Toto Wolff Belum Menyerah Boyong Max Verstappen ke Mercedes

Mercedes masih mencari pengganti Lewis Hamilton

Intinya Sih...

  • Mercedes masih mencari rekan setim untuk George Russell yang akan bergabung dengan Ferrari musim depan
  • Toto Wolff berusaha mendatangkan Max Verstappen meski terikat kontrak jangka panjang dengan Red Bull
  • Wolff optimistis Mercedes akan bangkit dalam beberapa seri berikutnya, namun dikecam oleh Red Bull karena sikap terbuka terkait potensi Verstappen pindah ke Mercedes

Susunan pembalap Mercedes di Formula 1 2025 masih jadi sorotan hingga saat ini. Sebab, tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu sedang mencari rekan setim untuk George Russell karena Lewis Hamilton resmi bergabung dengan Ferrari pada musim depan.

Sejumlah nama dikaitkan dengan Mercedes, mulai dari Carlos Sainz, Esteban Ocon, dan Kimi Antonelli. Meski begitu, Toto Wolff rupanya masih belum menyerah untuk bisa mendatangkan salah satu pembalap terbaik di Formula 1 saat ini, Max Verstappen.

1. Wolff ingin manfaatkan situasi internal Red Bull untuk menggaet Verstappen

Toto Wolff Belum Menyerah Boyong Max Verstappen ke MercedesMax Verstappen saat menjalani main race GP China 2024. (formula1.com)

Max Verstappen memiliki kontrak jangka panjang dengan Red Bull. Pembalap berkebangsaan Belanda itu akan berada di tim hingga akhir 2028. Walau begitu, Verstappen punya kans untuk pindah ke tim lain meski terikat kontrak dengan Red Bull.

Kondisi internal Red Bull mengalami guncangan setelah Christian Horner selaku team principal terseret kontroversi pada awal musim. Selain itu, Red Bull juga akan ditinggal Adrian Newey pada akhir 2024. Situasi tersebut rupanya ingin dimanfaatkan Toto Wolff untuk menggaet Verstappen agar bergabung dengan Mercedes. Namun, Wolff sadar merekrut Verstappen menjadi hal yang tak mudah mengingat performa Mercedes yang kurang oke saat ini.

“Verstappen tidak akan membalap dengan mobil yang tidak kompetitif. Saat ini, kami tidak cukup kompetitif untuk memikat seorang juara dunia. Namun, kami harus melihat bagaimana bulan-bulan berikutnya akan berjalan,” kata Wolff dilansir Crash.

Baca Juga: Kilas Balik 11 Podium Formula 1 GP Monako Terakhir sebelum 2024

2. Wolff masih yakin Mercedes akan bangkit pada seri berikutnya di Formula 1 2024

Toto Wolff Belum Menyerah Boyong Max Verstappen ke MercedesLewis Hamilton saat menjalani balapan GP Australia 2024. (formula1.com)

Toto Wolff masih yakin Mercedes akan bangkit dalam beberapa seri berikutnya. Pria asal Austria itu merujuk pada performa McLaren yang mengalami peningkatan selama fase awal Formula 1 2024. Kinerja oke McLaren membuat tim tersebut kini berada di posisi ketiga klasemen konstruktor dengan perolehan 154 poin. McLaren unggul 75 poin atas Mercedes yang bertengger di peringkat keempat.

“Pada akhirnya, kami memiliki kelompok orang yang sangat kuat yang mungkin tak cukup banyak dibicarakan di media secara umum. Mereka tahu apa yang mereka harus lakukan. Mereka tahu seperti apa nilai mereka untuk tim dan mereka tahu betapa pentingnya mereka untuk kesuksesan saat ini dengan mobil tersebut. Kami terus bekerja.

Kami harus melihat beberapa bulan lagi. Lihatlah McLaren. Jika kami bisa menempatkan 0,4 detik pada mobil seperti yang mereka telah lakukan, kami akan menjadi sangat kompetitif,” jelas Wolff dikutip F1i.

3. Oliver Mintzlaff kritik sikap terbuka Wolff terkait isu Verstappen ke Mercedes

Toto Wolff Belum Menyerah Boyong Max Verstappen ke MercedesTeam Principal Mercedes, Toto Wolff (formula1.com)

Keinginan Toto Wolff merekrut Max Verstappen yang disampaikan secara terbuka rupanya mendapat reaksi dari Red Bull. Oliver Mintzlaff selaku managing director Red Bull mengkritik tajam sikap terbuka Wolff terkait potensi Verstappen pindah ke Mercedes. Mintzlaff menilai Wolff seharusnya berfokus pada tantangan yang dihadapi Mercedes di Formula 1 2024. Mintzlaff bahkan menyebut tindakan Wolff tidak menghormati Red Bull sebagai rival berat Mercedes.

“Aku memahami tekanan yang Toto Wolff dan mungkin tim lain alami setelah bertahun-tahun berada di belakang. Namun, aku pikir Wolff harusnya berkonsentrasi pada tantangan yang dia hadapi. Dia sudah cukup dengan hal tersebut. Itu juga terkait dengan rasa hormat. Jika aku terus berbicara tentang personel tim lain, maka itu bukanlah hal yang benar,” ucap Mintzlaff dilansir F1i.

Pembahasan seputar calon rekan setim George Russell tentu akan terus bergulir selama Mercedes belum mengumumkan sosok yang mereka rekrut. Siapa yang nantinya akan dipilih tim berjuluk Silver Arrows untuk musim depan? Menarik untuk dinantikan bersama-sama.

Baca Juga: Serba-serbi F1 GP Monako 2024, Balapan Kandang Charles Leclerc

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya