Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 Tahun

Tak berencana mengikuti jejak Fernando Alonso

Max Verstappen masih tetap berada di Formula 1 selepas musim 2024. Pembalap berkebangsaan Belanda itu terikat kontrak dengan Red Bull hingga akhir musim 2028. Itu membuat Verstappen akan berkompetisi di kejuaraan bersama Red Bull setidaknya sampai dirinya berusia 31 tahun.

Meski begitu, perbincangan seputar masa depan Verstappen setelah kontraknya dengan Red Bull berakhir terus mengemuka. Tak ayal, Verstappen memberikan pendapatnya perihal kemungkinan membalap pada usia yang tak lagi muda. Ia menyebut tak memiliki keinginan untuk terus berada di Formula 1 hingga usia 45 tahun.

1. Max Verstappen telah memulai kariernya di Formula 1 sejak 2015

Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 TahunMax Verstappen berada di kokpit mobil STR10 saat memperkuat Toro Rosso pada 2015. (formula1.com)

Max Verstappen telah memulai debut di Formula 1 pada 2015. Saat itu, ia bergabung dengan Toro Rosso pada usia 17 tahun 5 bulan dan 15 hari. Hal tersebut menjadikan Verstappen sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah Formula 1 yang debut dalam sebuah balapan.

Verstappen tengah menjalani musim kesepuluh di kejuaraan pada 2024. Hingga saat ini, pembalap kelahiran 20 September 1997 tersebut sudah merengkuh tiga gelar juara dunia yang diraih secara beruntun pada 2021–2023. Verstappen juga telah mengantongi 58 kemenangan dari 190 balapan yang terhitung hingga GP China 2024.

Verstappen berpeluang menambah koleksi kemenangan pada seri-seri berikutnya. Itu tak lepas dari perpaduan performa Verstappen dan mobil RB20 yang mengesankan saat pekan balap berlangsung. Bukan tidak mungkin, Verstappen merengkuh gelar juara keempat dalam kariernya pada musim ini.

Baca Juga: Kilas Balik Kisah Sukses Brawn GP di Formula 1 2009 

2. Max Verstappen menegaskan dirinya tak mungkin terus berada di Formula 1

Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 Tahunpembalap Red Bull, Max Verstappen (formula1.com)

Perjalanan karier Max Verstappen di Formula 1 masih akan berlanjut pada musim-musim mendatang. Namun, Verstappen menegaskan dirinya tak mungkin terus berada di kejuaraan dalam waktu lama. Ia tak ingin mengikuti jejak Fernando Alonso yang masih turun di Formula 1 meski tak lagi berusia muda.

Formula 1 melansir Fernando Alonso telah menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi dua musim dengan Aston Martin beberapa hari setelah GP Jepang 2024. Nantinya, Alonso akan memperkuat tim yang kini dipimpin Mike Krack itu hingga akhir 2026. Pada tahun tersebut, Alonso akan menginjak usia 45 tahun.

“Alonso mengambil sedikit waktu rehat pada akhir 2018. Kemudian, dia menemukan cintanya lagi untuk tampil kompetitif di Formula 1. Sangat sulit mengomentari hal semacam itu. Aku berpikir diriku tak akan berada di kejuaraan ini hingga usia 45 tahun. Namun, Anda tak akan pernah tahu itu,” kata Verstappen dilansir Racing News 365.

3. Max Verstappen tak terkejut dengan kontrak baru Fernando Alonso di Aston Martin

Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 Tahunpembalap Aston Martin, Fernando Alonso (formula1.com)

Perpanjangan kontrak Fernando Alonso bersama Aston Martin tak membuat Max Verstappen terkejut. Padahal, Alonso sempat dirumorkan menjadi pengganti Lewis Hamilton yang memutuskan pindah ke Ferrari mulai musim depan. Selain itu, Alonso bahkan diisukan bakal bertandem dengan Max Verstappen di Red Bull.

“Aku tidak terkejut, tetapi aku tidak memiliki banyak hal tentang itu. Mereka punya hubungan yang baik antara satu sama lain. Anda tak tahu apa yang mereka bicarakan saat ini dan bagaimana tentang prospeknya. Jadi, sangat sulit bagiku untuk benar-benar berkomentar terkait hal tersebut.

Mereka jelas sangat ambisius dan ingin menang di Formula 1. Dia percaya pada proyek itu sehingga masuk akal untuk menandatangani kontrak baru,” jelas Verstappen dikutip Racing News 365.

Max Verstappen dan Fernando Alonso adalah dua pembalap yang sudah memastikan posisi mereka di Formula 1 pada 2025. Selain keduanya, ada sejumlah pembalap yang telah mendapat kursi balap untuk musim depan. Dilansir Crash, para pembalap tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Lewis Hamilton (Ferrari) : Multi-tahun
  • Charles Leclerc (Ferrari) : Multi-tahun
  • George Russell (Mercedes) : 2025
  • Lando Norris (McLaren): Jangka panjang
  • Oscar Piastri (McLaren) : 2026
  • Lance Stroll (Aston Martin) : Kontrak bergulir
  • Alexander Albon (Williams): 2025
  • Nico Huelkenberg (Kick Sauber): Multi-tahun.

Bursa pembalap Formula 1 masih terus bergulir hingga saat ini. Terlebih, beberapa pembalap masih belum menentukan masa depan mereka seusai musim 2024. Siapa saja pembalap yang akan menyusul untuk mendapatkan kursi balap di Formula 1 2025? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: Toto Wolff: Tak Ada yang Bisa Mengejar Max Verstappen di F1 2024 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya