Rencana Max Verstappen Usai Menyamai Rekor Kemenangan Ayrton Senna

Max Verstappen kini mengantongi 41 kemenangan

Max Verstappen menorehkan hasil mengesankan saat balapan di GP Kanada pada 16–18 Juni 2023 lalu. Pembalap Red Bull itu tak hanya meraih pole position, tetapi juga mampu menuntaskan balapan sebagai pemenang. Verstappen berhasil finis di depan Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.

Keberhasilan Max Verstappen di GP Kanada terasa istimewa. Sebab, ia menyamai rekor kemenangan legenda Formula 1, Ayrton Senna. Lantas, apa rencana Max Verstappen usai menyamai rekor kemenangan Ayrton Senna itu?

1. Max Verstappen punya 41 kemenangan, jumlahnya sama dengan Ayrton Senna

Rencana Max Verstappen Usai Menyamai Rekor Kemenangan Ayrton SennaMax Verstappen mengangkat trofi usai finis pertama di GP Kanada 2023. (formula1.com)

Finis terdepan di GP Kanada menjadi kemenangan ke-41 Max Verstappen sepanjang berkiprah di Formula 1. Jumlah kemenangan itu sama seperti milik Ayrton Senna yang bertahan sejak 1994. Terakhir kali Ayrton Senna memenangi balapan adalah GP Australia 1993.

Berdasarkan data StatsF1, Max Verstappen kini menempati posisi keenam dalam rekor jumlah kemenangan di F1. Ia unggul sembilan kemenangan dari Fernando Alonso yang berada di peringkat ketujuh. Sementara itu, Lewis Hamilton masih menduduki posisi teratas dengan koleksi 103 kemenangan.

2. Jumlah kemenangan Max Verstappen berpeluang bertambah pada seri berikutnya

Rencana Max Verstappen Usai Menyamai Rekor Kemenangan Ayrton SennaMax Verstappen berselebrasi usai finis pertama di GP Kanada 2023. (formula1.com)

Koleksi kemenangan Max Verstappen berpotensi bertambah pada seri berikutnya di Formula 1 2023. Apalagi, penampilannya yang bagus ditambah performa mengesankan RB19 saat ini menjadi kombinasi tak tergoyahkan dalam delapan seri F1 2023. Hal tersebut juga tecermin dari hasil balap yang ditorehkan Verstappen musim ini.

Selama 6 balapan Formula 1 2023, Max Verstappen sudah mengantongi 8 kemenangan bersama Red Bull. Hanya dua kali ia gagal finis terdepan ketika finis runner-up di GP Arab Saudi dan Azerbaijan. Oleh karena itu, menyalip rekor Ayrton Senna tinggal menunggu waktu.

Baca Juga: Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di Miami

3. Max Verstappen ingin terus meraih kemenangan di Formula 1

Rencana Max Verstappen Usai Menyamai Rekor Kemenangan Ayrton Sennapembalap Red Bull Max Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen mengaku tak pernah membayangkan bisa memenangi 41 balapan selama berkarier di ajang balap Formula 1. Ia juga merasa senang dapat menyamai rekor yang dimiliki Ayrton Senna. Meski begitu, Verstappen tak ingin cepat puas dan berharap dapat terus meraih kemenangan di kejuaraan.

“Dari sisiku, satu-satunya hal yang bisa aku katakan adalah ketika aku berkompetisi di gokart saat kecil, aku bermimpi tentang menjadi pembalap Formula 1. Aku tak pernah membayangkan memenangi 41 seri balap. Menyamai rekor Ayrton Senna tentunya adalah sesuatu yang luar biasa.

Aku bangga terhadap hal itu. Namun, tentu saja aku berharap tak berhenti sampai di sini. Aku berharap kami bisa terus memenangi lebih banyak balapan,” tegas Verstappen dilansir Racing News 365.

4. Red Bull juga meraih pencapaian spesial di GP Kanada 2023

Rencana Max Verstappen Usai Menyamai Rekor Kemenangan Ayrton SennaMax Verstappen berpelukan dengan kru Red Bull setelah finis pertama di GP Kanada 2023. (formula1.com)

Kemenangan di GP Kanada tak hanya terasa spesial untuk Max Verstappen. Sebab, Red Bull juga merayakan kemenangan ke-100 mereka di Formula 1 sejak pertama kali memulai kiprah pada 2005. Ini menjadikan Red Bull berada di posisi kelima dalam daftar tim yang memiliki jumlah kemenangan terbanyak di F1.

Red Bull berselisih 14 kemenangan dari Williams yang berada di posisi keempat. Sementara itu, Ferrari masih jadi tim dengan jumlah kemenangan terbanyak di kejuaraan. Tim berlogo kuda jingkrak itu sudah mengumpulkan 242 kemenangan. Hingga saat ini, Ferrari masih menjadi satu-satunya tim di Formula 1 yang meraih lebih dari 200 kemenangan.

Max Verstappen dan Red Bull punya peluang besar menambah rekor kemenangan mereka di Formula 1. Terlebih, F1 2023 masih menyisakan 14 seri balap. Bukan tidak mungkin Verstappen dan Red Bull muncul dengan rekor-rekor mengesankan dalam beberapa seri berikutnya.

Baca Juga: Max Verstappen Tampil Sempurna di Formula 1 GP Spanyol

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya