Kiprah New York Knicks di NBA 2023/2024

Tumbang di semifinal wilayah

New York Knicks tampil dengan penuh perjuangan di NBA 2023/2024. Mereka pun berhasil menembus semifinal Wilayah Timur sebelum akhirnya takluk dari Indiana Pacers. Sempat bertarung sengit, Knicks terpaksa mengakui keunggulan Pacers dengan agregat 4-3.

Kendati demikian, Knicks harus tetap berpuas diri. Capaian di NBA 2023/2024 setidaknya menyamai capaian musim lalu. Itu pun Knicks tidak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Hasil lebih bagus mungkin akan dicapai Knicks apabila bisa tampil dengan kekuatan penuh.

Berikut ini ulasan mengenai kiprah New York Knicks di NBA 2023/2024.

1. Tim minim kemewahan yang mampu berbicara banyak

Kiprah New York Knicks di NBA 2023/2024pemain New York Knicks (nba.com)

New York Knicks tidak memiliki kemewahan dalam komposisi roster di NBA 2023/2024. Meski ada sosok Julius Randle dan Jalen Brunson, keduanya bukan pemain bintang kelas wahid. Nama mereka baru benar-benar melambung setelah bergabung dengan Knicks. Sedangkan, pemain lainnya memiliki kualitas yang terbilang standar. Ada nama-nama, seperti Josh Hart, Donte DiVincenzo, Mitchell Robinson, dan Isaiah Hartenstein.

Knicks juga sempat melakukan perombakan pemain pada pertengahan musim. Mereka menukar RJ Barrett dan Immanuel Quickley ke Toronto Raptors. Sebagai gantinya, Knicks memperoleh OG Anunoby dan Precious Achiuwa. Mereka juga menukar beberapa pemain ke Detroit Pistons untuk mendapatkan jasa Bojan Bogdanovic dan Alec Burks.

Dengan deretan pemain tersebut, Knicks menjelma menjadi tim kuat yang sulit ditaklukkan. Keberhasilan itu juga terjadi berkat kepiawaian sang pelatih, Tom Thibodeau, dalam meracik strategi. Bahkan, ia mampu mengeluarkan potensi terbaik yang dimiliki anak-anak asuhnya. 

Knicks pun sukses berbicara banyak di NBA 2023/2024. Langkah mereka masih lebih baik ketimbang tim bertabur pemain bintang, seperti Milwaukee Bucks, Los Angeles Clippers, dan Los Angeles Lakers. Knicks layak disebut sebagai tim yang efisien, tetapi efektif.

Baca Juga: 4 Pemain New York Knicks yang Tampil Apik di NBA 2023/2024

2. Badai cedera membuat Jalen Brunson kekurangan bala bantuan

Kiprah New York Knicks di NBA 2023/2024Jalen Brunson (nba.com)

Kendati tampil solid, New York Knicks sering diterpa masalah khususnya tentang kebugaran pemain. Satu-persatu pemain Knicks tumbang akibat cedera. Cedera paling parah menimpa pemain penting mereka, Julius Randle. Randle menderita cedera bahu pada Januari 2024 dan harus mengakhiri musim lebih cepat.

Tak sampai di situ, badai cedera berlanjut ketika memasuki babak playoff. Bojan Bogdanovic, Mitchell Robinson, dan OG Anunoby kerap melewatkan laga. Knicks pun kekurangan opsi pemain.

Hal itu membuat mereka terlalu bergantung kepada Jalen Brunson. Untungnya, Brunson bisa tampil cemerlang. Ia mencatat rata-rata 32,4 poin, 7,5 assist, dan 3,3 rebound dari 13 laga di NBA Playoff 2024. Meski begitu, mengandalkan Brunson seorang diri belum cukup. Ia perlu lebih banyak bantuan.

Knicks sebenarnya masih punya Donte DiVincenzo dan Josh Hart. Namun, performa mereka jauh tertinggal dari Brunson. Vincenzo mencatat rata-rata 17,8 poin, sedangkan Hart hanya menorehkan 14,5 poin selama NBA Playoff 2024.

3. New York Knicks menjadi tim pesaing gelar dalam 2 musim terakhir

Kiprah New York Knicks di NBA 2023/2024pemain New York Knicks (nba.com)

New York Knicks tidak bisa dianggap remeh lagi. Mereka selalu menjadi tim pesaing gelar dalam 2 musim terakhir. Di NBA 2022/2023, Knicks berhasil finis di posisi kelima pada musim reguler dan mampu melangkah hingga semifinal Wilayah Timur.

Capaian impresif itu juga berlanjut di NBA 2023/2024. Pada musim reguler, Knicks tampil dominan hingga mengamankan posisi kedua Wilayah Timur. Memasuki babak playoff, Knicks sukses menumbangkan Philadelphia 76ers pada putaran pertama dengan agregat 4-2. Namun, langkah mereka terhenti usai kalah agregat 4-3 dari Indiana Pacers pada semifinal Wilayah Timur.

New York Knicks bisa menjaga konsistensinya dalam 2 musim terakhir. Namun, perjuangan belum berakhir. Knicks masih berupaya merebut gelar juara NBA setelah terakhir kali meraihnya pada 1973 silam. Lantas, akankah hal itu terwujud di NBA 2024/2025 mendatang?

Baca Juga: Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya