Prediksi Livio Suppo Soal Masa Depan Marc Marquez Selepas MotoGP 2024

Kontrak Marc Marquez di Gresini Racing hanya semusim

MotoGP 2024 menandai babak baru untuk Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol itu akan bersaing di kejuaraan dengan memperkuat Gresini Racing. Sebelumnya, Marc Marquez menghabiskan 11 musim bersama Repsol Honda di kelas utama MotoGP.

Kontrak Marc Marquez di Gresini Racing hanya berlangsung hingga akhir 2024. Situasi ini memicu spekulasi tentang masa depan kakak kandung Alex Marquez itu selepas MotoGP 2024. Mantan manajer tim Suzuki Ecstar, Livio Suppo, memberikan prediksi terkait tim berikutnya yang akan diperkuat Marc Marquez.

Lantas, seperti apa pandangan Suppo perihal tim yang berpotensi akan dibela Marc Marquez pada 2025? Simak ulasannya berikut ini!

1. Livio Suppo memprediksi bursa pembalap MotoGP 2025 berlangsung sengit

Prediksi Livio Suppo Soal Masa Depan Marc Marquez Selepas MotoGP 2024salah satu momen saat main race MotoGP Valencia 2023 (motogp.com)

Marc Marquez menjadi salah satu pembalap di MotoGP yang memiliki kontrak hingga pengujung 2024. Hal tersebut membuka peluang bagi pemilik enam gelar juara kelas utama itu untuk pindah ke tim lain. Kehadiran Marc Marquez dalam bursa pembalap MotoGP 2025 dipercaya menambah sengit persaingan dalam mengamankan kursi balap.

Livio Suppo melihat para pembalap Ducati ingin mempertahankan posisi mereka di tim. Akan tetapi, pabrikan lain seperti KTM dan Aprilia juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu, Honda dan Yamaha masih memiliki daya tarik jika mereka bisa bangkit pada 2024.

"Aku berasumsi bahwa pertarungan di bursa pembalap akan segera dimulai. Motor mereka adalah yang terbaik sehingga semua pembalap Ducati ingin bertahan di sana untuk saat ini. Namun, KTM dan Aprilia akan melanjutkan pertumbuhan mereka.

Konsesi yang dimiliki Honda dan Yamaha seharusnya memberi mereka potensi lebih besar. Jika mereka menggunakannya dengan bijak, mereka bisa menutup jarak secara signifikan pada pertengahan musim. Bursa pembalap akan terlihat sangat berbeda," papar Suppo dilansir Speedweek.

Baca Juga: Misteri Senyum Marquez di Valencia Akhirnya Terjawab

2. Marc Marquez masih punya kans memperkuat tim utama Ducati pada 2025

Prediksi Livio Suppo Soal Masa Depan Marc Marquez Selepas MotoGP 2024Marc Marquez saat menjalani tes di Valencia. (instagram.com/estrellagalicia00)

Kontrak semusim memberikan keleluasaan Marc Marquez mengamati performa pabrikan di MotoGP. Ia bisa tetap berada di Ducati atau beralih ke pabrikan lain. Jika tetap di Ducati, Marc Marquez memiliki peluang dipromosikan ke tim utama pabrikan asal Italia tersebut.

Suppo menilai Ducati bisa mengambil pilihan menduetkan Marc Marquez dengan Francesco Bagnaia guna membentuk tim yang kuat. Jika itu terjadi, maka Bagnaia tak bisa berbuat banyak. Sebab, keputusan pemilihan pembalap bukan berada di tangannya, melainkan Ducati.

Selain itu, Suppo memprediksi pertarungan untuk kursi balap kedua di tim utama Ducati akan berlangsung sengit. Selain Marc Marquez, Jorge Martin juga memiliki kans menjadi rekan setim Bagnaia. Apalagi, Martin sudah mewanti-wanti akan pergi dari Ducati selepas MotoGP 2024 jika tak mendapat tempat di tim utama.

"Aku pikir Bagnaia tak berhak menentukan rekan setim karena tidak alasan untuk tidak mengontrak seorang pembalap, kecuali ada hubungan yang benar-benar buruk di antara kedua pembalap. Jika tak ada masalah karakter, maka seorang pembalap tak bisa mengeluhkan tentang siapa yang digaet tim hanya karena dia berpikir mereka (pembalap lain) mungkin lebih cepat darinya. Tiap pabrikan harus mencoba untuk memiliki tim terkuat," jelas Suppo dikutip Crash.

3. Livio Suppo tak mengesampingkan peluang Marc Marquez kembali ke Repsol Honda

Prediksi Livio Suppo Soal Masa Depan Marc Marquez Selepas MotoGP 2024Marc Marquez setelah menjalani sprint race GP Valencia 2023. (motogp.hondaracingcorporation.com)

Livio Suppo tak memungkiri Marc Marquez bisa saja kembali memperkuat Repsol Honda pada 2025. Apalagi, perpisahan antara kedua pihak terjadi secara baik-baik. Selain itu, sejumlah orang yang pernah bekerja dengan Marc Marquez masih berada di Repsol Honda, termasuk Santi Hernandez yang gagal diboyong ke Gresini Racing. 

"Perpisahan dilakukan dengan cara yang sangat bersahabat. Semua, kecuali satu karyawannya, tetap bekerja di Honda Racing Corporation. Kami tahu betapa dekat hubungannya dengan mereka," pungkas Suppo dilansir Speedweek.

Pandangan Livio Suppo tentang masa depan Marc Marquez memang masih sebatas prediksi. Segala kemungkinan bisa terjadi saat bursa pembalap MotoGP 2025 berlangsung. Terlepas dari itu, menarik untuk menantikan kiprah Marc Marquez bersama Gresini Racing pada musim ini. Akankah Marc Marquez mendapat prestasi gemilang saat memacu Desmosedici GP23?

Baca Juga: Marc Marquez Sebut Kontroversi Hal Bagus untuk MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya