Performa Pedro Acosta saat Tes Pramusim di Sepang Menuai Pujian

Debutan satu-satunya di MotoGP 2024

MotoGP 2024 menjadi musim perdana Pedro Acosta berkiprah di kelas utama. Ia menjadi satu-satunya pembalap berstatus debutan setelah merengkuh gelar juara Moto2 2023. Acosta berada di skuad GASGAS Tech3 bersama Augusto Fernandez.

Kehadiran Acosta di kelas MotoGP menarik perhatian banyak pihak, termasuk para pembalap yang bersaing di kejuaraan. Penampilan Acosta sepanjang tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, menuai pujian. Lantas, seperti apa tanggapan sejumlah pembalap perihal performa Acosta di atas motor RC16?

1. Pedro Acosta tampil oke saat tes pramusim di Sirkuit Sepang

Performa Pedro Acosta saat Tes Pramusim di Sepang Menuai PujianPedro Acosta saat menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Sepang, Malaysia. (twitter.com/37_pedroacosta)

Pedro Acosta tampil mengesankan saat tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 6–8 Februari 2024. Ia berhasil mencatatkan namanya di posisi kedua pada hari pertama tes pramusim di Sepang dengan torehan waktu 1 menit 58,220 detik. Acosta juga konsisten masuk sepuluh besar dalam catatan waktu tes pada hari kedua serta ketiga.

Jika membandingkan catatan waktu antara hari pertama, kedua, dan ketiga tes pramusim di Sepang, Acosta mampu membukukan waktu lebih cepat pada hari ketiga. Pembalap bernomor motor 31 itu berhasil mengukir catatan waktu 1 menit 57,365 detik. Itu membuat Acosta menutup tes pramusim Sepang dengan bercokol di posisi kesembilan.

2. Aleix Espargaro menilai Pedro Acosta sebagai pembalap bertalenta

Performa mengesankan Pedro Acosta mendapat penilaian dari sesama pembalap MotoGP. Aleix Espargaro menyebut Acosta sebagai pembalap bertalenta luar biasa. Aleix Espargaro mendasari penilaiannya dengan melihat penampilan Acosta ketika sama-sama berada di atas lintasan.

"Sejak tiba di kejuaraan, dia (Acosta) telah melakukan hal-hal luar biasa. Itu menjadi ketiga kalinya di Sepang dan kedua kalinya di MotoGP. Ia tentu telah berkendara untuk waktu yang lama.

Saat Anda melihatnya berada di lintasan, aku berkendara bersamanya selama beberapa lap. Anda bisa melihat garis balap yang ia ambil. Itu bukan garis pemula. Sungguh luar biasa cepatnya ia belajar. Ia menjadi salah satu yang harus diperhatikan selama MotoGP 2024,” kata Aleix Espargaro dilansir Crash.

Baca Juga: Pedro Acosta, Wonderkid yang Bisa Rusak Perburuan Gelar MotoGP

3. Selain Aleix Espargaro, Marc Marquez juga memberi pujian kepada Pedro Acosta

Performa Pedro Acosta saat Tes Pramusim di Sepang Menuai PujianPedro Acosta saat menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Sepang, Malaysia. (twitter.com/37_pedroacosta)

Tak hanya Aleix Espargaro, Marc Marquez juga ikut memuji Pedro Acosta. Pembalap Gresini Racing itu memprediksi Acosta berpeluang untuk segera bertarung dalam kontestasi gelar juara MotoGP. Marc Marquez menilai Acosta sebagai pembalap yang cepat dan punya mentalitas bagus dalam menghadapi ketatnya persaingan di kejuaraan.

“Pedro Acosta sangat cepat. Dia mengalami insiden, tetapi itulah cara untuk belajar. Dia menyerang. Ini adalah mentalitas yang baik. Aku akan selalu mempertahankan mentalitas seperti itu.

Mungkin perlu waktu lebih banyak atau lebih sedikit. Namun, cepat atau lambat, dia akan bertarung untuk meraih gelar juara,” jelas Marc Marquez dikutip Crash.

4. Prestasi yang diukir Pedro Acosta sebelum debut di kelas MotoGP

Performa Pedro Acosta saat Tes Pramusim di Sepang Menuai Pujianpembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (twitter.com/MotoGP)

Penampilan mengesankan Pedro Acosta tak hanya terjadi saat tes pramusim di Sepang. Jauh sebelum itu, performa Acosta sudah mendapat sorotan sejak dirinya berkompetisi di Moto3 dan Moto2. Apalagi, Acosta mampu merengkuh gelar juara dalam dua kelas balap tersebut.

Acosta berhasil merengkuh gelar juara Moto3 pada 2021 yang menjadi musim debutnya di kelas tersebut. Selepas itu, pembalap yang kini berusia 19 tahun itu naik ke Moto2 pada 2022. Meski tak menjadi juara pada tahun debutnya di kelas intermediate, Acosta mampu merengkuh gelar Rookie of the Year usai mengumpulkan 177 poin. Acosta menuai hasil cemerlang pada 2023 dengan menjadi kampiun Moto2.

Persaingan di kelas MotoGP yang kian sengit tentu memberi tekanan untuk Pedro Acosta. Meski begitu, ia bertekad menampilkan performa terbaik bersama GASGAS Tech3. Menarik untuk menantikan perjalanan Acosta sepanjang musim 2024 di MotoGP.

Baca Juga: Perkasanya Pedro Acosta, selama 3 Tahun Rebut 2 Gelar Juara Dunia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya