Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac Ducati

Franco Morbidelli kini belum mendapatkan tim untuk 2024

Nasib Franco Morbidelli masih jadi tanda tanya. Pasalnya, pembalap asal Italia itu belum mendapat kursi balap untuk musim MotoGP 2024. Tak ayal, Morbidelli dikaitkan dengan sejumlah tim yang masih memiliki posisi lowong.

Valentino Rossi ikut bersuara mengenai masa depan Franco Morbidelli yang masih abu-abu. Legenda MotoGP itu berharap pembalap jebolan akademinya itu bergabung ke Pramac Racing. Hal tersebut dinilai bisa menyelamatkan kariernya di MotoGP.

1. Franco Morbidelli tak bersama Monster Energy Yamaha selepas MotoGP 2023

Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac DucatiFranco Morbidelli saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (yamahamotogp.com)

Franco Morbidelli telah resmi tak memperkuat Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2024. Pengumuman itu disampaikan jelang GP Inggris yang digelar pada 4–6 Agustus 2023 lalu. Posisinya diisi oleh Alex Rins yang juga memutuskan angkat kaki dari LCR Honda.

Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri kebersamaan antara Morbidelli dan Yamaha yang sudah terjalin sejak 2019. Saat itu, Morbidelli memperkuat tim satelit Petronas Yamaha SRT. Ia berada di sana hingga pertengahan musim 2021.

Morbidelli kemudian naik ke tim utama setelah pulih dari cedera lutut. Ia mengisi kursi balap Monster Energy Yamaha yang kosong setelah Maverick Vinales terdepak dari tim. Morbidelli kembali menjadi tandem Fabio Quartararo setelah keduanya berada satu tim di Yamaha Petronas SRT.

Baca Juga: Cerita Franco Morbidelli Bersama Yamaha Berakhir Akhir 2023

2. Franco Morbidelli kesulitan tampil mengesankan di tim utama Yamaha

Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac DucatiFranco Morbidelli saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (yamahamotogp.com)

Selama memperkuat Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli kesulitan menampilkan performa terbaik. Prestasi terbaiknya adalah finis keempat saat main race GP Amerika 2023. Morbidelli juga finis di posisi serupa saat sprint race di Circuit of The Americas (COTA).

Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan apa yang ia lalui selama berada di Petronas Yamaha SRT. Meski pada 2019 hanya mampu bercokol di peringkat ke-10 klasemen pembalap, Morbidelli mampu bangkit pada musim keduanya bersama tim satelit Yamaha tersebut. Ia berhasil mempersembahkan 3 kemenangan dan menyudahi musim 2020 di posisi runner-up dalam perebutan gelar juara pembalap.

3. Valentino Rossi inginkan Franco Morbidelli bergabung ke Pramac Racing

Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac DucatiValentino Rossi [tengah] berada di garasi Mooney VR46 Racing Team saat GP Austria 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Franco Morbidelli kini sedang menanti kepastian masa depannya untuk masuk dalam daftar pembalap MotoGP 2024. Mooney VR46 Racing Team menjadi tim yang paling santer dikabarkan bakal menggaet Morbidelli. Isu itu tak terlalu mengejutkan mengingat ada sosok Valentino Rossi yang notabene pemilik tim sekaligus mentor Morbidelli di VR46 Academy.

Akan tetapi, Valentino Rossi justru mengharapkan Morbidelli berlabuh ke Pramac Racing. Apalagi, tim satelit Ducati itu juga ditinggal Johann Zarco pada akhir musim nanti. Dengan bergabung ke Pramac Racing, Morbidelli akan menunggangi motor Desmosedici GP24 yang juga dipakai oleh tim utama Ducati.

“Akan menjadi hal fantastis untuk Morbidelli pergi ke Pramac Racing. Dia juga akan menunggangi motor pabrikan. Itu akan menjadi kesempatan yang besar.

Morbidelli tampil bagus di Yamaha. Pada musim keduanya di sana, Morbidelli mengalahkan Fabio Quartararo dan menjadi runner-up di kejuaraan. Penundaan teknis Yamaha membuat mereka mengalami kerugian. Morbidelli bisa memenangkan balapan, jadi hal terbaik untuknya adalah memacu motor Ducati,” kata Rossi dilansir Crash.

4. Franco Morbidelli tanggapi komentar Valentino Rossi soal peluang bergabung ke Pramac Racing

Valentino Rossi Ingin Franco Morbidelli Bergabung ke Pramac DucatiFranco Morbidelli memakai kacamata jelang main race GP Belanda 2023. (yamahamotogp.com)

Franco Morbidelli yang diwawancara selepas balapan menanggapi pernyataan yang dilontarkan Valentino Rossi. Ia mengaku setuju dengan saran Rossi perihal nasibnya di MotoGP musim depan. Akan tetapi, pembalap berusia 28 tahun itu tak mau terburu-buru menyampaikan keputusannya kepada publik.

“Rossi mengatakan itu semua. Aku sepakat dengannya. Anda perlu untuk bersabar. Jadi, santai saja,” kata Morbidelli singkat.

Tak bisa dielakkan bahwa Pramac Racing menjadi tim yang diincar oleh sejumlah pembalap. Sebab, tim tersebut mendapat motor spesifikasi terbaru dari Ducati meski berstatus sebagai tim satelit. Tentu, kesempatan menunggangi motor Desmosedici GP24 tak ingin disia-siakan oleh pembalap mana pun, termasuk Morbidelli.

Jikalau Pramac Racing nantinya sudah diisi pembalap lain, maka opsi yang bisa diambil Morbidelli adalah merapat ke Gresini Racing. Itu bisa terjadi andai Fabio di Giannantonio terdepak dari tim tersebut. Menarik untuk mengamati ke tim mana Franco Morbidelli akan mendaratkan langkahnya untuk MotoGP 2024.

Baca Juga: Nama Valentino Rossi Seolah Abadi di Sirkuit Assen, Rekornya Awet!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya