Sergio Perez Ingin Tampil Lebih Konsisten di Formula 1 2024

Ambisi Perez meraih gelar juara belum padam

Sergio Perez menatap Formula 1 2024 dengan percaya diri. Ambisi meraih gelar juara belum hilang dalam diri pembalap asal Meksiko tersebut. Apalagi, Perez mampu berada di posisi kedua dalam klasemen pembalap musim 2023.

Meski begitu, Perez sadar kontestasi gelar juara musim ini berpotensi berlangsung sengit. Max Verstappen masih menjadi pembalap yang difavoritkan merengkuh gelar prestisius di kejuaraan. Untuk itu, Perez mempersiapkan diri demi performa terbaik di atas lintasan.

Lantas, apa yang dilakukan Sergio Perez menyongsong Formula 1 2024?

1. Pencapaian Sergio Perez saat menjalani Formula 1 2023

Sergio Perez Ingin Tampil Lebih Konsisten di Formula 1 2024Sergio Perez mengangkat trofi usai finis pertama di GP Arab Saudi 2023. (formula1.com)

Performa Sergio Perez di Formula 1 2023 tak bisa dipandang sepele. Ia berhasil merengkuh dua kemenangan di GP Arab Saudi dan Azerbaijan. Tak hanya itu, Perez juga mencatatkan dua pole position di GP Arab Saudi dan Miami.

Sayangnya, grafik kinerja Perez mengalami penurunan sejak GP Monako. Ia kesulitan menembus sesi kualifikasi ketiga (Q3) sehingga memengaruhi performa saat balapan. Perez membutuhkan waktu untuk bisa menembus barisan depan karena menduduki posisi start yang kurang baik. Alhasil, peluang finis sebagai pemenang, atau setidaknya naik podium, menjadi berkurang.

Walau demikian, Perez berhasil menutup musim 2023 sebagai runner-up di klasemen pembalap lewat koleksi 285 poin. Secara peringkat, Perez mengalami peningkatan dibandingkan pada 2022. Saat itu, pembalap bernomor mobil 11 itu bertengger di peringkat ketiga. Akan tetapi, perolehan poin Perez mengalami penurunan karena mampu meraup 305 poin pada 2022.

Baca Juga: Christian Horner Ingin Sergio Perez Tampil Oke di Formula 1 2024

2. Sergio Perez tak mau mengulangi kesalahan seperti saat Formula 1 2023

Sergio Perez Ingin Tampil Lebih Konsisten di Formula 1 2024Sergio Perez saat menjalani pekan balap GP Qatar 2023. (formula1.com)

Sergio Perez tentu tak ingin mengulangi kesalahan seperti pada 2023. Ia ingin lebih performa yang konsisten saat mengarungi Formula 1 2024. Untuk itu, Perez memanfaatkan jeda kompetisi guna menyiapkan diri agar target merengkuh gelar juara dapat terwujud.

"Itulah target utamanya untukku karena aku sudah finis sebagai runner-up. Ketertarikanku adalah melakukan yang lebih baik. Aku sadar terhadap tantangan yang ada. Kami harus benar-benar memanfaatkan musim dingin ini untuk mencoba memulai musim dengan baik dan bisa menjaga level konsistensi sepanjang musim," kata Perez dilansir Racing News 365.

3. Sergio Perez belajar dari Max Verstappen demi hasil lebih baik di Formula 1 2024

Sergio Perez Ingin Tampil Lebih Konsisten di Formula 1 2024Sergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Sergio Perez memahami salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja saat balapan adalah belajar dari rival. Max Verstappen adalah salah satu sosok yang dijadikan Perez sebagai sumber pembelajaran. Perez yakin ada banyak hal yang bisa diamati dari Verstappen untuk peningkatan performa saat pekan balap digelar. Dengan begitu, Perez bisa memanfaatkannya sehingga dapat memberi perlawanan kepada Verstappen. 

"Tentunya ada banyak hal yang bisa Anda pelajari dari Verstappen. Aku jelas memiliki referensi terbaik karena dia satu-satunya yang sangat kompetitif. Jadi, aku pikir tak ada salahnya melihat apa yang dia lakukan, bagaimana dia mengerjakannya, mencoba mempelajari, dan meningkatkannya.

Anda bisa lihat apa yang berhasil untuk Anda dan apa yang dilakukan secara berbeda terhadap Anda. Aku selalu memiliki pendekatan sangat terbuka dan aku pikir itu sesuatu yang bekerja dengan baik," jelas Perez dikutip Racing News 365.

Penampilan konsisten di Formula 1 2024 menjadi hal yang dikejar Sergio Perez. Sebab, itu dapat menjadi bukti bahwa dirinya masih kompetitif untuk berada di kejuaraan. Selain itu, performa impresif juga membuka peluang Perez mendapat perpanjangan kontrak dari Red Bull.

Perez saat ini memiliki kontrak dengan Red Bull hingga pengujung 2024. Kinerja mengesankan pada musim ini dapat menjadi pertimbangan Red Bull untuk menyodorkan perpanjangan kontrak kepada pembalap berusia 33 tahun tersebut. Akankah Perez merealisasikan performa yang konsisten sepanjang 2024? Kita nantikan saja!

Baca Juga: Sergio Perez Kesulitan Imbangi Performa Max Verstappen di F1 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya