7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari Sabtu

Tak hanya GP Las Vegas

Formula 1 telah resmi mengumumkan kalender balap untuk musim 2023. Salah satu seri yang cukup menarik adalah GP Las Vegas yang akan kembali menggelar balapan Formula 1 setelah absen selama tiga dekade.

Menariknya, berbeda dengan gelaran lainnya, GP Las Vegas akan diadakan pada hari Sabtu. Ini sebenarnya bukan kali pertama Formula 1 akan menggelar balapan bukan di hari Minggu. Berikut tujuh seri Formula 1 yang pernah digelar pada hari Sabtu.

1. GP Inggris

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Inggris. (formula1.com)

GP Inggris merupakan salah satu seri paling ikonik di Formula 1 karena sudah dihelat sejak musim 1950. Uniknya, pada gelaran perdananya tersebut, GP Inggris digelar pada hari Sabtu. Tradisi tersebut terus berlanjut hingga musim 1977.

Selanjutnya, pada musim 1979 dan 1981, GP Inggris juga diselenggarakan pada hari Sabtu. Tradisi tersebut akhirnya berakhir pada musim 1983 dan saat ini GP Inggris digelar pada hari Minggu. Artinya ada 30 balapan GP Inggris yang digelar pada hari sabtu.

2. GP Belanda

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuProst vs Jones pada GP Belanda 1981 (motorsportmagazine.com)

GP Belanda pernah dua kali diadakan pada hari Sabtu, yakni pada musim 1969 dan 1982. Pada edisi 1969, Jackie Stewart tampil sebagai yang tercepat. Sementara itu, Didier Pironi berhasil merajai musim 1982.

GP Belanda kemudian sempat absen setelah musim 1985 dan baru kembali pada musim 2021. Dua balapan yang digelar pada hari Minggu tersebut berhasil dimenangi oleh Max Verstappen.

3. GP Kanada

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Kanada. (formula1.com)

GP Kanada pertama kali masuk kalender Formula 1 pada musim 1967 dan jarang sekali absen sejak saat itu. Sama seperti balapan lainnya, GP Kanada pada umumnya juga digelar pada hari Minggu.

Namun, GP Kanada pernah sekali digelar pada hari Sabtu, tepatnya pada musim 1969. Balapan di sirkuit Mosport Park tersebut akhirnya dimenangi oleh Jacky Ickx yang membela Brabham diikuit Jack Brabham dan Jochen Rindt.

4. GP Amerika Serikat

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Amerika Serikat di sirkuit Sebring. (formula1.com)

Amerika Serikat pertama kali menggelar balapan Formula 1 selain Indianapolis 500 adalah pada musim 1959. Saat itu, sirkuit Sebring yang berlokasi di Florida, Amerika Serikat, dipercaya sebagai tuan rumah.

Uniknya, saat itu balapan diselenggarakan pada hari Sabtu. Sirkuit Sebring juga menjadi saksi ketika Bruce McLaren berhasil memenangi GP pertamanya. Namun, setelah itu, Sebring tak pernah lagi dipakai di Formula 1.

Baca Juga: Kursi Panas Pembalap Formula 1 2023, 4 Tim Lengkap

5. GP Swedia

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Swedia. (F1_Images)

Swedia pernah enam kali terpilih sebagai tuan rumah Formula 1, yakni pada 1973 hingga 1978. Sejak saat itu, Formula 1 tak pernah lagi menyambangi sirkuit Scandinavian hingga saat ini.

Balapan terakhir GP Swedia pada 1978 yang digelar pada hari Sabtu berhasil dimenangi oleh Niki Lauda yang membela Brabham. Sementara itu, Riccardo Patrese dan pembalap tuan rumah, Ronnie Peterson, berhasil melengkapi jajaran podium.

6. GP Afrika Selatan

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Afrika Selatan. (twitter.com/KyalamiGP)

GP Afrika Selatan 1985 merupakan kali terakhir Formula 1 menggelar balapan pada hari Sabtu. Namun, hal ini sebenarnya sudah biasa terjadi di GP Afrika Selatan karena 18 balapan sebelumnya juga diadakan di hari Sabtu.

Saat itu podium tertinggi berhasil dimiliki Nigel Mansell yang membela Williams. Meskipun sempat dikabarkan akan kembali menggelar balapan Formula 1, GP Afrika Selatan tak masuk kalender musim 2023.

7. GP Caesars Palace

7 Balapan Formula 1 yang Pernah Digelar pada Hari SabtuBalapan Formula 1 GP Caesars Palace. (formula1.com)

Musim 2023 bukanlah kali pertama Formula 1 mengadakan balapan di Las Vegas. Sebelumnya, Las Vegas juga pernah menjadi tuan rumah pada musim 1981 dan 1982 yang saat itu bertajuk GP Caesars Palace karena diadakan di parkiran hotel Caesar Palace.

Sama seperti musim 2023, balapan Formula 1 saat itu juga digelar pada hari Sabtu. Sayang, karena buruknya kualitas trek, GP Caesars Palace hanya bertahan selama dua musim. Kini, Formula 1 tak lagi memakai sirkuit tersebut dan beralih menggunakan jalan raya di tengah kota Las Vegas.

 

GP Las Vegas ternyata bukanlah kali pertama Formula 1 menggelar balapan di hari Sabtu. Itu juga akan menjadi kali pertama balapan tak dihelat pada hari Minggu sejak GP Afrika Selatan 1985.

Baca Juga: Yuki Tsunoda Masih Bertahan di AlphaTauri untuk Formula 1 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya