Team Principal McLaren Puji Etos Kerja Lando Norris

Mampu menumbuhkan atmosfer positif dalam tim

Lando Norris akan menjalani musim keenam di Formula 1 pada 2024. Selama itu pula Norris memperkuat McLaren dan belum menunjukkan tanda pindah ke tim lain. Ia memiliki kontrak dengan McLaren hingga akhir 2025.

Kebersamaan Norris bersama McLaren rupanya membawa dampak positif untuk tim. Hal tersebut dirasakan oleh Andrea Stella selaku team principal McLaren. Ia menilai semangat kerja Norris menularkan energi positif untuk meningkatkan performa tim saat menjalani pekan balap.

1. Pencapaian Lando Norris selama memperkuat McLaren di Formula 1

Team Principal McLaren Puji Etos Kerja Lando NorrisLando Norris meraih trofi usai finis kedua di GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Lando Norris termasuk salah satu pembalap muda di Formula 1 karena dirinya berusia 24 tahun. Walau begitu, pengalaman yang dia dapatkan selama di kejuaraan tak bisa dipandang sebelah mata. Sejumlah torehan oke sudah dipersembahkan Norris untuk timnya meski hingga saat ini belum meraih kemenangan saat main race.

Sejak 2018, Norris sudah meraih 13 podium dan sekali pole position. Hasil terbaik Norris di klasemen pembalap adalah posisi keenam pada 2021 dan 2023. Formula 1 2023 menjadi pencapaian terbaik Norris. Pembalap bernomor mobil 4 itu berhasil meraup 205 poin dari 22 seri balap yang digelar. Itu menjadi poin terbanyak yang mampu dikumpulkan Norris dalam sebuah musim balap.

2. Lando Norris mampu menciptakan kondisi kerja yang positif di McLaren

Team Principal McLaren Puji Etos Kerja Lando NorrisOscar Piastri (kiri) dan Lando Norris. (formula1.com)

Performa oke Lando Norris tidak hanya terlihat saat berada di lintasan. Pembalap berkebangsaan Inggris itu juga mampu menciptakan atmosfer kerja yang positif di dalam tim. Hal tersebut salah satunya tecermin dalam hubungan Norris dan Oscar Piastri yang sejauh ini berjalan mulus.

Andrea Stella tak menampik bahwa hubungan Norris dan Piastri menjadi kekuatan yang dimiliki tim. Stella menyebutkan salah satu kebiasaan yang dimiliki kedua pembalapnya adalah saling meninjau data dan memberi saran kepada satu sama lain. Sikap kolaboratif tersebut tak hanya menguntungkan dari segi performa pembalap, tetapi juga berkontribusi terhadap kesuksesan tim di kejuaraan.

"Hubungan antara Norris dan Piastri adalah titik kekuatan tim kami. Aku harus bilang bahwa menjadi rekan setim Norris adalah hal yang menyenangkan. Kami telah melihat hubungan semacam ini dengan Carlo Sainz dan juga Daniel Ricciardo.

Oleh karena itu, aku ingin mengakui betapa banyak Norris menciptakan kondisi untuk membangun hubungan bermanfaat yang mendukung tim serta pertumbuhan pembalap. Kami memiliki Piastri yang hadir dengan karakteristik yang sama. Dengan proses alami untuk mengenal satu sama lain, kami bisa melihat bahwa hal tersebut telah menciptakan kolaborasi yang sangat fungsional di antara kedua pembalap," jelas Stella dilansir F1i.

3. McLaren masih perlu meningkatkan kinerja pada aspek operasional dan kolaborasi tim

Team Principal McLaren Puji Etos Kerja Lando NorrisLando Norris saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

McLaren mengalami peningkatan sisi teknis yang mengesankan. Namun, Andrea Stella menilai timnya masih perlu melakukan peningkatan pada aspek operasional dan kolaborasi tim secara keseluruhan. Hubungan kuat yang terjalin antara Lando Norris dan Oscar Piastri diharapkan dapat terus berlangsung guna kepentingan kolaborasi serta peningkatan lebih lanjut di dalam tim.

"Jika kami berpikir tentang peluang yang kami punya dengan melihat pada masa mendatang, kami selalu bicara tentang aspek teknis mobil. Namun, tentunya dari tahun lalu kami bisa melihat bahwa kami bisa melakukan dengan lebih baik dari sudut pandang operasional. Ada beberapa sesi kualifikasi saat kami meraih posisi yang tidak sebagus performa mobil. Umumnya, hal ini mengarah kepada kolaborasi dan kerja baik di antara pembalap dan teknisi serta tim secara keseluruhan," papar Stella dikutip F1i.

McLaren menuai hasil oke di Formula 1 2023. Mereka bertengger di peringkat keempat klasemen konstruktor dengan koleksi 302 poin. Capaian positif tersebut tentu ingin dilanjutkan McLaren pada musim ini. Bisakah mereka merealisasikannya?

Baca Juga: Jadi Team Principal Ferrari, Frederic Vasseur: Tugasku Tetap Sama

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya