Comscore Tracker

Fabio Quartararo Minta Maaf atas Insiden pada GP Belanda

Akui kesalahan yang dilakukan saat balapan berlangsung

Fabio Quartararo harus menelan hasil buruk pada GP Belanda. Pembalap Monster Energy Yamaha tersebut mengalami insiden dua kali saat balapan. Alhasil, Quartararo pulang dari Assen dengan tangan hampa.

Selepas balapan, Quartararo meminta maaf atas blunder yang dilakukannya. Bahkan, ia sampai menghampiri garasi Aprilia untuk berbincang langsung kepada Aleix Espargaro yang terlibat insiden dengannya.

1. Quartararo alami insiden dua kali, salah satunya melibatkan Aleix Espargaro

Quartararo mengalami insiden pertama pada lap kelima. Ketika itu ia berusaha menyalip Aleix Espargaro di tikungan 5 untuk merebut posisi kedua. Akan tetapi, dirinya terjatuh dan motornya menyenggol Aleix Espargaro yang berada di sisi kanannya.

El Diablo masih bisa bangkit selepas insiden tersebut. Sempat masuk ke pit, Quartararo kembali melanjutkan balapan sebelum kembali mengalami insiden pada lap 13. Pembalap berkebangsaan Prancis itu mengalami highside di tikungan yang sama seperti insiden pertama.

2. Insiden kedua menyebabkan Quartararo harus merasakan DNF pertama pada musim ini

Fabio Quartararo Minta Maaf atas Insiden pada GP BelandaFabio Quartararo mengalami highside pada balapan GP Belanda 2022. (twitter.com/crash_motogp)

Akibat insiden highside tersebut, Quartararo harus menyudahi balapan lebih awal. Ini menjadi DNF (did not finish) pertama El Diablo pada musim 2022 ini. Nasib kurang baik pada GP Belanda juga memengaruhi jarak poin dirinya di klasemen sementara. Quartararo memang masih memimpin dengan perolehan 172 poin. Akan tetapi, keunggulannya terpangkas menjadi 21 poin dari Aleix Espargaro.

Tak hanya itu, Quartararo juga harus menerima hukuman atas insiden yang melibatkan dirinya dengan Aleix Espargaro. Ia dijatuhi long lap penalty saat balapan GP Inggris pada 7 Agustus 2022 mendatang.

Baca Juga: Quartararo Terjatuh 2 Kali, Bagnaia Kuasai MotoGP Belanda

3. Quartararo sebut insiden yang melibatkan Aleix Espargaro sebagai kesalahan pemula

Fabio Quartararo Minta Maaf atas Insiden pada GP BelandaFabio Quartararo dan Aleix Espargaro terlibat insiden pada GP Belanda 2022. (twitter.com/MotoGP)

Dalam sebuah wawancara, El Diablo menjelaskan mengapa insiden pada lap 5 bisa terjadi. Ia pun menyebut kesalahan tersebut sebagai kesalahan pemula dan tak seharusnya dilakukan olehnya.

"Aku ingin menyerang terlalu banyak pada awalnya. Anda bisa belajar dari kesalahan ini. Itu benar-benar kesalahan yang bodoh. Aku punya kecepatan yang sangat bagus dan bisa bertarung untuk meraih kemenangan," sesal Quartararo dilansir Motorsport Total.

4. Aleix Espargaro menerima permohonan maaf dari Quartararo

Fabio Quartararo Minta Maaf atas Insiden pada GP BelandaFabio Quartararo dan Aleix Espargaro berbincang usai balapan GP Belanda 2022. (motogp.com)

Selepas balapan, Quartararo langsung menghampiri Aleix Espargaro untuk meminta maaf. Keduanya tampak berbincang di garasi Aprilia dan tak ada suasana tegang di antara keduanya. Aleix Espargaro menerima permohonan maaf dari pembalap bernomor motor 20 tersebut.

"Dia minta maaf kepadaku karena dia membuat kesalahan. Dia bukan seorang pembalap yang kotor. Aku sangat kuat di sana dan dia tahu itu. Dia mencoba melakukan manuver karena dia punya perasaan yang sangat baik pada motornya. Dia juga bisa menutup lajur dengan baik. Kami juga mengalami itu di Jerman di tikungan 1," kata Aleix.

5. Quartararo jelaskan alasan tetap melanjutkan balapan selepas insiden pertama

Quartararo juga menjelaskan mengapa dia kembali melanjutkan balapan setelah insiden pertama terjadi. Ia mengaku keputusan untuk kembali menuntaskan balapan adalah pilihan yang diambil oleh tim.

"Aku tak tahu. Pada dasarnya, aku satu lap di belakang pembalap lain di trek. Tim lalu mengirimku kembali ke trek, mungkin karena akan turun hujan. Itu bukan keputusanku.

Kemudian, aku menekan lagi. Kami masih memeriksa motor itu, tapi aku yakin sensor kontrol traksinya rusak. Aku bisa menangkap insiden pertama, tapi ketika yang selanjutnya datang aku tak punya kesempatan. Aku merasa kalah karena bahuku sakit," ungkap El Diablo dikutip Speedweek.

 

GP Belanda menjadi momen yang ingin segera dilupakan Quartararo. Dengan adanya summer break selama sebulan, El Diablo bisa menata kembali fokusnya untuk menyongsong seri balap tersisa di musim ini.

Baca Juga: Terlibat Insiden di Assen, Quartararo: Itu Kesalahan Saya

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya