Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man United

MU justru kerap tampil buruk melawan tim kecil

Sebagai pelatih, Ole Gunnar Solskjaer punya tugas berat untuk membawa Manchester United keluar dari keterpurukan dalam beberapa tahun terakhir. Sejak ditinggal Sir Alex Fergusson, Setan Merah tak pernah lagi meraih gelar Premier League.

Musim panas kemarin, MU sukses datangkan tiga pemain bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho dan Raphael Varane. Strategi ini pun berdampak signifikan, dan MU dinilai layak masuk sebagai calon kuat peraih juara EPL musim ini. Namun, inkonsistensi menjadi masalah Solksjaer di musim ini. MU kehilangan poin-poin penting dalam laga yang seharunya bisa dimenangkan.

Berikut ini adalah 5 hal yang harus Solksjaer perbaiki dari skuadnya musim ini demi bisa meraih juara. Apa saja? Ini ulasannya.

1. Mencari gelandang bertahan berkelas dunia

Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man UnitedPaul Pogba dan Bruno Fernandes (beinsports.com)

Satu posisi penting yang belum sesuai harapan fans saat ini adalah gelandang bertahan. MU memiliki opsi di posisi itu seperti Scott McTominay, Fred dan Nemanja Matic. Namun, tidak satupun dari mereka mampu mengeluarkan potensi terbaiknya di musim ini. Hal ini menyebabkan Paul Pogba untuk tampil sebagai gelandang bertahan pada beberapa laga, dan itu bukan posisi idealnya.

Banyak pihak menilai perlunya gelandang bertahan kelas dunia untuk Manchester United. Itu  adalah puzzle terakhir yang dibutuhkan MU untuk membbuat skuadnya bersaing dengan Man City dan Liverpool di musim ini. Declan Rice dikabarkan menjadi incaran mereka di musim dingin nanti.

2. Lebih memberikan kesempatan pemain muda untuk berkembang

Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man Unitedpotret Anthony Elanga (standard.co.uk)

Komponen penting dari etos kerja Manchester United adalah melahirkan pemain muda berkualitas. Banyak pemain legendaris seperti David Beckham, Gary Neville, Paul Scholes dan lainnya memulai kesuksesannya dari tim akademi klub. Sejak kedatangannya, Ole telah memberikan kesempatan banyak pemain muda berbakat ke tim utama.

Tapi pemain muda seperti Anthony Elanga dan Hannibal Mejbri perlu diberikan kepercayaan lebih untuk tampil di kompetisi yang bergengsi. Ini akan membantu mereka mencapai potensi tertinggi, dan membantu Solskjaer menemukan lebih banyak permata dari akademi United seperti Mason Greenwood.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Manchester United Gagal Menang atas Everton

3. Menjaga motivasi dan konsistensi skuat

Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man Unitedpotret Ole Gunnar Solskjaer (world-today-news.com)

Hal lain yang menjadi perhatian adalah konsistensi Man United. Mereka kerap meledak dan tampil luar biasa dalam satu laga, namun beberapa hari kemudian justru melempem saat beratanding melawan klub lebih kecil. Ini tampak dalam beberapa laga terakhir klub saat dikalahkan Aston Villa di Old Trafford, dan kalah dari Young Boys pada laga perdana LIga Champions.

Manchester United perlu menjaga konsistensi jika ingin menjaga harapan meraih trofi. Mereka bisa dibilang memiliki skuat terbaik di Liga Premier musim ini. Namun, Ole harus mampu menjaga motivasi para pemainnya agar performa tim stabil. Salah satu kuncinya adalah menjaga keharmonisan di ruang ganti, yang kerap kali dikabarkan memanas.

4. Melepas para pemain yang kurang memberikan dampak

Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man Unitedpotret Donny van de Beek (goal.com)

Setan Merah telah melakukan beberapa pembelian cerdas di bursa transfer sejak kedatangan Ole Gunnar Solskjaer. Klub hampir memiliki pemain berkualitas di semua area. Tapi skuad mereka juga mulai kegemukan, dan Ole perlu melepas beberapa pemain yang tak lagi dibutuhkan. Tidak hanya akan mengurangi beban gaji, tetapi juga memberikan ruang bagi pemain potensial untuk mengembangkan permainannya.

Pemain seperti Anthony Martial, Eric Bailly, Donny van de Beek dan Phil Jones bisa menjadi beberapa nama yang dilepas jika melihat peran mereka yang sangat minim. Salah satu masalah khusus MU adalah sulitnya mereka dalam melepas pemain. Hal ini tak lepas dari penurunan kualitas karena tak dapatkan kesempatan waktu bermain lebih.

Namun, nama seperti Anthony Martial dan van de Beek tak pernah kehilangan peminat. Bursa transfer Januari nanti bisa jadi waktu yang tepat bagi Ole melepas mereka.

5. Menemukan taktik bermain yang lebih tajam dengan hadirnya pemain berkualitas musim ini

Gagal konsisten, 5 Hal yang Perlu Diperbaiki Solksjaer di Man UnitedMason Greenwood dan Cristiano Ronaldo (cbssports.com)

Seperti disebutkan sebelumnya, Manchester United tidak konsisten dalam taktik dan gameplay mereka. Musim ini MU menjadi salah satu klub dengan permainan serangan balik terbaik di EPL. Namun, mereka tim yang terlalu bagus untuk bermain sepak bola reaktif seeprti itu. Mereka memiliki kemampuan untuk tampil lebih tajam dan cepat dalam permainan.

Raksasa Inggris memiliki dua gelandang kreatif terbaik di Eropa, Bruno Fernandes dan Paul Pogba. Sekarang dengan hadirnya Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho serta Edinson Cavani dan Mason Greenwood di skuat, Solskjaer perlu lebih memikirkan bagaimana menemukan racikan yang tepat agar mereka bisa selaras dan melahirkan duet maut yang mematikan.

Musim ini Manchester United memiliki potensi besar untuk bersaing merebutkan gelar juara Premier League. Skuad yang kompetitif, pemain berkualitas menjadi salah satu modal kuat mereka mengarungi musim ini. Namun, MU dituntut untuk lebih konsisten jika ingin menjadi juara. Apalagi saingan mereka sekelas Man City dan Liverpool, yang memiliki stabilitas luar biasa dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber:

https://khelnow.com/football/manchester-united-five-things-ole-gunnar-solskjaer-needs-to-improve

https://theathletic.com/news/solskjaer-insists-he-is-still-the-right-manager-for-manchester-united/ydBgvKX23h15

https://www.whoscored.com/Teams/32/Show/England-Manchester-United

Baca Juga: 5 Sosok Penting di Balik Kembalinya Ronaldo ke Man. United

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya