Marcus Smart, Point Guard yang Membuka Lembaran Baru pada 2023

Berpisah dengan Boston Celtics

Marcus Smart merupakan salah satu point guard ternama di NBA saat ini. Dirinya telah bermain di NBA sejak terpilih di urutan ke-6 NBA Draft 2014. Smart sendiri mampu mengembangkan potensinya dengan baik sehingga bisa menjelma jadi pemain bintang.

Pada musim panas 2023, Marcus Smart mendapat cukup banyak sorotan. Itu terjadi lantaran Smart membuka lembaran baru bagi kariernya di NBA. Ia pindah tim untuk pertama kalinya ke Memphis Grizzlies setelah bermain lama dengan Boston Celtics.

1. Bergabung dengan Memphis Grizzlies pada musim panas 2023

Marcus Smart, Point Guard yang Membuka Lembaran Baru pada 2023Marcus Smart saat menjalani sesi latihan dengan Memphis Grizzlies. (instagram.com/younggamechanger)

Musim panas 2023 menyajikan cerita menarik terkait perpindahan pemain. Sejumlah pemain dengan nama besar saling berganti tim. Salah satunya adalah Marcus Smart. Dia harus pindah ke Memphis Grizzlies setelah terjadi pertukaran antara tiga tim, Boston Celtics, Memphis Grizzlies, dan Washington Wizard. Smart pun memulai tantangan baru dalam kariernya. 

Bermain di Grizzlies sendiri bukanlah suatu kemunduran bagi Smart. Pasalnya, Memphis Grizzlies merupakan salah satu tim kuat di Wilayah Barat. Mereka memiliki roster yang mumpuni dan bisa bersaing dengan tim-tim lain.

Grizzlies diperkuat dua bintang muda, Ja Morant dan Jaren Jackson Jr, serta pemain veteran, Derrick Rose. Nama-nama tersebut sudah menunjukkan kualitasnya di NBA. Smart harus bisa berkolaborasi dengan mereka demi kesuksesan Memphis Grizzlies pada 2023/2024.

Baca Juga: 4 Pemain Bintang Boston Celtics di NBA 2023/2024, Ada Jrue Holiday!

2. Membela Boston Celtics selama 9 musim

Marcus Smart, Point Guard yang Membuka Lembaran Baru pada 2023Marcus Smart saat berseragam Boston Celtics. (nba.com)

Kepindahan Marcus Smart ke Memphis Grizzlies sekaligus mengakhiri kiprahnya di Boston Celtics. Smart sendiri telah memperkuat Boston Celtics selama 9 musim setelah dipilih di urutan ke-6 NBA Draft 2014. Bersama Celtics, perjalanan Smart tak selalu berjalan mulus. Dia sempat menjadi cadangan ketika masih berstatus rookie. Smart juga mengalami performa yang pasang surut dan kerap dilanda cedera.

Seiring berjalannya waktu, chemistry-nya dengan Celtics makin menyatu. Dia akhirnya dipercaya menjadi point guard utama Celtics setelah kepergian Isaiah Thomas pada 2017. Smart bahkan membentuk trio bintang bersama Jaylen Brown dan Jayson Tatum. Kombinasi ketiganya membuat Celtics menjadi tim tangguh yang selalu diunggulkan. 

Hal itu pun terbukti. Puncaknya terjadi saat mereka berhasil membawa Boston Celtics ke Final NBA pada 2022. Namun, Celtics gagal meraih juara setelah takluk dari Golden State Warriors di partai final tersebut. Smart sendiri memiliki statistik yang cukup apik selama berseragam Celtics. Dia mencatat rataan 10,6 poin, 4,6 assist, 3,5 rebound dan 1,6 steal.

3. Pernah memenangi penghargaan Defensive Player of the Year

Marcus Smart, Point Guard yang Membuka Lembaran Baru pada 2023Marcus Smart saat berseragam Boston Celtics. (nba.com)

Marcus Smart memiliki atribut yang berbeda jika dibandingkan dengan mayoritas point guard di NBA. Dia tidak terlalu dominan dalam mencetak poin, tetapi berperan besar dalam pertahanan. Hal itu dibuktikannya dengan meraih penghargaan Defensive Player of the Year pada 2022 dan tiga kali memenangi penghargaan NBA Hustle. Nama Smart juga pernah masuk daftar All-Defensive First Team sebanyak tiga kali.

Gaya bermain Smart yang unik itu diyakini bakal cocok dengan timnya saat ini, Memphis Grizzlies. Sebab, mereka sudah punya point guard yang pandai mencetak angka, Ja Morant. Hadirnya Smart memberikan warna baru sehingga Memphis Grizzlies bisa lebih variatif dalam menjalankan strategi yang dibutuhkan. Smart juga akan mengisi posisi point guard utama Grizzlies lantaran Ja Morant masih mengalami sanksi larangan bermain selama 25 pertandingan.

Situasi berbeda pasti dirasakan Marcus Smart pada 2023/2024. Dia akan mengenakan jersey tim lain untuk pertama kalinya setelah 9 musim memperkuat Boston Celtics. Bersama Memphis Grizzlies, Smart diharapkan beradaptasi cepat sehingga bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Lantas, seperti apa kiprah Marcus Smart dengan Memphis Grizzlies pada 2023/2024? Makin bersinar atau justru menurun?

Baca Juga: 3 Pemain Bintang Memphis Grizzlies di NBA 2023/2024, Ada Marcus Smart

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya