Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGP

Skuad Petronas di kelas Moto2 dan Moto3 bakal ditutup!

Kabar kurang baik datang dari Petronas. Perusahaan migas asal Malaysia itu dikabarkan mundur dari status mereka sebagai sponsor utama tim SRT MotoGP. Hal ini berimbas pula pada skuad di kelas Moto2 dan Moto3 yang bakal terancam dibubarkan.

1. Petronas berencana mundur sebagai sponsor utama SRT, skuad Moto2 dan Moto3 jadi korban

Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGPGarrett Gerloff saat akan keluar dari garasi Petronas pada GP Belanda (motogp.com)

Dilansir motorsport.com, Petronas berencana untuk mundur dari kerja sama mereka dengan SRT dalam hal sebagai sponsor utama. Adapun tim pada kelas Moto2 dan Moto3 yakni Petronas Sprinta Racing akan  jadi korban sebab bakal ditutup.

Penutupan skuad di dua kelas tersebut sebagai upaya Petronas mengamankan proyek mereka di MotoGP. Di sisi lain, Yamaha dan SRT diyakini telah melakukan renegosiasi kesepakatan dengan Yamaha menawarkan YZR-M1 ‘Spesifikasi B’. Motor tersebut merupakan motor untuk tim satelit yang bakal dipakai pada 2022 mendatang.

2. Tim Petronas Moto2 dan Moto3 bakal ditutup, John McPhee dan Jake Dixon dalam posisi genting

Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGPPembalap Petronas Sprinta Racing Jake Dixon (motogp.com)

Adanya isu penutupan tim Petronas untuk kelas Moto2 dan Moto3 membuat John McPhee dan Jake Dixon dalam posisi genting. Kedua pembalap tersebut merupakan bagian dari tim Petronas dari dua kelas tersebut.

John McPhee yang kini berada di tim Petronas pada kelas Moto3 belum promosi ke skuad Moto2 meski ada ketentuan kontrak. Ditambah lagi dengan kepala krunya, Mark Woodage, yang dipindah untuk berada di garasi Dixon pada musim ini di GP Jerman.

Sementara itu, Jake Dixon yang berlaga di kelas Moto2 juga sedang berada di persimpangan jalan. Ia berulang kali diberi saran bertahan di kelas Moto2 untuk musim 2022 atau mengantre untuk posisi yang masih lowong di kelas MotoGP.

Baca Juga: 5 Pembalap yang Berpotensi Gantikan Valentino Rossi di Petronas SRT

3. SRT MotoGP cari pembalap untuk arungi kelas utama di musim 2022

Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGPFranco Morbidelli pada GP Spanyol (motogp.com)

Di lain pihak, SRT masih dipusingkan dengan line-up pembalap untuk musim depan di kelas utama MotoGP. Hal ini menyusul pengumuman pensiun Valentino Rossi serta Maverick Vinales yang tinggalkan Yamaha pada akhir musim 2021.

Jika rencana ‘promosi’ Franco Morbidelli ke tim utama Yamaha terjadi, maka ada dua posisi kosong di tim SRT. Sejatinya SRT sudah mengincar Raul Fernandez, tapi KTM langsung mengikat pembalap asal Spanyol. Raul Fernandez dipromosikan ke kelas utama untuk perkuat Tech3 KTM.

Marco Bezzecchi yang notabene anak didik Valentino Rossi juga masuk radar SRT. Tapi, kemungkinan rencana menggaet pembalap asal Italia itu gagal sebab Bezzecchi disinyalir bakal perkuat VR46 Ducati bersama Luca Marini.

4. Tak hanya pusing cari pembalap, SRT juga harus cari sponsor utama baru

Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGPFranco Morbidelli saat keluar garasi tim pada GP Doha (motogp.com)

Selain mencari pembalap, SRT pun masih dipusingkan dengan mencari sponsor utama baru bila Petronas benar-benar mundur dari status tersebut. Dilansir Bike Sport News, Petronas SRT telah dihubungi untuk menanggapi isu yang muncul, tetapi belum mau memberi respons.

Namun, berdasarkan sumber dari pihak di dalam tim menyebut jika skuad Moto2 dan Moto3 akan dihentikan pada akhir musim ini, kecuali jika ada sponsor utama baru yang masuk gantikan Petronas. Selain itu, ada kemungkinan beberapa staf akan diboyong ke tim SRT di kelas utama MotoGP.

5. Kilas balik perjalanan Sepang Racing Team di MotoGP  

Petronas Dikabarkan Mundur dari Sponsor Utama SRT MotoGPJohn McPhee pada GP Belanda (motogp.com)

Sedikit kilas balik, Sepang Racing Team pertama kali debut di ajang MotoGP pada 2014 sliam. Ketika itu, tim masih bernama AirAsia Caterham Moto Racing dan berlaga di kelas Moto2. 

Barulah pada musim 2015 SRT ‘benar-benar’ debut dengan memakai nama SIC atau Sepang International Circuit Racing. SIC Racing pada saat itu berkompetisi di kelas Moto3.

Pada 2018 SRT berekspansi ke kelas Moto2 sebelum akhirnya pada 2019 melebarkan sayap ke kelas ‘para raja’ MotoGP. Tak hanya itu, SRT juga memperluas jangkauan ke MotoE pada 2019 hingga saat ini. Untuk tim di MotoE, SRT memiliki nama WithU Motorsport.

Baca Juga: MotoGP: Performa Belum Oke, Rossi Masih Dapat Dukungan Petronas SRT

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya