Comscore Tracker

Rekor Jimmy Butler setelah Heat Menang vs Celtics di Game 1 ECF

Miami Heat unggul 1-0

Jimmy Butler terus memperlihatkan tajinya. Dia sukses mengantarkan Miami Heat menjadi pemuncak klasemen Wilayah Timur di NBA 2021/2022. Mereka pun berhak melaju ke playoff sebagai unggulan pertama.

Playoff sendiri menjadi ajang pembuktikan Miami Heat. Setelah gagal juara 2 tahun lalu, mereka punya kesempatan mewujudkan mimpi mendapatkan cincin musim ini. Jimmy Butler, bintang utama Heat, lantas kembali memimpin timnya agar sampai ke sana.

Butler sejauh ini telah membantu Heat lolos ke Final Wilayah Timur. Dia harus bisa mengalahkan Boston Celtics seandainya ingin masuk ke Final NBA. Pada game pertama, Butler pun mengeluar segenap kemampuannya. Heat mengambil alih game pembuka dari tujuh terbaik (best of seven).

Menurut StatMuse, Jimmy Butler mencetak beberapa rekor setelah melawan Celtics. Rekor-rekor itu menegaskan kualitasnya sebagai pemain bintang di NBA.

1. Miami Heat mengalahkan Boston Celtics 118-107

Miami Heat mengambil game pertama di Final Wilayah Barat melawan Boston Celtics. Mereka menang 118-107 di FTX Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Selasa (17/5/2022) waktu setempat.

Jimmy Butler menjadi tulang punggung Heat. Dia tampil apik di hadapan publik Miami. Butler mengoleksi 41 poin, 9 rebound, 5 assist, 4 steal, dan 3 blok. Dia memasukkan 12 tembakan dari 19 percobaan, plus memasukkan 17 dari 18 lemparan bebas.

2. Pemain pertama dengan multipel 40 poin tanpa tripoin di playoff selama 10 tahun terakhir

Rekor Jimmy Butler setelah Heat Menang vs Celtics di Game 1 ECFJimmy Butler membela Miami Heat di game pertama Final Wilayah Barat 2022 melawan Boston Celtics. (nba.com)

Jimmy Butler benar-benar panas tahun ini. Dia menjadi opsi pertama Kepala Pelatih Erik Spoelstra untuk mencetak poin. Butler memanfaatkan itu dengan baik.

Dia bahkan mampu mencetak rekor multipel 40 poin tanpa tembakan tripoin di playoff tahun ini. Pemain bernomor punggung 22 itu mencetak 45 poin pada game kedua putaran pertama, 40 poin pada game keempat putaran kedua, dan 41 poin pada game pertama final wilayah.

Butler pun menjadi pemain pertama dengan multipel 40 poin di playoff selama 10 tahun terakhir. Tidak ada pemain lain yang sanggup tampil sepertinya.

Baca Juga: 5 Fakta Jayson Tatum, Bintang Muda Boston Celtics di NBA

3. Mengoleksi 5 kali 40 poin di playoff bersama Miami Heat

https://www.youtube.com/embed/xw5lXf3igZI

Catatan 40 poin Jimmy Butler bukan hanya tercatat pada satu rekor. Sebagai penggawa Miami Heat, Butler telah mengoleksi 40 poin dalam 5 pertandingan sejak 2020.

Semua catatan 40 poin itu tercipta pada babak playoff. Itu artinya, Jimmy Butler selalu bisa tampil panas ketika memasuki fase gugur. Dia membuktikan mentalitasnya untuk menjadi seorang juara.

Butler juga menjadi pemain Miami Heat terbanyak yang mampu mencetak sedikitnya 40 poin, 5 rebound, dan 5 assist dalam 1 pertandingan playoff. Dia telah melakukannya sebanyak tiga kali. Capaian itu melewati capaian pemain legendaris sekelas LeBron James dan Dwyane Wade, yang pernah mengantarkan Heat menjadi juara NBA.

4. Mencetak rekor 41/9/5/4/3

Jimmy Butler juga mampu mencetak 41 poin, 9 rebound, 5 assist, 4 steal, dan 3 blok. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah playoff yang bisa mengukir rekor itu sejak perolehan steal dan blok dicatat pada 1974.

Butler memang terkenal sebagai two-way player andal. Dia mampu menyerang dan bertahan sama baiknya. Tidak heran Spoelstra mengandalkannya di kedua sisi lapangan.

5. Satu-satunya pemain yang mengantongi rata-rata 25 poin dengan 50 persen field goal

https://www.youtube.com/embed/D9g_7yV8oGg

Hampir tidak ada pemain yang sanggup mencetak rata-rata 25 poin dengan 50 persen field goal di playoff pada 2022 ini. Hanya Jimmy Butler yang bisa melakukannya.

Butler mengoleksi 29,8 poin per pertandingan dengan 53,5 persen field goal sejak putaran pertama playoff tahun ini. Angka itu masih bisa berubah mengingat Miami Heat akan kembali bertanding melawan Boston Celtics.

Game kedua berlangsung di FTX Arena pada Kamis (19/5/2022) waktu setempat atau Jumat (20/5/2022) waktu Indonesia. Butler punya kesempatan tampil sebagai bintang. Erik Spoelstra akan terus mengandalkannya selama dia bebas dari cedera.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya