Comscore Tracker

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!

Harga mahal sepadan dengan kontribusi di lapangan

Barcelona merupakan salah satu klub tersukes di Eropa dengan deretan trofi bergengsi domestik maupun Eropa. Kunci keberhasilan klub salah satunya adalah kualitas tim akademi, yaitu La Masia. Mereka telah melahirkan bintang-bintang Blaugrana seperti Iniesta, Xavi, Lionel Messi hingga Ansu Fati.

Namun, belakangan Barcelona lebih populer lewat deretan transfer mahal. Coutinho, Ousmane Dembele, dan Antoine Griezmann menjadi tiga pemain termahal dalam sejarah klub. Tak hanya pemain asing, mereka pun mengeluarkan dana besar untuk datangkan pemain asal Spanyol. Berdasarkan laporan Transfermrkt, berikut ini adalah 5 rekrutan termahal Barcelona untuk pemain yang berasal dari Spanyol.

1. David Villa 

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!potret selebrasi gol David Villa (fcbarcelona.com)

David Villa adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Spanyol. Namanya mulai dikenal ketika tampil luar biasa bersama Valencia. Dia mencetak 127 gol dari 272 laga selama lima musim di sana. Pada 2010 Barcelona menebusnya dengan harga 40 juta euro atau sekitar Rp653 milyar. Nilai tinggi itu memang sepadan dengan kontribusnya.

Di musim perdananya, dia sukses persembahkan gelar Liga Champions dan LaLiga. Selama tiga musim di Camp Nou, Villa mencetak 48 gol dan 23 assist dari 119 laga. Dia juga menjadi bagian dari Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Pada 2013 dia hengkang ke Atletico Madrid, dan lagi-lagi di musim perdananya mempersembahkan gelar LaLiga.

2. Cesc Fabregas    

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!potret Cesc Fabregas berkostum Barcelona (bleacherreport.com)

Cesc Fabregas merupakan produk akademi La Masia, tetapi dia diiboyong Arsenal pada 2003 ketika masih berusia 16 tahun. Di klub asal London itu, Fabregas menjelma menjadi salah satu gelandang terbaik di Eropa. Pada 2011 Barcelona pun memulangkannya dengan mahar 34 juta euro atau sekitar Rp555 milyar.

Dia hanya bertahan tiga musim di Camp Nou dengan persembahkan 6 gelar bergengsi. Meski tampil baik, di Barcelona Fabregas lebih sering tampil sebagai pelapis. Ini tak lepas dari lini gelandang mereka yang diisi deretan pemain hebat seperti Xavi, Iniesta dan Sergio Busquet. Dia mengoleksi 42 gol dari 151 pertandingan sebelum hengkang ke Chelsea.

Baca Juga: 8 Mantan Pemain Barcelona dengan Total Penampilan Terbanyak

3. Paco Alcacer    

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!potret selebrasi Paco Alcacer (skysports.com)

Paco Alcacer diboyong Barcelona dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp490 milyar pada 2016 setelah tampil luar biasa bersama Valencia. Sayangnya, striker asal Spanyol itu hanya berstatus sebagai pelapis Luis Suarez kala itu. Dia hanya menorehkan 50 laga dengan koleksi 15 gol. Ia pun dilepas pada 2018 ke klub Bundesliga, Borussia Dortmund sebagai pinjaman sebelum dilepas permanen musim berikutnya.

Di Dortmund, dia menemukan kembali ketajamannya dengan mencetak 26 gol dari 47 laga. Namun, dia kembali tersingkir seiring kedatangan Erling Haaland. Pada 2020 dia pun memutuskan kembali ke Spanyol untuk bergabung dengan Villareal.

4. Gerard Lopez

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!potret Gerard Lopez (twitter.com/FCBarcelona)

Gerard Lopez menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia sebelum memulai karier profesionalnya bersama Valencia. Dia adalah salah satu sosok penting yang membawa Valencia lolos ke final Liga Champions musim 1999/00. Di akhir musim itu, Barcelona memboyongnya dengan harga 21,6 juta euro atau sekitar Rp352 milyar. Itu adalah harga yang sangat tinggi kala itu.

Namun, dia tak selalu menjadi pilihan utama selama 5 tahun di Camp Nou. Dia hanya mencatatkan 135 laga dengan torehan 9 gol. Pemain berposisi gelandang serang itu kemudian hengkang ke AS Monaco pada tahun 2005.

5. Pedri    

5 Rekrutan Termahal Barcelona yang Berasal dari Spanyol, Ada Pedri!potret Pedri berduel dengan Thomas Mueller (marca.com)

Pedri baru saja resmi memperpanjang kontraknya di Barcelona. Luar biasanya, dia menjadi pemain dengan release clause termahal senilai 1 milyar euro. Gelandang 18 tahun itu adalah salah satu pemain muda terbaik Eropa saat ini. Musim lalu dia memainkan lebih dari 70 laga untuk klub dan Timnas Spanyol.

Dia didatangkan Barcelona pada 2020 dari Las Palmas dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp326 milar. Harga itu memang sepadan dengan pemain muda dengan kualitas sepertinya. Dia menjadi andalan dan bagian dari proyek masa depan Barcelona.

Kualitas para pemain Spanyol adalah satu yang paling diakui di Eropa, bahkan dunia. Satu dekade terakhir menjadi masa keemasan mereka, di mana Spanyol suskes menjuarai Piala Dunia dan 2 kali menjadi juara Piala Eropa. Harga tinggi yang dikeluarkan Barcelona untuk para pemain di atas pun tak merugi karena kontrbusi yang diberikan lebih dari cukup.

Baca Juga: Selain Messi, 5 Pemain Barcelona Ini Juga Pernah Menangi Ballon d'Or

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya