Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesia

Seni bela diri campuran ini emang bikin nagih!

Pertandingan bela diri menjadi salah satu olahraga yang digemari masyarakat. Pertarungan antar dua pribadi sampai 'titik darah penghabisan' ini menjadi hobi dan tontonan yang biasa bagi orang-orang. Salah satu ajang olahraga yang banyak tarik perhatian adalah Ultimate Fighting Championships atau UFC. Seni bela diri campuran, atau dapat menggunakan segala cara untuk memukul lawan, ini mulai tenar di dunia.

Indonesia sendiri memang baru 'kebagian' untuk dapat menyaksikan UFC dari tv lokal sejak 2015 silam. Saat itu, salah satu televisi lokal membeli hak siarnya dan mulai menarik animo masyarakat Indonesia. Mungkin beberapa dari kita belum pernah mendengar UFC ketika 2015 lalu sebelum hak siarnya didapat televisi lokal. Namun, saat ini pasti paling tidak kamu pernah mendengar temanmu bercerita tentang UFC.

Popularitas UFC dari animo masyarakat Indonesia.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesiammafighting.com

Komunitas UFC Indonesia telah memiliki akun Twitter, @indonesiaUFC. Acara yang diputar pada pukul 22.00 WIB tersebut menampilkan pertandingan dua petarung kelas dunia yang saling hantam untuk meraih gelar juara. Nama-nama seperti Tyron Woodley, Eddie Alvarez, Amanda Nunes dan Ronda Rousey tidak asing lagi di telinga para fans.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesiaultimatefighterchamp.blogspot.sg

Hal tersebut juga selaras dengan prestasi mereka. Seperti dalam situs resmi UFC, keempat petarung tersebut adalah juara dan unggulan di kelasnya masing-masing. Popularitas di Indonesia, setelah tayang selama satu tahun pun sudah semakin tinggi. Aku Twitter @indonesiaUFC pun sering di-mention para fans ketika pertandingan seru ditayangkan.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesiatwitter.com/jiholupat

Popularitas mereka juga bukan hanya dari para penonton pria, tapi juga wanita.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesiatwitter.com/oktal26

Namun, tahukah kamu kalau UFC juga disebut dengan Mixed Martial Arts (MMA)? Ya, nama tersebut memang jarang di populerkan. Namun, makna dan model pertandingan kedua cabang olahraga tersebut sama. Nah, ketenaran UFC ataupun MMA pun akhirnya membuat Indonesia menelurkan petarung-petarung ciamik.

Baca Juga: 10 Senjata Rahasia Terdahsyat yang Sebenarnya Dimiliki Tiap Negara

Petarung asal Indonesia yang populer.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari Indonesiamma-in-asia.com

Salah satu petarung MMA Indonesia, Fransino "Pitbull" Tirta adalah nama yang mulai naik sejak akhir 2015. Pada tahun lalu juga, dikutip dari VivaNews, Pitbull berhasil menang atas jagoan Jiu Jitsu asal Brasil, Herbert Burns. Petarung berusia 34 tahun telah mencatat rekor 17 kemenangan dan satu kali imbang dalam 18 pertarungannya di 2015.

Atlet lainnya adalah Sunoto. Pria 30 tahun asal Surabaya ini juga atlet MMA Indonesia. Petarung yang sering mengikuti alur pertarungan dari lawan ini juga mengaku butuh data tentang tandingannya sebelum memulai pertandingan. Pertarungan agresif sering ditunjukkan oleh Sunoto usai mengetahui gaya main lawan.

Melambungnya Popularitas UFC dan Petarung-petarung dari IndonesiaAditya Wahyutomo/Okezone.com

Nama Sunoto tidak hanya terkenal dalam pertandingan MMA dalam negeri, tapi juga di tingkat Asia. Sunoto menduduki peringkat 45 dari 125 petarung MMA profesional Asia Tenggara. Salah satu ajang yang diikutinya adalah ONE Fighting Championship (ONEFC).

Atlet-atlet baru dan berprestasi itu akhirnya muncul serta membawa nama Indonesia. Bendera merah putih pun dibawa mereka dalam tiap kejuaraan yang diikuti. Baik Pitbull maupun Sunoto, keduanya cinta akan seni bela diri ini. Siapa tahu ke depannya akan ada petarung hebat lainnya dari Indonesia.

Baca Juga: Ini 7 Rahasia yang Bikin Cewek yang Jago Bela Diri Itu Sangat Memikat Hati

Topik:

Berita Terkini Lainnya