Comscore Tracker

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan Tekniknya

Kamu wajib tahu manfaat renang gaya dada!

Renang gaya dada yang juga biasa disebut renang gaya katak. tidak heran, karena renang gaya dada adalah gaya renang yang terlihat seperti katak. Posisi dada saat berenang menghadap ke permukaan air. Kedua kaki menendang ke arah luar. Kedua tangan digerakkan di sisi kiri dan kanan tubuh agar  membelah air supaya badan maju ke depan.

Perenang renang gaya dada bernafas saat mulut berada di permukaan air. Saat mengambil nafas itu setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.Perenang pemula wajib belajar gaya bebas atau dada. Renang gaya dada adalah salah satu teknik berenang yang populer dan paling dasar.

Bicara soal manfaat renang gaya dada, ada banyak hal positif yang dapat kamu  peroleh, terutama yang berkaitan dengan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan kebugaran jantung dan paru

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan Tekniknyailustrasi jantung (healthline.com)

Cepat lelah dan kehabisan napas meski tak sedang beraktivitas berat dapat jadi tanda kebugaran jantung dan paru-paru kamu  kurang baik. Nah, rutin berenang dapat menolong kamu mengatasi masalah ini.

Renang merupakan olahraga yang berguna untuk meningkatkan detak jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah bisa mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga mengalirkan oksigen lebih banyak ke setiap sel organ tubuh.

Hal tersebut memungkinkan paru-paru dan jantung untuk bekerja lebih efisien dan juga meningkatkan kapasitas kerjanya. Bertambah stabil detak jantung dan laju pernapasan ketika beraktivitas, semakin baik pula kebugaran jasmani kamu. Pada akhirnya, kamu bisa beraktivitas fisik seperti biasa tanpa cepat merasa capek, serta bisa bernapas lebih baik lagi.

2. Menjaga tensi dan kadar gula darah stabil

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan Tekniknyailustrasi Dokter Check up (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Manfaat berenang juga tidak kalah baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular. Aktivitas renang menolong meningkatkan kebugaran jantung. Jantung yang bekerja lebih efisien ketika memompa darah dapat membuat tekanan darah kamu  lebih terkontrol.

Sirkulasi darah yang baik juga menolong peningkatan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh lebih maksimal membakar cadangan karbohidrat atau lemak sebagai sumber energi. Bahkan, berenang juga dapat berguna untuk mengurangi keluhan nyeri radang sendi yang sering terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Keluhan ini tak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga bisa menghalangi lansia untuk melakukan aktivitas.

3. Membakar kalori

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan TekniknyaIlustrasi Ukuran tubuh (pixabay.com/Deedee86)

Walau tak seefektif gaya renang lainnya dalam membakar kalori, bukan berarti renang gaya dada tak membakar kalori sama sekali. Renang gaya dada biasanya dapat membakar sekitar 200 kalori selama 30 menit. Jika dilakukan dengan rutin dan diimbangi dengan pola makan yang sehat, renang gaya dada dapat efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: 4 Macam-macam Gaya Renang dan Manfaatnya

4. Menguatkan tulang dan otot 

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan TekniknyaIlustrasi Tulang Manusia (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Renang membuat kamu  harus terus menggerakkan otot-otot seluruh tubuh, mulai dari kepala sampai kaki. Apabila kamu  melakukannya secara rutin, berenang bisa mempertahankan kekuatan otot sehingga massa otot tak berkurang drastis di usia muda.

Mempertahankan massa otot sejak dini juga ikut menjaga tulang kamu  menjadi lebih kuat. Pada akhirnya, semakin kuat otot dan tulang kamu  bisa menolong menurunkan risiko osteoporosis di masa senja nanti.

5. Memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan Tekniknyailustrasi berenang (Unsplash.com/ David Boca)

Berenang, termasuk renang gaya dada, adalah olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang rutin berenang cenderung memiliki umur lebih panjang daripada orang yang tak suka berenang.

Teknik renang gaya dada

5 Manfaat Renang Gaya Dada dan Tekniknyailustrasi renang gaya dada (pixabay.com/leoleobobeo)

Seperti yang disebutkan di atas, teknik renang gaya dada tidaklah sulit. Supaya dapat berenang dengan gaya ini, ada langkah-langkah yang harus kamu  ikuti, yaitu:

  • Posisikan bagian depan tubuh kamu  menghadap ke lantai kolam renang.
  • Jaga tubuh kamu  selurus dan serileks mungkin, tapi usahakan supaya pergelangan kaki tetap berada di bawah air.
  • Satukan kedua telapak tangan kamu  dan luruskan tangan untuk bersiap-siap meluncur.
  • Lakukan gerakan meluncur dengan menolakkan telapak kaki yang menempel pada dinding kolam.
  • Mulai buka kedua telapak tangan ke arah luar sampai tubuh membentuk huruf Y, kemudian putar tangan ke dalam sampai kedua tangan kembali bertemu di depan dada.
  • Secara bersamaan dengan gerakan tangan di atas, buka kedua paha dan tekuk lutut sampai tumit mengarah ke bagian bokong, seperti gerakan kaki katak ketika berenang.
  • ketika tangan sudah berada di depan dada dan kembali bersiap membuka, angkat kepala dan bahu ke atas air untuk mengambil napas.
  • Seraya tangan kembali membuka, kepala dan bahu sudah harus kembali berada di bawah permukaan air.
  • Ulangi gerakan di atas sampai selesai.

Banyak sekali bukan manfaat dari berenang gaya dada? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu ingin memulai olahraga renang gaya dada?

Baca Juga: 7 Gaya Renang Buat Pemula yang Mudah Dipelajari

erick ranes akbar Photo Writer erick ranes akbar

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya