Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 Game

Poin tertinggi sejak Kobe Bryant pada 2006

NBA 2022/2023 menjadi musim yang menarik bagi penggemar bola basket di seluruh dunia. Sebab, ada beberapa rekor yang tercipta belakangan ini.

Setelah Luka Doncic mencetak 60 poin dalam 1 game, kini giliran Donovan Mitchell yang tampil lebih ganas. Sang pemain mengumpulkan 71 poin dalam 1 game saat Cleveland Cavaliers menghadapi Chicago Bulls di Rocket Mortgage FieldHouse, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Rabu (4/1/2023).

Pemain bernomor punggung 45 itu juga membuat Cavs menang 145-134. Dia tentu meninggalkan catatan menarik dari pertandingan yang makin melambungkan namanya itu.

Begini catatan menarik setelah Donovan Mitchell cetak 71 poin dalam 1 game.

1. Masuk 10 besar poin terbanyak dalam 1 game sepanjang masa

Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 GameCleveland Cavaliers (twitter.com/spidadmitchell)

Tidak banyak yang bisa mencetak 70 poin atau lebih di NBA. Hanya ada tujuh pemain yang tercatat pernah melakukannya sejak NBA berdiri pada 1946.

Donovan Mitchell jadi salah satu pemain elite itu. Dia berada di peringkat delapan setelah David Thompson (4), Kobe Bryant (2), dan Wilt Chamberlain (1, 3, 5, 6, 7, dan 12). Sementara, di bawahnya ada David Robinson (9), Elgin Baylor (10), dan Devin Booker (12).

2. Jadi rekor poin terbanyak setelah Kobe Bryant pada 2006

Mendiang Kobe Bryant adalah sosok pemain NBA legendaris. Dia sempat mencetak 81 poin pada 2006. Sejak itu, belum ada lagi rekor poin serupa.

Donovan Mitchell kini menjadi satu-satunya pemain yang rekor poinnya mendekati rekor poin Bryant pada 2006. Menurut catatan NBA History, dia hanya berjarak sepuluh poin dari perolehan Black Mamba.

Baca Juga: Donovan Mitchell Buat Rekor, Cetak 71 Poin Lawan Chicago Bulls 

3. Mencetak double-double dengan tambahan sebelas assist

Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 GameDonovan Mitchell (nba.com)

Donovan Mitchell tidak hanya tangguh dalam mencetak poin saat Cleveland Cavaliers menumbangkan Chicago Bulls. Dia juga piawai mengirim umpan yang berbuah poin untuk timnya.

Mitchell mencetak 71 poin plus 11 assist dalam 1 game yang sama. Koleksi poinnya pun terasa mewah karena tambahan itu. Double-double membuat namanya terang benderang.

4. Mengumpulkan 71 poin lewat 2 free throw terakhir

Donovan Mitchell mencetak 69 poin sebelum mendapat 2 free throw di Rocket Mortgage FieldHouse. Dia kemudian memanfaatkan kesempatan itu untuk kembali mengisi pundi-pundi poin.

Mitchell berhasil memasukkan 2 free throw yang didapatnya sehingga melewati rekor 70 poin Devin Booker (Phoenix Suns) pada 2017. Setelah 5 tahun berlalu, akhirnya ada yang mencetak poin setinggi itu lagi.

5. Hanya ada 2 pemain aktif NBA yang pernah mencetak 70 poin dalam 1 game

Catatan Menarik setelah Donovan Mitchell Cetak 71 Poin dalam 1 GameDonovan Mitchell (twitter.com/cavs)

Donovan Mitchell dan Devin Booker kini tercatat sebagai pemain aktif NBA yang pernah mencetak 70 poin atau lebih. Mitchell berusia 26 tahun saat mencetak poin setinggi itu, sementara Booker berusia 20 tahun saat mencetak 70 poin.

Meski begitu, kedua pemain aktif NBA ini masih kalah dari para pensiunan. Mendiang Wilt Chamberlain dan Kobe Bryant berada di jajaran atas karena sempat mencetak 100 dan 81 poin dalam 1 game. Belum lagi David Thompson (73 poin) yang berada di peringkat empat.

Untungnya, Mitchell dan Booker yang cukup muda punya karier yang berpotensi panjang. Mereka bahkan baru memasuki masa emas seorang atlet. Dengan kemampuan mencetak poin seganas itu di NBA, ditambah kesempatan mengembangkan kemampuan yang ada, mereka punya waktu untuk melewati pencapaian para seniornya.

Baca Juga: Debut Nano-Nano Donovan Mitchell di NBA 2022/23

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya