Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di Miami

Jagoan Red Bull makin tak terhentikan

Max Verstappen kembali menunjukkan keperkasaannya ketika mampu menjadi yang tercepat di GP Miami, Senin (8/5/2023). Pembalap Formula 1 asal Belanda tersebut mengasapi rekan setimnya, Sergio Perez, yang finis di posisi kedua.

Kemenangan di Miami, Florida, Amerika Serikat, membuat Verstappen menyamai rekor milik empat kali juara dunia, Sebastian Vettel. Lantas, rekor apa yang berhasil disamai Max Verstappen setelah memenangi GP Miami 2023?

1. Gagal mencatatkan waktu pada sesi kualifikasi setelah insiden yang dialami Charles Leclerc

Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di MiamiMax Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen sejatinya memulai balapan dari posisi yang kurang nyaman, yakni dari posisi kesembilan. Ia sempat mengalami masalah pada percobaan pertamanya pada sesi kualifikasi ketiga (Q3) sehingga gagal mencatatkan waktu.

Kemudian, ketika sesi kualifikasi akan berakhir, mobil Charles Leclerc menabrak dinding yang membuat sesi kualifikasi dihentikan. Verstappen yang belum sempat mencatatkan waktu harus rela start dari posisi kesembilan. Sementara itu, pole position diraih Sergio Perez.

2. Pemilihan ban yang tepat jadi kunci kemenangan Max Verstappen

Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di MiamiMax Verstappen, Sergio Perez, dan Fernando Alonso di atas podium GP Miami 2023. (twitter.com/F1)

Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi kesembilan memilih menggunakan ban hard pada awal balapan. Strategi tersebut ternyata berbuah manis. Pilihan ban itulah yang membuatnya bisa meraih kemenangan.

Meskipun dengan ban yang lebih keras, Verstappen mampu menduduki posisi kedua pada lap ke-15. Kemudian, pada lap ke-21, Sergio Perez yang menggunakan ban medium masuk ke pituntuk berganti ke ban hard.

Sementara itu, Verstappen baru melakukan pergantian ban ke medium 25 lap kemudian. Meskipun keluar di belakang Perez, dengan ban baru yang lebih segar, bukan hal sulit bagi Verstappen untuk kembali memimpin balapan hingga garis finis.

Baca Juga: Max Verstappen Finis Pertama di GP Miami, Sergio Perez Runner-up

3. Samai rekor milik Sebastian Vettel

Dengan kemenangannya di GP Miami 2023, Max Verstappen telah meraih 38 kemenangan bersama Red Bull. Catatan tersebut menyamai rekor milik empat kali juara dunia, Sebastian Vettel, yang membela Red Bull pada 2009—2014.

Dengan performanya yang sangat dominan musim ini, tinggal menunggu waktu bagi Verstappen untuk melampaui rekor pembalap Jerman tersebut. Verstappen juga masih akan bersama Red Bull setidaknya hingga 2028.

4. Sedikit menjauh dari kejaran Sergio Perez

Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di MiamiMax Verstappen dan Sergio Perez (formula1.com)

Podium pertama yang dirah Max Verstappen membuatnya sedikit menjauh dari kejaran Sergio Perez di tabel klasemen sementara. Verstappen masih berada di puncak dengan 119 poin, unggul 14 angka dari Perez.

Sebelumnya, kedua pembalap tersebut sempat berselisih enam poin setelah Perez menjuarai GP Azerbaijan. Meski unggul, Verstappen tak boleh jemawa karena Perez siap mengudeta Verstappen tiap saat.

5. Dominasi Red Bull belum terhentikan

Max Verstappen Sejajar dengan Vettel setelah Menang di MiamiRed Bull merayakan kemenangan Max Verstappen di GP Miami 2023. (formula1.com)

Dominasi Red Bull memang begitu terasa pada 2023. Dari lima balapan yang sudah digelar, semuanya berhasil disapu bersih Red Bull. Max Verstappen merebut 3 kemenangan sementara 2 sisanya diamankan Sergio Perez.

Tim lain juga belum ada yang mampu mengganggu keperkasaan dua pembalap Red Bull tersebut. Terbukti, Fernando Alonso yang finis ketiga di GP Miami berselisih hingga 26 detik dari Perez. Begitu juga Charles Leclerc yang berjarak 21 detik ketika finis ketiga di GP Azerbaijan.

Max Verstappen kian menunjukkan bahwa dirinya layak memakai nomor 1 di mobilnya. Dominasinya musim ini terbilang luar biasa. Tinggal menunggu waktu baginya untuk mengungguli rekor Sebastian Vettel.

Baca Juga: Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max Verstappen

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya