrol oleh Alex Rins. Pembalap satelit tim LCR Honda ini membuat kejutan dengan merebut kemenangan saat main race di MotoGP Amerika. Pada balapan sprint di seri yang sama, Rins juga finis P2.

8. Luca Marini (2 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Luca Marini (motogp.com)

Luca Marini finis P3 di balapan sprint seri Argentina. Ia pun finis P2 saat beraksi di main race seri Amerika. Itu adalah podium pertama bagi pembalap tim Mooney VR46 Racing Team ini.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Tak Berlibur saat Jeda Musim Panas MotoGP 2023

9. Fabio Quartararo (2 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Fabio Quartararo (motogp.com)

Sudah melakoni delapan seri Grand Prix, Fabio Quartararo baru meraih 1 podium sprint dan 1 podium main race. Pembalap andalan tim Monster Energy Yamaha ini finis P3 di main race seri Amerika dan finis P3 di balapan sprint seri Belanda. Perjuangan El Diablo merebut gelar terlihat sangat sulit.

10. Maverick Vinales (1 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Maverick Vinales (motogp.com)

Tak seperti musim lalu, performa tim Aprilia Racing musim ini biasa saja. Maverick Vinales hanya bisa merebut satu podium main race di MotoGP Portugal. Kala itu, ia finis P2.

11. Aleix Espargaro (1 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Aleix Espargaro (motogp.com)

Performa Aleix Espargaro juga menurun. Kapten di tim Aprilia Racing ini baru merebut satu podium ke-3 saat main race di MotoGP Belanda. Itu pun lantaran Brad Binder melakukan blunder di putaran akhir sehingga harus turun satu posisi.

12. Alex Marquez (1 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Alex Marquez (motogp.com)

Sebagai pembalap anyar di tim Gresini Racing, Alex Marquez sudah mempersembahkan satu podium. Pembalap bernomor 73 ini finis P3 saat main race di Argentina. Pencapaian yang cukup menggembirakan karena ini adalah musim pertamanya menggeber Ducati Desmosedici.

13. Marc Marquez (1 podium)

13 Pembalap MotoGP yang Naik Podium pada Paruh Pertama Musim 2023potret Marc Marquez (motogp.com)

Musim 2023 jadi musim tersulit dalam karier balap Marc Marquez. Bagaimana tidak, usai delapan seri Grand Prix, Marquez belum pernah finis di main race MotoGP. Podium dan poin yang ia dapatkan hanya dari balapan sprint. Hasil terbaiknya adalah finis P3 di sesi sprint seri Portugal.

Seri MotoGP berikutnya akan digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 4—6 Agustus 2023. Usai liburan tengah musim, pembalap bakal tampil prima di atas lintasan. Siapakah nantinya yang akan merebut atau menambah raihan podium di sprint dan main race?

Baca Juga: Sprint Race MotoGP 2023 Mulai Diprotes, Beratkan Pembalap?

Ryan Budiman Photo Verified Writer Ryan Budiman

Hola... jadipunya.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya