5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022

Ada tim favoritmu? #IDNTimesSport

Liga Champions UEFA 2021/2022 sudah di depan mata. Dengan hasil undian penyisihan grup yang menarik, musim ini menjanjikan persaingan yang seru. Kembalinya para fans ke tribun penonton pun semakin memeriahkan kompetisi paling elit di level klub Eropa ini. 

Musim lalu Chelsea keluar sebagai juara setelah mengalahkan sesama tim Inggris, Manchester City. Kini persaingan baru akan segera dimulai, dan terdapat lima tim yang bakal menjadi kuda hitam, dan siap memberikan kejutan. Tim mana sajakah itu? Ini ulasannya.

1. Atalanta

5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022potret skuad Atalanta (diggingsports.com)

Atalanta telah menjadi salah satu tim yang paling berkembang di Eropa dan Italia selama beberapa tahun terakhir. Pasukan Gian Piero Gasperini mencetak sejarah di musim 2019/20, ketika mereka mencapai perempat final, namun menderita kekalahan tipis di menit-menit terakhir dari Paris Saint-Germain.

Di musim sebelumnya, Atalanta juga mencapai babak knock out ,tetapi kalah dari Real Madrid di babak 16 besar. Namun, mereka telah menunjukkan selama bertahun-tahun bahwa mereka bukan tim yang bisa dianggap enteng. Musim ini Atalanta tergabung di grup F bersama MU, Villareal dan Young Boys. Dengan konsistensi yang mereka tunjukan, Atalanta berpotensi bisa kembali lolos ke fase knock out, dan kembali membuat kejutan.

2. AC Milan

5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022Selebrasi gol AC Milan (twitter.com/acmilan)

Setelah absen 7 tahun dari Champions League AC Milan akhirnya kembali tampil di musim ini. Namun banyak pihak menilai  Rossonerri tidak bisa berbuat banyak kali ini karena tergabung di grup maut bersama Liverpool, Atletico Madrid dan Porto. Tidak menjadi unggulan justru bisa menjadi sebuah keuntungan bagi Milan untuk tampil tanpa beban.

Dan jangan lupa, mereka memiliki dua bomber berpengalaman, Ibrahimovic dan Giroud, yang bisa jadi pembeda. Soal kualitas pemain pun saa ini Rossonerri cukup kompetitif dan bisa tampil mengejutkan dengan motivasi besar yang dimiliki skuad asuhan Pioli.

Baca Juga: 5 Klub yang Dijagokan untuk Menjuarai Liga Champions Musim 2021/2022

3. Manchester United

5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022potret Manchester United (twitter.com/ManUtd)

Meski memiliki sejarah panjang di ajang ini, Manchester United tak lagi menjadi tim unggulan. Mereka bahkan sudah empat tahun tanpa meraih trofi apapun. Namun, musim ini bisa menjadi salah satu yang mengubah segalanya bagi Setan Merah. Ole Gunnar Solskjaer telah membangun skuad yang solid dengan hadirnya para pemain bintang dan berpengalaman seperti Raphael Varane, Jadon Sancho dan top skorer sepanjang masa Liga Champions, Cristiano Ronaldo.

Hadirnya Ronaldo dan Varane akan memberikan suntikan moral bagi skuad Setan Merah. Keduanya adalah kunci keberhasilan Real Madrid meraih 4 trofi Liga Champions. MU sendiri tergabung di grup yang cukup mudah bersama Villareal, Atalanta dan Young Boys.

4. Borussia Dortmund

5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022potret Borussia Dortmund (bundesliga.com)

Borussia Dortmund menjadi salah satu tim dengan ciri khas. Mereka diisi para pemain muda berkualitas, dan kerap menjadi lawan yang menyulitkan klub-klub besar di Liga Champions setiap musimnya. Musim lalu mereka sanggup lolos hingga babak perempat final sebelum ditaklukan Manchester City.

Musim ini mereka kembali dengan motivasi lebih besar di bawah asuhan pelatih anyar, Marco Rose. Meski kehilangan Jadon Sancho, Dortmund tak kehilangan kekuatannya. Mereka masih memiliki Jude Bellingham, Donyell Malen, dan tentunya sang mesin gol Erling Haaland. Dortmund sendiri tergabung di grup C bersama Ajax, Besikitas dan Sporting Lisbon. Mereka diprediski bisa lolos dari fase grup yang dianggap mudah ini.

5. Sevilla

5 Klub yang Bakal Jadi Kuda Hitam di Liga Champions Musim 2021/2022potret Sevilla (football-espana.net)

Sevilla adalah rajanya Liga Europa dengan 6 gelar yang telah mereka torehkan. Mereka juga selalu menjadi langganan papan atas LaLiga dalam beberapa musim terakhir. Kini dengan skuad yang diisi oleh pemain berkualitas seperti Ivan Rakitic, Erik Lamela dan Jules Kounde, mereka akan menjadi batu sandungan serius bagi klub Eropa lainnya.

Musim ini mereka berada di grup G, yang terbilang seimbang bersama RB Salzburg, Lille dan Wolfsburg. Sevilla jadi unggulan di grup ini, dan berpotensi lolos ke fase knock out. Musim lalu mereka hanya mampu melangkah hingga babak 16 besar. Dengan kekuatan mereka saat ini, Sevilla berpotensi bisa melangkah lebih jauh lagi.

Tengah pekan ini Liga Champions akan segera dimulai dan menghadirkan laga-laga seru. Beberapa laga besar akan langsung tersaji seperti Barcelona melawan Bayern Munchen, dan Liverpool menghadapi AC Milan. Klub-klub mapan masih akan menjadi unggulan, tetapi 5 tim kuda hitam di atas siap menjadi kejutan.

Opini Penulis

Baca Juga: 5 Laga Seru yang Patut Ditunggu di Babak Grup Liga Champions 2021/22

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya