Sergio Perez Terima Permintaan Maaf Helmut Marko secara Langsung

Helmut Marko sempat lontarkan pernyataan kontroversial

Helmut Marko menjadi bahan perbincangan dalam beberapa waktu terakhir. Hal itu terkait pernyataan kontroversial yang disampaikan Marko selepas Formula 1 2023 GP Italia. Penasihat Red Bull itu mengaitkan performa Sergio Perez musim ini dengan asal-usul dari pembalap yang bersangkutan.

Jelang bergulirnya GP Singapura pada 15–17 September 2023, Sergio Perez mengatakan bahwa dirinya sudah bertemu dengan Helmut Marko. Dalam kesempatan itu, Marko menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Perez. Pembalap asal Meksiko itu menerima hal tersebut dan mengaku tak tersinggung oleh pernyataan Marko.

1. Helmut Marko melontarkan pernyataan kontroversial terhadap Sergio Perez

Sergio Perez Terima Permintaan Maaf Helmut Marko secara LangsungPenasihat Red Bull, Helmut Marko (twitter.com/redbulletin)

Helmut Marko melontarkan pernyataan yang menyulut perdebatan setelah berakhirnya GP Italia. Dalam sebuah wawancara di Servus TV, stasiun televisi milik Red Bull, Marko menjabarkan perbandingan performa Max Verstappen dan Sergio Perez. Marko menyebut kesulitan yang dialami Perez musim ini berasal dari asal-usul pembalap bernomor mobil 11 tersebut.

“Kami tahu bahwa dia punya masalah saat kualifikasi. Dia mengalami fluktuasi dalam hal performa. Dia adalah seorang dari Amerika Selatan dan pikirannya tidak sepenuhnya fokus seperti Max Verstappen atau Sebastian Vettel,” kata Marko dilansir F1i.

Pernyataan Marko memicu gelombang protes di media sosial. Pasalnya, Marko dinilai mengaitkan performa Perez dengan hal-hal yang tidak berhubungan langsung dengan teknis balapan. Selain itu, Marko juga salah menyebut letak asal negara Perez karena Meksiko merupakan salah satu negara di Amerika Utara.

2. Helmut Marko sudah sampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Sergio Perez

Sergio Perez Terima Permintaan Maaf Helmut Marko secara LangsungSergio Perez [kiri] dan Helmut Marko (id.motorsport.com)

Kritikan yang terus mengalir membuat Helmut Marko bereaksi. Pria berusia 80 tahun itu melayangkan permohonan maaf kepada Sergio Perez. Marko juga melakukan percakapan pribadi dengan Perez untuk menyampaikan kesalahannya secara langsung. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Perez baru-baru ini.

“Aku melakukan percakapan pribadi dengannya. Dia meminta maaf dan bagiku itu adalah hal penting. Pada dasarnya, kami sudah move on. Aku punya hubungan personal dengannya. Aku pikir Anda selalu bisa memiliki perasaan itu saat Anda melihat hal-hal semacam itu,” kata Perez dilansir F1i.

3. Sergio Perez mengaku dirinya tak tersinggung oleh pernyataan Helmut Marko

Sergio Perez Terima Permintaan Maaf Helmut Marko secara Langsungpembalap Red Bull. Sergio Perez (formula1.com)

Sergio Perez menyebut bahwa Helmut Marko tak ada niatan melontarkan komentar yang menyinggung. Pembalap berusia 33 tahun itu juga mengaku tak terlalu tersinggung oleh perkataan Marko. Perez berujar bahwa memiliki hubungan pribadi membuat dirinya paham karakter Marko.

“Dia tak bermaksud seperti itu dan aku pribadi tidak tersinggung sama sekali. Katakanlah, jika komentar itu berasal dari perspektif berbeda atau sebagainya, aku akan menganggapnya berbeda. Namun, bagiku seperti itulah keadaannya dan aku tidak menganggapnya secara pribadi.

Saat Anda membacanya secara terpisah, itu bisa menjadi sangat tidak sopan. Namun, seperti yang aku bilang, aku tahu Marko dan punya hubungan pribadi itu yang membantuku memahaminya. Dia memberikanku permintaan maaf secara personal,” jelas Perez dikutip GP Fans.

4. Helmut Marko sampaikan permintaan maaf secara terbuka

Sergio Perez Terima Permintaan Maaf Helmut Marko secara LangsungHelmut Marko [kiri] dan Sergio Perez (formula1.com)

Tak hanya secara personal, Helmut Marko juga menyampaikan permintaan maaf secara terbuka berkaitan dengan komentar terhadap Sergio Perez. Ia menyebut bahwa mengaitkan performa balapan dengan asal-usul seorang pembalap bukanlah hal yang tepat. Marko juga menegaskan bahwa dirinya saat itu berusaha menjelaskan seperti apa performa Perez sepanjang musim 2023.

“Aku ingin meminta maaf atas pernyataanku yang menyinggung. Aku ingin memperjelas bahwa aku tidak yakin kita bisa menggeneralisasi tentang orang-orang dari negara, ras, dan etnis apa pun. Aku mencoba untuk menjelaskan bahwa Perez mengalami fluktuasi dalam performanya tahun ini. Akan tetapi, itu hal yang salah untuk mengaitkannya dengan warisan budayanya,” kata Marko.

Sergio Perez kini sedang berusaha mempertahankan posisi kedua di klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 219 poin dari 14 seri balap Formula 1 2023. Perez unggul 49 poin dari Fernando Alonso yang bertengger di posisi ketiga.

Baca Juga: Pandangan Helmut Marko soal Dominasi Max Verstappen di Formula 1 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya