3 Starter Cavs Paling Banyak Tampil di NBA 2003/2004, LeBron Masuk!

Ini musim pertama LeBron James di NBA

NBA 2003/2004 menjadi musim yang mengesankan bagi pencinta bola basket dunia. Ini juga merupakan musim pertama bagi sejumlah pemain legendaris. Sebut saja megabintang NBA, LeBron James, yang kini bermain bersama Los Angeles Lakers.

Cleveland Cavaliers memilih James di urutan pertama NBA Draft 2003. Meski baru lulus SMA, pemain berjudul King itu mampu diandalkan sebagai pemain utama. LeBron James bermain bersama empat lainnya sebagai starter Cavaliers sepanjang 2003/2004.

Cavaliers sendiri biasa memasang James bersama Zydrunas Ilgauskas, Carlos Boozer, Eric Williams, dan James McInnis. Namun, James lebih sering bermain bersama Ilgauskas dan Boozer sebagai starter daripada yang lainnya. Williams dan McInnis hanya bermain sebagai starter sebanyak 36 dan 31 kali.

Inilah tiga starter Cavs paling banyak tampil di NBA 2003/2004.

1. Zydrunas Ilgauskas menjadi tower tangguh asal Lithuania

3 Starter Cavs Paling Banyak Tampil di NBA 2003/2004, LeBron Masuk!Zydrunas Ilgauskas bermain untuk Cleveland Cavaliers di NBA. (nba.com)

Zydrunas Ilgauskas menjadi center utama Cleveland Cavaliers pada 2003/2004. Dia tampil sebanyak 81 kali sepanjang musim reguler. Semuanya sebagai starter. Pemain yang saat itu berusia 28 tahun tersebut tidak pernah tampil sebagai pemain cadangan.

Ilgauskas hanya absen sekali pada musim reguler saat itu. Tidak heran jika dia tercatat sebagai pemain nomor dua di tim yang bermain paling banyak pada 2003/2004. Total bermainnya hanya kalah dari Kevin Ollie (82). Meski begitu, berbeda dengan Ilgauskas, Ollie selalu datang dari bangku cadangan. Dia bermain tujuh kali saja sebagai starter.

Bermain dalam 81 pertandingan, Zydrunas Ilgauskas sendiri mencetak rata-rata 15,3 poin, 8,1 rebound, 1,3 assist, dan 2,5 blok. Dia menjadi tower asal Lithuania yang tangguh. Ilgauskas pun tercatat sebagai pencetak poin terbanyak ketiga di Cleveland Cavaliers pada 2003/2004.

Ilgauskas bermain bersama Cavaliers hingga 2010. Dia sempat pindah ke Miami Heat sebelum pensiun pada 2011. Ilgauskas menggantung sepatunya karena ingin meluangkan waktu untuk keluarga.

Baca Juga: 5 Atlet NBA dengan Gaji Tertinggi, Ada Nama LeBron James 

2. LeBron James membuktikan kualitas sebagai pilihan pertama NBA Draft 2003

3 Starter Cavs Paling Banyak Tampil di NBA 2003/2004, LeBron Masuk!LeBron James (nba.com)

LeBron James (19 tahun) merupakan pemain utama Cleveland Cavaliers. Meski baru bergabung, dia mampu menjadi wajah baru saat itu. James sukses menghidupkan pamornya sebagai pilihan pertama di NBA Draft 2003 dengan 79 penampilan. Semuanya sebagai starter.

James juga menjadi opsi pertama dalam mencetak poin. Cavaliers sangat mengandalkannya untuk meraup untung. Ini tampak dari rata-ratanya dengan 20,9 poin. Kontribusinya bertambah besar lewat statistik lain, seperti rebound (5,5), assist (5,9), dan steal (1,6).

LeBron James tampil paling sering. Menit bermainnya mencapai 39,5 menit per pertandingan. Ini catatan terbaik di antara pemain Cleveland Cavaliers pada 2003/2004. Dengan penampilan seperti itu, tidak heran James keluar sebagai Rookie of the Year. Dia otomatis masuk All-Rookie First Team.

James sendiri bermain bersama Cavaliers dalam dua periode (2003—2010 dan 2014—2018). Dia sempat membawa mereka menjadi juara pada 2016. Selain Cavaliers, James juga juara bersama Miami Heat dan Los Angeles Lakers.

3. Carlos Boozer rebounder utama Cleveland Cavaliers

https://www.youtube.com/embed/Bbev9OEYf3o

Carlos Boozer masih muda pada 2003/2004. Usianya baru 22 tahun, terpaut 3 tahun saja dengan LeBron James. Namun, dia sukses menjadi pemain utama Cleveland Cavaliers.

Boozer sering berperan sebagai pemungut bola muntah yang tangguh. Rata-rata rebound-nya pada 2003/2004 mencapai 11,4, tertinggi di timnya. Sebagai perbandingan, Zydrunas Ilgauskas yang bertengger di peringkat kedua hanya mengoleksi 8,1 rebound

Carlos Boozer juga pencetak poin yang ulung. Rata-ratanya mencapai 15,5 poin. Rata-rata ini satu tingkat di bawah LeBron James. Itu artinya, Boozer merupakan opsi kedua Cleveland Cavaliers dalam mencetak poin.

Boozer sempat berkelana ke beberapa tim NBA, seperti Utah Jazz, Chicago Bulls, dan Los Angeles Lakers pada sisa kariernya. Setelah tidak mendapat tempat di Amerika Serikat, dia terbang ke China untuk bergabung bersama Guangdong Southern Tigers. Boozer baru pensiun pada 2017.

Dari daftar ini, hanya LeBron James yang masih aktif bermain. Megabintang NBA, yang sering digolongkan sebagai pemain terbaik sepanjang masa bersama Michael Jordan dan Kobe Bryant tersebut, sudah berusia 38 tahun. James bahkan tidak lagi membela Cavaliers. Setelah periode keduanya membela tim asal Ohio tersebut, dia pindah ke Los Angeles untuk bermain bersama Lakers. LeBron James masih bermain untuk mereka pada 2023 ini.

Baca Juga: 3 NBA Draft Pertama pada 2003, LeBron James Sarat Prestasi

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya