Toto Wolff Tegaskan Fokus Lewis Hamilton Tetap untuk Mercedes

Hamilton tak terdistraksi dengan musim terakhir di Mercedes

Lewis Hamilton telah resmi menjadi pembalap Ferrari pada 2025 mendatang. Itu berarti Formula 1 2024 menjadi musim terakhir pembalap asal Inggris itu memperkuat Mercedes. Di Ferrari, Lewis Hamilton akan bertandem dengan Charles Leclerc dengan durasi kontrak selama 2 tahun.

Meski berpindah tim musim depan, Toto Wolff menegaskan fokus Hamilton saat ini tetap untuk Mercedes. Wolff menyebut Hamilton saat ini berfokus membantu tim untuk mengatasi kesulitan yang sedang dialami Mercedes. Apalagi, Mercedes belum meraih kemenangan dalam tiga balapan awal Formula 1 2024.

1. Mercedes masih belum meraih kemenangan sejak terakhir kali di GP Brasil 2022

Toto Wolff Tegaskan Fokus Lewis Hamilton Tetap untuk MercedesLewis Hamilton saat menjalani balapan GP Bahrain 2024. (formula1.com)

Mercedes masih kesulitan meraih kemenangan. Kemenangan terakhir tim berjuluk Silver Arrows itu terjadi di GP Brasil 2022. Saat itu, George Russell sukses mengungguli Lewis Hamilton yang finis di posisi kedua.

Sementara itu, kemenangan terakhir Lewis Hamilton di Formula 1 adalah GP Arab Saudi 2021. Setelah itu, pemilik tujuh gelar juara dunia tersebut belum kembali menuntaskan balapan sebagai pemenang. Adapun, podium terakhir Hamilton terjadi saat dirinya finis kedua di GP Meksiko 2023.

Dalam tiga balapan perdana Formula 1 2024, Mercedes tak berhasil finis di zona podium. Hasil terbaik mereka adalah finis kelima di GP Bahrain lewat Russell. Bahkan, Mercedes gagal mendulang poin di GP Australia setelah Russell dan Hamilton gagal finis. Hamilton tak menuntaskan balapan akibat masalah mesin, sedangkan Russell mengalami insiden pada lap terakhir.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa Kemenangan

2. Ferrari menorehkan hasil oke dalam 3 balapan awal Formula 1 2024

Toto Wolff Tegaskan Fokus Lewis Hamilton Tetap untuk MercedesCarlos Sainz memegang trofi di podium GP Australia 2024. (twitter.com/Carlossainz55)

Jika Mercedes belum menorehkan hasil oke, cerita berbeda justru diukir Ferrari. Tim yang dipimpin Frederic Vasseur itu berhasil finis di zona podium dalam tiga balapan awal Formula 1 2024. Prestasi terbaik Ferrari sejauh ini adalah finis 1–2 di GP Australia. Carlos Sainz menuntaskan balapan di Sirkuit Albert Park sebagai pemenang diikuti Charles Leclerc.

Hasil mengesankan tersebut membuat Ferrari kini bertengger di posisi kedua dalam klasemen konstruktor dengan 93 poin. Mereka unggul 67 poin dari Mercedes yang bercokol di peringkat keempat. Ini menjadi peningkatan yang diperoleh Ferrari dibandingkan musim sebelumnya. Tahun lalu, Ferrari mengumpulkan 26 poin dari 3 balapan awal sehingga berada di posisi keempat.

3. Toto Wolff menegaskan Mercedes sebagai prioritas utama Lewis Hamilton saat ini

Toto Wolff Tegaskan Fokus Lewis Hamilton Tetap untuk MercedesLewis Hamilton saat menjalani balapan GP Australia 2024. (formula1.com)

Pencapaian mengesankan Ferrari pada awal 2024 berpotensi memecah fokus Lewis Hamilton. Apalagi, Mercedes saat ini berada dalam fase sulit karena performa W15 yang belum maksimal di lintasan. Akan tetapi, Toto Wolff menegaskan bahwa prioritas Hamilton saat ini adalah untuk Mercedes.

“Dia (Hamilton) berada dalam situasi yang jelas. Di satu sisi, itu sangat frustrasi untuk melihat bahwa kami tidak mendapatkannya. Di sisi lain, lihatlah dari balik pagar. Cukup bagus apa yang terjadi di sana (Ferrari). Namun, itu bukanlah prioritas utamanya saat ini,” kata Wolff dilansir F1i.

4. Toto Wolff tetap berkomitmen untuk memperbaiki performa W15

Toto Wolff Tegaskan Fokus Lewis Hamilton Tetap untuk MercedesTeam Principal Mercedes, Toto Wolff (formula1.com)

Toto Wolff tak tinggal diam menyikapi masalah performa yang saat ini menggerogoti W15. Ia menegaskan komitmennya untuk melakukan perbaikan. Pendekatan proaktif dilakukan guna mengetahui serta mengatasi kelemahan yang saat ini sedang berlangsung.

“Kami manusia. Data tidak bisa mengambil keputusan, tetapi manusia yang melakukannya. Jadi, kami tidak akan berhenti. Aku tidak duduk di sini dan berdiam diri. Sebaliknya, aku berpikir tentang apa lagi yang kami perlu lakukan dan bagaimana kami bisa mendorongnya,” tegas Wolff dikutip F1i.

Mercedes akan menjalani seri keempat Formula 1 2024 di Sirkuit Suzuka, Jepang, pada 5–7 April 2024. Terakhir kali Mercedes memenangi GP Jepang adalah pada 2019 lewat Valtteri Bottas. Meraih kemenangan di Sirkuit Suzuka menjadi misi tak mudah untuk Mercedes mengingat performa mereka kurang begitu oke dibandingkan tim lain, seperti Red Bull, Ferrari, atau McLaren.

Baca Juga: Memori Lewis Hamilton Jelang F1 GP Australia Terakhir di Mercedes

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya