Maverick Vinales Senang usai Jalani Tes Pramusim MotoGP 2024 di Qatar

Mampu tembus 6 besar saat tes di Qatar

MotoGP telah menuntaskan tes pramusim di Lusail, Qatar, pada 19–20 Februari 2024. Itu menjadi tes pramusim kedua sebelum bergulirnya MotoGP 2024. Tim dan pembalap memanfaatkan momen tersebut untuk menjajal motor sembari menemukan pengaturan terbaik.

Maverick Vinales tak luput dari aktivitas tersebut. Pembalap Aprilia Racing itu juga memacu RS-GP sembari mencoba paket aerodinamika yang telah dibawa tim. Vinales mengaku senang bisa menemukan paket terbaik untuk motornya jelang seri pembuka musim ini.

1. Maverick Vinales menorehkan hasil oke saat tes pramusim di Qatar

Maverick Vinales Senang usai Jalani Tes Pramusim MotoGP 2024 di QatarMaverick Vinales saat menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Qatar. (motogp.com)

Maverick Vinales mencatatkan hasil oke saat tes pramusim di Qatar. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu mampu berada di posisi keenam setelah mencatatkan waktu 1 menit 52,495 detik pada hari pertama. Ia tertinggal 0,163 detik dari Aleix Espargaro yang bercokol di posisi ketiga.

Pada hari kedua, catatan waktu Vinales menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya. Ia berhasil menduduki posisi keenam lewat torehan 1 menit 51,387 detik. Vinales berjarak 0,127 detik dari Aleix Espargaro yang kembali berada di posisi ketiga.

2. Maverick Vinales mampu menemukan paket aerodinamika yang tepat untuk motornya

Maverick Vinales Senang usai Jalani Tes Pramusim MotoGP 2024 di QatarMaverick Vinales saat menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Qatar. (instagram.com/maverick12official)

Maverick Vinales senang dengan penampilannya terutama sepanjang hari kedua tes pramusim di Qatar. Hal yang membuat pembalap bernomor motor 12 itu merasa senang adalah aspek paket aerodinamika. Vinales menilai masalah yang dihadapinya saat tes di Sepang, Malaysia bisa teratasi ketika menjalani tes di Qatar.

”Hal baiknya adalah kami menemukan paket aerodinamika terbaik. Itu luar biasa karena kami memecahkan masalah yang kami miliki di Sepang dan saat hari pertama tes di Qatar. Saat ini kondisinya baik-baik saja.

Untuk saat ini, aku perlu lebih banyak bekerja pada sisi elektronik. Aku belum maksimal dengan mesin baru, terutama di bagian engine brake. Jadi, itu menjadi sesuatu yang akan kami lakukan saat pekan balap nanti,” kata Vinales dilansir Crash.

3. Maverick Vinales tak menampik Aprilia berpeluang meraup hasil bagus di GP Qatar 2024

Maverick Vinales Senang usai Jalani Tes Pramusim MotoGP 2024 di QatarMaverick Vinales saat menjalani tes pramusim MotoGP 2024 di Qatar. (instagram.com/maverick12official)

Penampilan Aprilia sepanjang tes pramusim di Malaysia sejatinya tidak terlalu buruk ketimbang di Qatar. Buktinya, Aleix Espargaro berhasil menduduki posisi kelima pada hari ketiga tes di Sepang dengan catatan waktu 1 menit 57,091 detik. Namun, performa KTM bisa dibilang lebih baik daripada Aprilia sepanjang tes di Sepang pada 6–8 Februari 2024.

Walau begitu, Aprilia terlihat menunjukkan peningkatan performa saat tes pramusim di Qatar berlangsung. Maverick Vinales optimistis dirinya dan tim bisa berbicara banyak saat seri pembuka yang berlangsung di Lusail International Circuit pada 8–10 Maret 2024 mendatang. Akan tetapi, Vinales memberi catatan bahwa capaian positif bisa diraih jika tim mampu menganalisis data yang didapat saat menjalani tes pramusim.

”Tentu saja kami punya peluang karena motor kami cepat. Namun, kami perlu menganalisis dengan baik hasil tes ini dan juga capaian saat balapan. Balapan pertama dengan balapan kedua akan benar-benar berbeda. Itu selalu terjadi. Anda harus tenang pada awal musim,” jelas Vinales dikutip Crash.

Saat GP Qatar 2023, Maverick Vinales mampu menorehkan hasil oke ketika sprint race dengan finis di posisi keenam. Kemudian, ia mampu finis keempat ketika menjalani main race. Vinales berpeluang meraup hasil lebih baik di GP Qatar musim ini mengingat performa RS-GP yang oke saat tes di Lusail. Apakah Vinales bisa naik podium di GP Qatar?

Baca Juga: Resep Maverick Vinales Naik Podium MotoGP Mandalika 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya