2 Pemain Penting Dallas Mavericks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Keduanya superstar di dunia basket

Dallas Mavericks sukses menumbangkan Los Angeles Clippers pada putaran pertama NBA Playoff 2024. Mereka menang dalam enam game melawan deretan bintang. Mavericks memastikan itu di American Airlines Center, Dallas, Texas, pada 4 Mei 2024.

Dua superstar Dallas Mavericks, Luka Doncic dan Kyrie Irving, menjadi faktor penting kelolosan mereka ke semifinal Wilayah Barat. Keduanya tampil tangguh sepanjang seri melawan tim super berisi Kawhi Leonard, Paul George, James Harden, dan Russell Westbrook. Lantas, seperti apa performa pemain penting Dallas Mavericks pada putaran pertama NBA Playoff 2024 itu?

1. Dallas Mavericks membuka seri dengan kekalahan, tetapi mampu menutupnya dengan kemenangan

2 Pemain Penting Dallas Mavericks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Dallas Mavericks saat menghadapi NBA Playoff 2024/ (twitter.com/dallasmavs)

Los Angeles Clippers tentu bukan lawan yang mudah, terutama mengingat skuad mereka yang berisi pemain berkelas All-Star. Namun, Dallas Mavericks juga bukan tim sembarangan. Mereka tangguh di NBA Playoff 2024 dengan unggul 4-2.

Mavericks menyudahi perlawanan Clippers pada game keenam. Saat itu, mereka menang 114-101. Kemenangan itu menyusul kemenangan mereka pada game sebelumnya, yang berakhir dengan skor 123-93.

Mavericks sendiri tidak selalu menang. Mereka sempat kalah dua kali pada putaran pertama NBA Playoff 2024. Mavericks bahkan kalah pada game pembuka. Saat itu, Clippers melumat mereka dengan skor 109-97.

Beruntung, Mavericks mampu bangkit untuk menyamakan kedudukan. Mereka menang pada game kedua dengan skor ketat 96-93. Mavericks juga menang pada game berikutnya dengan skor 101-90. Namun, Clippers menolak menyerah lebih cepat dengan memenangi game keempat melalui skor 116-111.

Game sempat digadang-gadang akan berakhir pada game ketujuh. Namun, Mavericks mampu menuntaskannya lebih cepat. Mereka menang 4-2 di kandang mereka sendiri sehingga layak mendapat tiket ke putaran kedua alias semifinal wilayah.

Dallas Mavericks akan menghadapi Oklahoma City Thunder pada putaran berikutnya mulai, Rabu (8/5/2024). Thunder sendiri lolos ke babak yang sama setelah mengalahkan New Orleans Pelicans dengan sapu bersih 4-0. Mereka berisikan tim muda yang cukup kuat untuk mengadang laju siapa pun, termasuk Dallas Mavericks.

Baca Juga: Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

2. Luka Doncic, wajah utama Dallas Mavericks, tangguh pada putaran pertama NBA Playoff 2024

2 Pemain Penting Dallas Mavericks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Luka Doncic bermain bersama Dallas Mavericks di NBA Playoff 2024. (twitter.com/dallasmavs)

Jika Oklahoma City Thunder memiliki Shai Gilgeous-Alexander sebagai wajah utama tim, maka Dallas Mavericks memiliki Luka Doncic sebagai sampul depan mereka. Doncic, yang bermain bersama Mavericks sejak 2018, menjadi andalan utama tiap musim. Dia bahkan mampu menjadi pencetak poin tertinggi Mavericks pada musim reguler NBA 2023/2024 dengan 33,9 poin per game.

Doncic sendiri tangguh pada putaran pertama NBA Playoff 2024. Dalam 6 game, dia mengumpulkan rata-rata 29,8 poin, 8,8 rebound, 9,5 assist, dan 1 steal. Meski harus melawan deretan pemain bintang berkelas All-Star, Doncic selalu punya cara untuk menghadapinya.

Sebagai all-rounder, dia telah mengerahkan segalanya untuk menang lewat cetakan poin, rebound, assist, bahkan steal. Itu terbukti dengan keberhasilan Mavericks memenangkan putaran pertama dengan rekor 4-2 saja. Mereka terhindar dari seri yang lebih panjang dan berpotensi melelahkan berkat seorang Luka Doncic yang terbilang konsisten sebagai sampul depan tim.

3. Kyrie Irving akhirnya tampak nyaman bermain basket

2 Pemain Penting Dallas Mavericks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Kyrie Irving bermain untuk Dallas Mavericks di NBA Playoff 2024. (twitter.com/dallasmavs)

Kyrie Irving boleh jadi pemain paling berpengalaman di skuad Dallas Mavericks saat ini. Sebab, dia satu-satunya yang pernah menjadi juara NBA. Irving keluar sebagai juara saat membela Cleveland Cavaliers pada 2016.

Meski juara pada tahun itu, Irving belum lagi sempat melakukan hal yang sama sejak kepindahannya ke Boston Celtics pada 2017. Bahkan, karena tidak begitu nyaman bermain di Boston, dia mesti hengkang ke Brooklyn Nets hanya 2 tahun setelah kepindahannya. Irving saat itu bergabung dengan tim super berisi Kevin Durant dan James Harden. Sayangnya, tim super itu juga tidak berfungsi dengan baik. Mereka pecah kongsi sebelum menjadi juara.

Sementara Durant pindah ke Phoenix Suns dan Harden ke Philadelphia 76ers (lalu pindah lagi ke Los Angeles Clippers), Irving merapat ke Dallas untuk bergabung bersama Mavericks. Dia bergabung pada 2023 lalu dengan harapan bisa melakukan sesuatu untuk tim asal Texas itu. Pada 2024, akhirnya Kyrie Irving tampak nyaman bermain bersama Luka Doncic cs.

Irving menjadi pencetak poin kedua terbanyak Mavericks dengan 25,6 poin per game pada musim reguler 2023/2024. Saat bermain di NBA Playoff musim ini, dia juga masih tajam dengan 26,5 poin, 5,7 rebound, 4,8 assist, dan 1,8 steal dalam 6 game. Pengaruhnya tampak pada usage percentage-nya yang mencapai 26 persen, tertinggi ketiga setelah Jaden Hardy dan Luka Doncic selama putaran pertama NBA Playoff 2024.

Kyrie Irving tentu masih akan menjadi pemain penting Dallas Mavericks bersama Luka Doncic. Sebab, mereka mesti menghadapi Oklahoma City Thunder dengan skuad muda yang energik pada Semifinal Wilayah Barat. Mungkinkah Irving dan Doncic berhasil melalui adangan Thunder untuk mencapai final wilayah? Ini akan mereka buktikan mulai pada 8 Mei 2024.

Baca Juga: Penampilan Dallas Mavericks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya