Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP Meksiko

Mereka meraih lima kemenangan terakhir di GP Meksiko

Sejak kembali ke kalender Formula 1 pada musim 2015, Hanya ada tiga pembalap yang mampu meraih kemenangan di Sirkuit Hermanos Rodriguez. Dua di antaranya adalah Max Verstappen dan Lewis Hamilton yang mendominasi dalam lima musim terakhir.

Bahkan, musim 2021 keduanya berhasil menggapai dua podium teratas. Keduanya juga berpotensi kembali menjadi pemenang balapan musim ini yang akan digelar pada Senin (31/10/2022). Namun, peluang bagi para pembalap lain juga masih masih terbuka.

1. Lewis Hamilton raih dua kemenangan di GP Meksiko

Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP MeksikoLewis Hamilton (formula1.com)

Lewis Hamilton pertama kali meraih kemenangan di GP Meksiko pada musim 2016. Ketika itu Hamilton yang mengawali balapan dari posisi terdepan mampu menjaga jarak dengan Nico Rosberg hingga balapan berakhir.

Setelah berada di luar podium dalam dua balapa berikutnya, Hamilton kembali merengkuh podium teratas pada musim 2019. Kali ini ia bersaing ketat dengan Sebastian Vettel. Sementara itu, di musim 2021, Hamilton hanya menduduki posisi kedua.

2. Max Verstappen siap mempertahankan takhtanya di sirkuit Hermanos Rodriguez

Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP MeksikoMax Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen siap mempertahankan takhtanya di Sirkuit Hermanos Rodriguez yang ia raih musim 2021 setelah mengalahkan Lewis Hamilton. Red Bull memang dikenal begitu kuat di GP Meksiko karena letaknya yang berada cukup tinggi dari permukaan laut. 

Selain musim lalu, pembalap asal Belanda tersebut juga pernah meraih kemenangan pada 2017 dan 2018. Dengan koleksi tiga kemenangan, Verstappen merupakan pembalap dengan juara terbanyak di GP Meksiko.

Baca Juga: Lewis Hamilton Sebut Terlalu Dini Bicarakan Era Dominan Max Verstappen

3. Nico Rosberg sempat mencuri kemenangan

Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP MeksikoNico Rosberg (formula1.com)

Selain Max Verstappen dan Lewis Hamilton, hanya Nico Rosberg yang mampu merusak dominasi kedua pembalap tersebut. Juara dunia musim 2016 tersebut meraih kemenangan pada 2015 saat GP Meksiko kembali ke kalender Formula 1 setelah absen 23 tahun.

Rosberg yang mengendarai Mercedes mampu tampil solid di sesi kualifikasi dengan merebut pole position. Ia kemudian melengkapi pekan sempurnanya dengan meraih kemenangan usai mengasapi rekan setimnya, Lewis Hamilton.

4. Sergio Perez ingin beri kado terbaik bagi para pendukungnya

Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP MeksikoSergio Perez (formula1.com)

Selain Verstappen dan Hamilton, Sergio Perez menjadi pembalap yang cukup diunggulkan untuk meraih kemenangan di GP Meksiko. Pasalnya, ini merupakan balapan kandang bagi pilot milik Red Bull tersebut.

Dengan mobil Red Bull yang kuat di Sirkuit Hermanos Rodriguez serta momentum bagus mereka, bukan tak mungkin Perez mampu tampil sebagai pemenang. Sebagai pembalap tuan rumah, Perez pastinya akan mendapat dukungan penuh dari para pendukungnya yang dikenal fanatik.

5. Perebutan posisi runner up masih panas

Dominasi Max Verstappen dan Lewis Hamilton di F1 GP MeksikoCharles Leclerc (formula1.com)

Jika berhasil meraih kemenangan, Sergio Perez juga membuka peluang untuk finis di posisi runner up pada akhir musim. Pasalnya, dengan tiga balapan tersisa musim ini, perebutan posisi kedua masih berlangsung cukup panas.

Secara matematis masih ada lima pembalap yang saling bersaing, yakni Perez, Charles Leclerc, Carlos Sainz, Lewis Hamilton, dan George Russell. Namun, peluang terbesar ada di Leclerc dan Perez yang saat ini menempati posisi kedua dan ketiga dengan hanya berjarak dua poin.

 

GP Meksiko yang akan dihelat pada Senin (31/10/2022) akan menyajikan pertarungan menarik untuk perebutan runner up musim ini. Apakah akan ada nama baru yang menjadi pemenang atau justru Verstappen dan Hamilton yang kembali mendominasi? Kita lihat saja.

Baca Juga: Leclerc Minta F1 Berbenah agar Kejadian di GP Jepang Tak Terulang

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya