Peraih Medali Asian Para Games 2022 Dapat Bonus Rumah

Bonus berlaku buat peraih emas, perak, dan perunggu

Jakarta, IDN Times - Para peraih medali Asian Para Games 2022 Hangzhou dipastikan mendapatkan bonus dari pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyatakan pemerintah sudah menyusun skema dalam pemberian bonus kepada para atlet Asian Para Games yang sukses meraih medali.

"Setelah dari Hangzhou ini saya akan urus bersama Mas Menpora (Dito Ariotedjo) untuk bonus atlet, terutama peraih medali," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (29/10/2023).

1. Peraih medali dapat rumah

Peraih Medali Asian Para Games 2022 Dapat Bonus RumahIlustrasi perumahan. (Dok. Kementerian PUPR)

Bonus nantinya akan dikoordinasikan oleh Kemenko PMK bersama Kemenpora kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Nantinya, para peraih medali, baik emas, perak, atau perunggu, akan mendapatkan bonus rumah tinggal yang akan disiapkan oleh Kementerian PUPR. Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.

"Tadi, saya sudah kontak Sekretaris Jenderal Menteri PUPR, ada berita cukup bagus. Pak Menteri PUPR atas persetujuan Pak Presiden, akan memberikan bonus rumah untuk mereka yang mendapatkan medali," kata Muhadjir.

Baca Juga: Para Atletik Tambah Medali Emas dari Asian Para Games 2022

2. Bonus tidak melihat perolehan mendali

Peraih Medali Asian Para Games 2022 Dapat Bonus RumahKontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Muhadjir memastikan bonus rumah tinggak tidak dilihat dari medali apa yang didapat atlet. Semua atlet yang meraih medali, layak mendapatkannya. Hanya saja, bonus rumah hanya berlaku untuk nomor perorangan.

"Semua peraih medali, tapi syaratnya perorangan, tidak dilihat dari berapa jumlah yang didapat. Semua atlet yang meraih medali akan mendapatkan bonus berupa rumah, disesuaikan dengan domisili yang bersangkutan," ujar Muhadjir.

 

3. Tim Indonesia meledak di Asian Para Games

Peraih Medali Asian Para Games 2022 Dapat Bonus RumahKontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Beda dengan Asian Games, prestasi Indonesia di Asian Para Games begitu memuaskan. Indonesia mampu finis di posisi enam dengan koleksi 29 medali emas, 30 perak, dan 36 perunggu.

Tentunya, hasil ini melebihi target yang dicanangkan di awal, yakni 10 besar. Maka dari itu, Muhadjir merasa perlu ada apresiasi terhadap para peraih medali.

"Luar biasa pencapaiannya di Asian Para Games. Banyak kejutan yang terjadi dari Indonesia. Ini pasti kerja keras dari atlet, pendamping, dan wartawan, yang terus memberikan dukungan. Banyak sekali kejutan di beberapa cabang," kata Muhadjir.

Baca Juga: Resmi Selesai, Indonesia Lampaui Target di Asian Para Games 2022

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya